TUJUH BELAS

190 8 0
                                    

Hal terbaik dalam hidupmu adalah...
ketika kau menemukan seseorang
Yang tahu segalanya akan Tentang Kekurangan dan Kelemahanmu.
Namun,
Ia masih berpikir bahwa kau luar biasa.

-AKASA-

JOGJA. Kota Yogyakarta adalah kediaman bagi Sultan Hamengkubuwana dan Adipati Paku Alam. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar ke empat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan menurut jumlah penduduk. Kota Yogyakarta juga pernah menjadi ibu kota RI (Republik Indonesia) pada tahun 1946.

Selain itu, Jogja juga memiliki tempat pariwisata yang sangat diminati oleh turis mancanegara seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Malioboro, Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Air Terjun Kaliurang, Monumen Jogja Kembali, Kebun Binatang Gembira loka, Museum Keraton Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Setelah mereka sampai di tempat penginapan, semua siswa menaruh barang-barang di tempat penginapan tersebut lalu peserta akan melanjutkan perjalanan mereka mengelilingi tempat-tempat menarik yang biasa menjadi tujuan turis ketika ke Jogja,sekaligus belajar sejarah tentang Yogyakarta dan Keraton.

Pertama ia menuju ke Museum Keraton Yogyakarta. Ditempat ini banyak mengangkut sejarah tentang Jogja, kebudayaan dan tata krama apa saja yang harus dilakukan dikeraton. Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

Letaknya di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana mereka tidak hanya di suguhi cerita sejarah namun juga di perbolehkan untuk bermain gamelan yang secara etnis di ajari oleh pakar gamelan.

Candi Borobudur adalah tujuan kedua pariwisata setelah ke Kraton Yogyakarta. Kenapa ke candi? Padahal kan tinggal beberapa kilo udah sampai Malioboro. Hm, karena mereka untuk awal di beri masukan pembelajaran tentang sejarah lalu yang terakhir adalah liburan, have fun di Malioboro. Jarak menuju ke Candi Borobudur adalah 41,8 km menempuh waktu sekitar 1 jam 9 menit melewati Jl. Nanggulan Mendut.

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak Borobudur,Magelang,Jawa Tengah. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Lokasi letaknya di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Perjalanan ketiga pun langsung menuju ke Monumen Jogja Kembali. Merupakan sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di kota Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum yang berada di bagian utara kota ini banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata. Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi: realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman juga disimpan di sini (di ruang museum nomor 2). Monumen Jogja kembali beralamat Di jalan raya Ring road Utara Sleman Yogyakarta.

AKASA [MYG]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang