jobㅡless

334 27 7
                                    

ditulis dari pikiran liar beberapa bulan terakhir tentang pencarian makna bekerja, mencari penghidupan, dan passion.

utk kamu yang mungkin belum berada di tahap itu, sini kuberi tahu. mencari tujuan hidup tidak semudah quotes "follow your passion". terkadang nih, terkadangatau justru seringnyamenjadi bimbang hingga rasanya seluruh dunia tidak bersahabat adalah jalan terbaik yang pernah hadir di hidupmu.

utk kamu yang mungkin merasakan hal yg kurang lebih sama, kutuliskan ini. semoga kebaikan selalu menyertaimu.

.

.

.

"Hai, pengangguran !"

Panggilan itu pelan tapi terdengar menusuk di telinga gue. Gue bukannya sensitif apa gimana, tapi emang sadar diri aja sih gue. Panggilan itu pasti ditujukan buat gue walau yang duduk di cafe ini bukan cuma gue doang. Karena yang manggil barusan itu modelan si Jamie yang kupingnya ada dimana-mana. Udah pasti dia tahu kabar tentang gue yang memutuskan resign dari tempat gue bekerja selama tujuh tahun terakhir ini.

"Eh bentarㅡ" Jamie seketika terdiam membuat gue ikut tersentak, gue kira dia kelupaan sesuatu atau apa. Taunya ucapan dia selanjutnya nggak kalah memancing emosi seperti panggilan dia sebelumnya. Pantes cocok sama Bang Jaeㅡsama sama annoying.

"Lo gak lagi nunggu siapa gitu buat interview kerja kan ? Elo pasti udah punya plan lain kan ? Atau lo diam-diam udah di hiring sama Google makanya rela ngelepas kerjaan lo yang lama ??"

Gue menyesap cokelat panas sedikit lalu menatap malas Jamie , "Elo ngerapp apa gimana dah ? laju banget tuh mulut  kalo ngomongㅡ"

Jamie malah tertawa sambil mencomot seiris cake cokelat punya gue. Gue memang fans berat makanan manis. Jadi begitu gue resmi resign, kerjaan gue nyambangin cafe-cafe yang punya makanan lucu-lucu dan manisㅡyang gak pernah bisa gue lakukan selama ini karena saking sibuknya kerja.

"Eh eh gue jadi nggak enak nih elo puji gitu, ngerapp kan itu...ahlinya si Benㅡ"

Gue hanya mengalihkan pandangan. Karena kalau makin ditanggepin Jamie bakal makin membahas. Ya gitu emang kalau udah kenal dari jaman jebot, udah tahu semua sampe ke inti sarinya.

"Idih, jutek amat dah. Lupa ya lo pernah luntang luntung berdua sama itu bocah sampe nginep sekamar di baliㅡ"

Gue melotot, "Mulut lo ya, mau gue buka semua aib lo sama cowok-cowok lo hah ?"

Jamie mengangkat bahu acuh. Ya dia mah emang gak peduli. Toh cowoknya emang banyak dan dimana-mana. Iya, Jamie tuh tipikal yang temennya cowok semua. Alasannya karena manusia bodo amat dengan mulut tanpa filter macam dia tuh nggak cocok temenan sama cewek yang kata dia kebanyakan pakai hati.

Nah kenapa bisa gue temenan sama dia ? Gatau dah. Mungkin dia nggak nganggep gue cewek. Atau malah nggak nganggep kita temenan ? Entahlah, makin tua kayaknya nggak penting juga sejelas itu melabeli seseorang sebagai teman atau sahabat. Karena ya menurut gue label itu kadang bikin seseorang terjebak sendiri di dalam persepsinya.

Saat lo punya label terhadap seseorang, lo akan melahirkan ekspektasi. Saat lo bilang dia temen lo, lo punya harapan dia bakal berada di pihak lo. Saat lo bilang dia sahabat lo, lo berharap dia bisa nerima apapun keadaan lo. Dan saat lo bilang dia keluarga lo, lo yakin mereka akan selalu jadi tempat untuk lo pulang. But people aren't homes right ?

recycleーbin 🔄Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang