Chapter 14

448 65 0
                                    

Alkimia dan Pemahaman Dasar

Hukum pertukaran setara begitu mutlak dan tidak bisa diabaikan, pemahaman akan alkimia yang telah ditinggalkan sangat sedikit. Wei Wuxian hanya kebetulan menemukan beberapa informasi yang disembunyikan saat dijatuhkan ke Burial Mound oleh Wen Chao.

Tapi Wei Yu yang merupakan energi kebencian tidak akan terlalu terpengaruh saat berada di sana, mengais segala pengetahuan yang belum sempat Wei Wuxian ambil.

Mata dwiwarna Wei Yu menatap sekitar, memastikan kalau tidak ada satupun yang tersisa di sana. Dengan pengetahuan seperti ini, orang-orang tidak perlu menempuh jalan kultivator untuk kemansyuran dan keabadian. Ada jalan lain untuk mereka yang tidak bisa membentuk inti emas.

Wei Yu sudah memulai aksinya sesaat setelah kematian Wei Wuxian, menyebar kabar burung keberbagai sudut dan memancing mereka-mereka yang tertarik untuk mempelajarinya. Tapi sayang, tidak berselang lama mereka yang datang pada Wei Yu mati satu persatu, Wei Yu tidak tahu kalau mereka selemah ini.

Sampai akhirnya dia bertemu Xue Chengmei atau sekarang Xue Yang. Anak laki-laki berusia 7 tahun dan haus akan dendam dan pengetahuan. Objek yang sempurna untuk membuat jalan Wei Yu mulus. Berharap saja Xue Yang tidak berakhir seperti yang lain.

Xue Yang secara mengejutkan mudah menyerap apa yang Wei Yu ajarkan, bocah itu kini bisa membaca dan menulis, dan memahami pembuatan lingkaran transmutasi sederhana.

Ada 3 tahapan dalam mempelajari alkimia; pertama, memahami susunan atom dan molekul dari materi yang ingin di transmutasi kan, termasuk juga aliran keseimbangan energinya. Suatu benda tidak bisa diubah kalau susunan atom dan molekulnya berbeda, itu akan terhenti secara otomatis karena menentang hukum alam.

Kedua, penguaraian lebih kecil dari unsur alam sehingga lebih mudah untuk direkonstruksi ulang dan menjadi wujud baru.

Ketiga, melanjutkan aliran energi yang ada, materi yang telah dipecah tersebut bisa dibentuk dan direkonstruksi kembali ke dalam wujud atau bentuk baru sesuai keinginan.

Untuk mempelajari alkimia, mereka harus paham dan mengerti dengan benar susunan dan dasar dari kimia. Semua benda di dunia memiliki susunan atom dan molekulnya tersendiri. Mungkin karena inilah ada banyak yang tidak berhasil melakukan transmutasi dan meninggalkannya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan transmutasi, tapi inti pemaham ini tetaplah pertukaran setara.

Kepala Xue Yang seketika berasap, Wei Yu memang telah memberitahu Xue Yang untuk mempelajari hal ini dengan penuh ketelitian, tapi sikap tidak sabarannya mengambil alih. Lalu dia disini, membaca buku yang ditulis oleh Wei Yu di waktu senggangnya, semua tentang alkimia yang berhasil Wei Yu dapatkan dan selamatkan di Burial Mound.

"Kau tidak perlu buru-buru." Wei Yu terkekeh pelan melihat Xue Yang yang terlihat begitu frustasi.

"Yu gege aku ingin bertanya, bagaimana jika kita mengambaikan hukum pertukaran setara ini?"

Wei Yu, "Transmutasi akan otomatis terhenti, ini sudah ketentuan mutlak dan mengikat." Wei Yu bergerak mendekat pada Xue Yang yang masih duduk dengan tumpukan buku yang hampir menenggelamkan keduanya.

"Kalau kau menguasainya, itu akan lebih mudah karena kau hanya perlu mengubah susunan suatu benda, mengurangi nya dan membentuk nya lagi." Lanjut Wei Yu.

Xue Yang mengangguk kecil. Bocah itu telah bersama Wei Yu hampir satu tahun, "Apa dengan ini aku bisa membunuh?"

Alis Wei Yu naik saat mendengar pertanyaan polos Xue Yang. "Tentu saja, ini sama seperti pedang, itu bisa digunakan untuk menyelamatkan dan memusnakan."

Wei Yu terdiam beberapa detik dan memberi Xue Yang tatapan penuh tanya, "Apa kau masih tidak mamaafkan orang yang membuat jarimu begitu?"

Xue Yang mengangguk pelan, memeluk lututnya. Xue Yang meletakan dagunya diantara perpotongan kedua lutut.
Tangan Wei Yu mengusap rambut Xue Yang pelan, tidak menyeruakan apapun saat mengetahui keinginan dari anak itu.

Xue Yang, "Aku tidak suka mereka. Hanya karena beberapa dari mereka bisa menjadi kultivator, mereka menjadi sombong dan angkuh. Menganggap diri mereka lebih tinggi dibanding siapapun." Suara Xue Yang semakin lirih saat anak itu semakin erat memeluk dan menenggelamkan kepalanya.

Wei Yu, "Mereka mungkin bisa menjadi kultivator, tapi mereka gagal menjadi manusia. Aku tidak akan mengomentari apapun yang kau lakukan."

Tubuh Xue Yang perlahan menegak, menatap Wei Yu dengan tatapan penuh harap.

Gambaran Xue Yang akan Wei Yu sangat sedikit, dia hanya tahu kalau anak laki-laki berbaju merah itu kuat dan berbahaya, dan dia tidak segan untuk membunuh. Melihat bagaimana mudahnya Wei Yu melenyapkan 6 orang pria dewasa tanpa terluka sedikitpun.

Itulah sebabnya Xue Yang mengekori dan ingin mempelajari trik yang dilakukan Wei Yu. Sebuah ilmu yang telah ditinggalkan, alkimia yang menerapkan hukum pertukaran setara.

Menjadi alkimia mungkin sama seperti menjadi kultivator, tapi Xue Yang yang tidak pernah mendapat pembelajaran untuk mengembangkan inti emasnya, tentu opsi menjadi alkimia lebih besar. Hanya saja terlalu banyak simbol dan kepala Xue Yang rasanya hampir lepas kala mempelajarinya.

Untuk Wei Yu sendiri, Xue Yang tidak tahu kenapa dia berkata tidak bisa melakukan transmutasi. Lalu bagaimana akar-akar yang muncul waktu itu?

Xue Yang beberapa kali melirik Wei Yu dalam belajarnya, hal yang sering dilakukan Wei Yu saat di rumah adalah menulis dan mengecek proses belajar Xue Yang. Kalau dia keluar, Xue Yang tidak mendapat ide kemana kira-kira Wei Yu pergi, dan terlalu takut untuk mengikutinya.

Jadi, Xue Yang telan pertanyaan itu dalam-dalam, menunggu saat Wei Yu sendiri yang mengatakannya.

Wei Yu memahami betul keingin tahuan Xue Yang dan dia memilih untuk bungkam, hanya melanjutkan apa yang tengah ia lakukan.

Kemarin malam Wei Yu kembali ke Burial Mound, dia sendiri tidak terlalu yakin apa alasannya, hanya saja dia tiba-tiba ingin mengecek kuburan massal itu sekali lagi.

Tempat ini tentu saja masih sama seperti saat terakhir Wei Yu berkunjung. Wei Yu mendengus dan mentertawakan apa yang tengah ia lakukan, hampir saja homunculus itu berbalik saat suara rintihan tiba-tiba terdengar.

Tubuh Wei Yu menegang, matanya mendelik dan tanpa basa-basi dia menghampiri sumber suara.

Tentu saja dirinya tidak akan pernah melupakan siapa pemilik suara ini, itu ibunya, Wei Wuxian!

Saat Wei Yu berpikir kalau ibunya benar-benar telah menghancurkan baik jiwa dan tubuhnya, ternyata Wei Wuxian hanya mampu mengurai jiwanya menjadi potongan kecil. Kalau saja Wei Yu tidak menelan Yin Hufu, dia tidak akan mungkin merasakan serpihan jiwa malang ini.

Senyum Wei Yu melebar dan matanya menatap penuh antusias, "Ibu, ini aku. Tenang saja, aku akan mencari serpihan jiwamu dan memastikan mereka tidak melakukan apapun pada ibu."

Wei Yu mengambil dan menyimpannya. Menguncinya sehingga tidak ada yang bisa memanggil jiwa ibunya yang malang.

"Dengan begini aku bisa melakukannya. Hanya butuh beberapa waktu, aku harap ibu bersabar."

Wei Yu mendekatkan kantung jiwa Wei Wuxian ke dadanya, memeluknya erat dan berujar penuh keteguhan dan senyum. "Aku tidak akan membiarkan mereka hidup damai. Tidak setelah apa yang telah mereka lakukan pada ibu."

Serpihan jiwa itu sangat kecil dan rapuh, pun terkontaminasi energi jahat. Itu sebabnya jiwa ini tidak lebih hanyalah bibit monster, dan sangat jarang para kultivator yang memperhatikannya.

Wei Yu pergi dari Burial Mound dan kembali dengan wajah berseri, mengundang seribu tanya pada Xue Yang yang masih sibuk dengan lukisan lingkaran transmutasinya.

=============
To be continue
=============

#Penjelasan tentang alkimia berdasar pada anime fullmetal alchemist, kalau kalian masih bingung, boleh bertanya akan saya jawab sebisa mungkin.

#Maaf kalau penjelasannya belibet.

Tata Cara Menjadi Raja IblisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang