MASA MOS #4

28 5 0
                                    

Hari pertama masuk sekolah di SMK NUSA BANGSA telah tiba, dan oh tidak ! hari ini adalah hari MOS atau masa orientasi siswa baru. Yang tidak lain adalah hari yang sangat menakutkan bagi sebagaian besar siswa baru. SMK NUSA BANGSA terkenal dengan kedisiplinannya dimana masa MOS di sekolah tersebut akan berlangsung selama dua minggu.

Aku sedikit dag-dig-dug bagaimana MOS nanti, dan semoga aku nanti mendapatkan teman baru yang baik.

Aku pun bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah di hari pertama. ada beberapa barang bawaan yang harus di bawa selama masa MOS. Seperti makanan, peralatan solat, obat, dan perlengkapan tulis. Bahkan seragam yang dipakai pun setiap harinya berbeda mengikuti arahan dari kakak kelas.

Seperti hari ini, dimana hari pertama aku memakai seragam putih hitam dengan rambut di ikat, memakai syal ungu seseuai dengan kejuruanku dan memakai sepatu. Tak hanya diriku saja yang bersiap-siap,kedua adikku juga sedang bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah.

Ibu : "Senja, Cahaya, Mentari ayo kita sarapan pagi bersama".
Senja, Cahaya, Mentari : "Iyaaa, ibu".
Setelah semuanya sudah rapih aku pun sarapan pagi bersama terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah.

Aku pun bertanya kepada ibu disela-sela sedang sarapan pagi bersama. Menanyakan apakah bekal makanan ku yang harus ku bawa sudah siap.
Senja : "Ibu apakah bekal makanan yang harus aku bawa ke sekolah sudah siap?"
Ibu : "Sudah Senja, hari ini menu yang di suruh sayur bayam, tahu goreng, nasi putih dan buah jeruk kan?"
Senja : "Betul ibu."
Itulah menu makanan yang harus ku bawa dimana setiap harinya akan berbeda. Dan jika salah mungkin aku akan mendapat hukuman.

Ibu : "Senja , cepat selesaikan sarapan mu. Jangan sampai terlambat di hari pertama masuk sekolah. Cahaya dan Mentari juga cepat selesaikan sarapan kalian agar tidak terlambat berangkat ke sekolah".
Senja, Cahaya, Mentari : "Baik, ibu".
Ayah : "Senja barang-barang yang harus dibawa untuk MOS sudah siap semua kan? Jangan sampai ada yang tertinggal karena di Sekolah kamu yang sekarang sangat terkenal dengan kedisiplinannya".
Senja :"Tidak ayah, sudah siap semua kok dan sudah aku masukan kedalam tas ayah".
Ayah :" Baik Senja jika sudah siap semua, ayo kita berangkat ke sekolah agar kamu tidak terlambat".

Setelah selesai sarapan pagi dan sudah siap semua barang - barang yang harus aku bawa. Aku pun berangkat ke sekolah bersama dengan ayah.

Akhirnya sampai juga aku di SMK NUSA BANGSA. Aku pun berpamitan dengan ayah ku. Lalu aku mulai memasuki gerbang sekolah di mana sudah ramai oleh siswa-siswi baru. semuanya menggunakan seragam yang sama seperti ku hanya warna syal saja yang berbeda sesuai dengan kejuruan mereka.

Acara MOS pun sudah berlangsung dimana para kakak kelas mendidik kami dengan tegas dan sangat disiplin. Kita tidak boleh terlambat sedikit pun dan jangan sampai lupa selalu membawa barang bawaan sesuai yang diperintahkan dan jangan sampai salah.

Oh iya aku pun sudah mendapatkan teman baru. yaitu Adela,Dina, Tiara, dan Ranti. Mereka sangat baik kepadaku. Selalu membantuku pada saat MOS berlangsung.

Aku pun akan mengenalkan pula kakak kelas yang membimbing kami selama MOS. Dimana ada kakak yang baik dan ada pula yang galak .

Yang pertama ada Kak Naura dimana kak Naura ini salah satu kakak kelas yang galak dan tegas tapi sedikit baik juga. Kak Naura itu terkenal kecil-kecil cabe rawit hahaha, karena tubuhnya yang kecil tak terlalu tinggi namun dia galak dan tegas terhadap kami. Tapi itu semua dilakukan agar kami selalu disiplin. Ada pula kak Fani, kak Taufik, kak Putri yang baik-baik pula namun tetap tegas.

Tak terasa hari demi hari bergulir, masa orientasi pun sudah berlangsung selama 9 hari dimana 3 hari kedepan akan diadakannya perkemahan di gunung Halimun yang berada di Sukabumi Jawa Barat.

*********
Sinar mentari pagi masih mengembang diantara awan-awan, puncak gunung Halimun yang berselimut kabut kebal, udara dingin berhembus menusuk-nusuk tulang jatuh hingga ke persendian, burung-burung berarak tinggalkan sarangnya hendak menjeput rejeki.

"ayo.. ! dek! Bangun cepat, lari-lari cepat berkumpul dilapangan untuk apel pagi".
Itulah suara kakak kelas yang sudah biasa kami dengar setiap harinya. Dimana kami harus menuruti setiap perintah dari semua kakak kelas.

Tak terasa sudah dua hari kami berkemah di gunung Halimun. Setiap kegiatan yang kami lakukan memang cukup melelahkan namun itu semua akan ditutup dengan acara api unggun dimalam terakhir sebelum kami kembali ke sekolah.

Oh iya, acara perkemahan ini diikuti oleh seluruh siswi-siswa yayasan sekolah tersebut.

Ada satu kakak kelas yang sangat galak karena pada saat aku melalukan kegiatan baris-berbaris dan melakukan kesalahan aku di bentak olehnya. Namanya kak Tika dia kakak kelas dari unit berbeda namun masih satu yayasan dengan sekolahku.

Ada juga kakak kelas yang mencuri banyak perhatian oleh semua siswa-siswi di sekolahku. Namanya kak Langit dia satu sekolah dengan kak Tika. Dia memang sosok laki-laki yang cukup tampan, baik hati pula. Dan katanya dia juga seorang selebritis yang cukup terkenal.

Namun aku pun tak tahu kalau dia seorang selebritis yang terkenal hahahah.
Aku juga merasa biasa aja kepadanya dan hanya menganggap dia sebagai kakak kelas yang baik saja. Berbeda dengan teman-temanku yang mengagumi sosok kakak kelas tersebut. Tak hanya kak Langit ada juga yang bernama kak Sabila dan Kak Satria yang satu unit sekolah bersama dengan Kak Langit dan Kak Tika. Mereka berdua juga sangat baik kepada ku.

Dan katanya kak Langit dan kak Satria memiliki geng yang bernama 3boy. Itu merupakan geng laki-laki yang sangat terkenal yang anggotanya cukup banyak. Tapi namnya saja yang 3boy ternyata anggotanya bukan terdiri dari 3 orang namun lebih dari 3 orang.

Saat aku bertanya kepada temanku-temanku hanya menjawab. "nanti kamu juga akan mengenalnya Senja pada saat kita sudah mulai masuk sekolah kembali ".

Malam api unggun berlangsung dengan sangat meriah dan sangat hikmat. Dimana satu persatu guru-guru dan para kakak kelas menyampaikan terima kasih kepada kita semua karena acara MOS ini sudah berlangsung dengan lancar tanpa hambatan.

Acara api unggun pun telah selesai dan kami semua di perintah kan untuk cepat pergi tidur agar besok pagi dapat bersiap-siap untuk pulang.
pagi-pagi sekali kami semua sudah bangun lalu bersiap membereskan semua barang bawaan kami dan jangan sampai ada yang tertinggal.

Kami pun solat subuh berjamaah telebih dahulu. Setelah itu kami semua sarapan pagi bersama. Kami mengkukus singkong dan ubi untuk menu sarapan kami.

Lalu kami semua membereskan tempat kami berkemah dari sampah-sampah. Setelah itu kami semua pun pulang dengan menggunakan bus dan kembali ke sekolah.

Tak terasa hari demi hari berganti acara MOS SMK DUA BANGSA sudah selesai yang berlangsung selama 2 minggu. dimana di setiap kegiatannya mengajarkan kedisplinan, bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan baik, dan selalu menjalin kekompakan antar teman.

Hati ku pun senang mengikuti MOS selama dua minggu di SMK NUSA BANGSA.

************

"Sebuah perjalanan ribuan mil, dimulai dari langkah kecil".
-Senja Pratiwi-

AWAN YANG TAK PERNAH HILANG Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang