5. cerita

827 84 3
                                    

Hari ini hujan kembali turun di sekolah, bikin gue yang tadinya mau ke kelas mengurungkan niat gue. Alhasil gue harus sabar nunggu, sampai hujan reda dan berteduh di dalem perpustakaan. Karena bosen, gue ngambil salah satu komik horor dan baca komik itu sambil nyeruput Energen yang tadi gue beli di warung Bi Eem. Gue jadi inget hari dimana pertama kali gue ketemu sama cinta pertama gue, yang sampai saat ini belum bisa gue lupain. Dia ini keturunan Korea-Indonesia, yang mana dulu pernah tinggal di perumahan yang sama dengan gue.

Namanya Kim Seok Hwa, biasa gue panggil Seok bodoh. Soalnya dulu dia enggak bisa berbahasa Indonesia dengan lancar, maksudnya tuh logat koreanya masih kental banget. Bikin gue ngakak setiap denger dia ngomong. Si Seok ini sering ditinggal orang tuanya yang kerja dan sering banget di titipin ke ibu gue kalo mereka lagi pergi, karena Seok enggak berani dirumah sendirian. Padahal gue inget saat itu umurnya udah 12 tahun dan 3 tahun lebih tua dari gue. Seok juga benci banget sama kecoa, sama kayak gue. Jadi setiap kita berdua liat kecoa, pasti selalu saling dorong dengan maksud agar salah satu dari kita ketakutan.

Banyak banget deh, hal yang udah gue lakuin bareng sama Seok. Mulai dari ke kolam renang bareng, ke tempat ngaji bareng, sholat taraweh bareng, sampai nangis bareng. Tapi hal itu enggak bertahan lama, saat ulang tahun gue yang ke 12 tahun...

"Seok Hwa! Innyong haseyo! Eh, bener kan?"

Tidak ada jawaban.

"Oy, Seok Hwa!"

Masih hening.

"Seooooook!"

"Neng Kayra! Itu si Aa Korea teh nggeus pindah atuh, emangnya eneng teh teu nyaho kitu?" Kata mamanya Raka, pas mau buang sampah di halaman depan rumahnya.

"Oh, enggak, tuh Mama Raka. Emang Seok pindah kemana?"

"Enggak tau neng, setahu Mama Raka mah, dia pindah nya teh semalem."

"Oh, mungkin saya udah tidur kali ya, pas Seok pindah?"

"Iya kali neng," mendengar itu, jujur gue sedih banget. Kenapa dia pindah pas di malam menjelang ulang tahun gue? Hari itu rasanya gue pengen banget nangis, tapi gue malu. Padahal setiap ulang tahun gue, dia pasti ngado buat gue. Atau semalam dia titip kadonya ke ibu, sebelum pindah? Bisa jadi, gue pun lari dengan cepat menuju rumah.

"Ibu," gue natap ibu yang sedang asyik nonton gosip sambil masak.

"Apa?"

"Semalem Seok pindah, ibu tahu enggak?"

"Iya, ibu tahu."

"Dia ada nitip sesuatu enggak, buat Kay?"

"Eh, enggak tuh,"

"Oh gitu ya?"

"Iya,"

Hari itu gue sedih banget, padahal gue udah nunggu-nunggu hari ulang tahun gue, karena mau dapet hadiah dari dia. Tapi dia malah pergi dan enggak bilang apa-apa dulu sama gue, rasa sakit karena kehilangan dia adalah rasa sakit terparah yang pernah gue rasain. Setelah itu, cuma ada serpihan-serpihan kenangan dari Seok yang ada di pikiran gue. Oh Seok, kalo lo ada waktu, main lah kesini. Jujur gue kangen banget sama lo.

Tanpa sadar air mata gue netes gitu ajah, ternyata kenangan dan rasa sesak itu masih ada sampai sekarang. Gue merunduk di atas meja, komik yang ketindihan wajah gue jadi basah kena air mata. Gue udah bodo amat sama komik yang bakal basah kuyup ini.

"Kay, lo udah belajar buat ulangan matematika, belum?" Gue buru-buru lap air mata gue dan menoleh ke sumber suara.

"Belum,"

"Ke kelas yuk, kita belajar?" Ajak Teresa yang gue jawab dengan anggukan.

IPS 1 ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang