04

11.8K 836 68
                                    

Ali menuju ke Apron, tempat parkir pesawat. Disana ada pemandu pesawat di darat.

"Hai, Pak!"

"Capt Ali."

Ali melempar senyumnya dia sedikit membungkukkan tubuhnya. Dia terlihat patuh pada sang pemandu itu.

Karena Ali masih mengingat pesan dari Kapten, Seniornya yang mengajarkannya banyak pengalaman.

"Pilot, sehebat dan semahal berapapun dibayar, dia patuh kepada pemandu pesawat, ketika di udara maupun di darat. Walaupun petugas pemandu di darat itu mungkin hanya dibayar 10% dari penghasilan Pilot. Di bandara, orang yang berpenghasilan besar (Pilot), mematuhi perintah dan tunduk kepada orang yang berpenghasilan jauh lebih kecil. Itu semua karena ketaatan kepada peraturan yang dibentuk oleh pendidikan yang ketat."

"Captain Ali, Captain Ali!"

Ali menatap Aurora, dia adalah Pramugari. "Iya kenapa Ra?"

Aurora masih mengatur napasnya. "Nanti aku satu maskapai Pesawat sama Capt. Flight ke Tokyo." Katanya tersenyum lebar.

"Oh, iya Ra." Ali mengangguk mengerti.

Aurora diam-diam sangat menyukai si Pilot tampan ini.

Tak berselang lama datang beberapa Pramugari yang lainnya, Pramugara, Co-pilot dan Pilot lainnya sudah berkumpul.

Dalam tugasnya di dalam kokpit Pesawat, Pilot dibantu oleh seorang Co-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak pintu terakhir ditutup untuk take off hingga pintu pertama dibuka setelah Landing, Pilot dan Co-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah didaftarkan dan terprogram melalui bantuan sistem navigasi pesawat serta mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas di bandar udara maupun petugas pelayanan lalu lintas penerbangan di sepanjang perjalanan.

Dalam penerbangan Pilot ini mengemudikan pesawat sesuai dengan rencana penerbangannya (flight plan) dan di dalam kokpit setiap saat ia punya ide untuk menyelamatkan penumpang dan pesawatnya. Untuk pesawat berawak pesawat ganda (multi crew) harus ditentukan pembagian tugas yang jelas siapa Pilot yang terbang (pilot flying) dan siapa Pilot pemantau (pilot monitoring). Sinergi pembagian tugas dan koordinasi kerja di antara mereka akan menghasilkan kualitas penerbangan yang lebih baik, aman dan efisien.

Di dalam sebuah penerbangan komersial, Pilot dan Co-pilot bertugas mengemudikan Pesawat.

Sementara Pramugari dan Pramugara bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam penerbangan.

Pembicaraan yang dilakukan Pilot, Co-pilot dengan petugas pelayanan lalu-lintas akan direkam oleh kotak hitam (cockpit voice recorder) dan hampir semua parameter dari sistem yang ada direkam oleh kotak hitam (flight data recorder).

"Captain Zidan. Bisa aku istirahat? 45 menit aja."

"Ya, aku yang akan menggantikan posisi kamu sekarang. Istirahatlah Captain Ali."

"Baik Captain Zidan, terima kasih."

"Capek Lo Capt?" Tanya Satria.

"Iya, gue mau istirahat bentar. Lo kan tadi udah istirahat, sekarang gue."

Satria mendengar itu hanya terbahak saja. Memang tadi sepanjang melakukan penerbangan panjang. Ali ditemani dengan Co-pilot lain bukan Satria.

Jodoh PilotTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang