16. "Sampe"

1.3K 196 50
                                    

Rintaro

Gue udah sampai di stasiun baru kota malang, hawa dingin langsung kerasa nusuk tubuh gue.

Padahal ini udah sore, tapi hawanya dingin bet. Beda kea di Surabaya yang bakal panas bet kalo siang.

Berapa lama gue nggak pulang? Dari gue SMP sampai Kuliah akhirnya gue balik lagi ke kota kelahiran gue.

Banyak yang udah berubah, pas gue baru aja keluar dari stasiun. Malang udah seramai ini semenjak terakhir kali gue tinggal ngerantau ke Surabaya.

Udah banyak motor dimana-mana, walau emang masih ada angkot biru yang bakal nganter kemana pun.

Karena gue udah capek banget, gue mutusin buat naik angkot aja walau rumah ortu gue deket dari stasiun.

Tepatnya cuma ada di jln. Ir. H. Juanda. Deket banget kan? Dulu mah pas SD gue selalu jalan-jalan aja sendiri dari rumah ke tugu bareng temen SD gue.

Tapi karena gue emang capek bet yaudah naik angkot aja, kagak papa dah ngeluarin 2,500 buat ongkosnya.

"Kiri"

Gue langsung turun dan ngasih uangnya pas. Ngeliat bentar sekitar, ke pemandangan yang udah lama bet nggak gue liat.

Gue bener-bener kangen sama lingkungan gue.

Setelah puas, gue masuk ke gang karena emang jalan masuk gangnya itu turun dan make tangga.

Rumah-rumah tetangga juga udah banyak yang berubah dari apa yang gue inget dulu. Dan keanya mereka juga nggak kenal atau bahkan lupa sama gue.

Iya lah, 11 taun gue nggak balik mereka pasti heran siapa cowo ganteng yang dateng.

"Rintaro?"

Gue noleh, nemuin cowo beta yang barusan manggil gue.

"Umak.. Umak Rintaro?! Suna Rintaro?!"

(*Umak = Kamu)

Gue ketawa pelan, abis itu ngangguk. "Gak ngenalin ta?"

(*ta = kah)

"Kaget, apa rabak? Udah lama umak gak bali"

(*Apa kabar? Udah lama kamu nggak balik)

Dia Kosaku, salah satu kawan gue pas SD dulu. Rada kaget juga sih gue liat dia yang beda banget sama yang terakhir kali gue inget.

"Baik, umak sendiri? Btw lagi apa sekarang?"

"Ayas juga baik, baru pulang kerja Rin."

(*Ayas = saya)

"Ohh gitu, btw ayas duluan. Kapan-kapan mampir lah ke rumah nanti ayas cerita"

"Siap lah, duluan ya Rin."

"Yoii"

Gue lanjut jalan lagi ke bawah, rumah ortu gue emang ada di bawah sendiri. Tapi nggak di bawah-bawah banget, ada di tengah-tengah tapi rada ke bawah dikit lagi.

Begitu ngeliat rumah cat putih sama abu-abu yang nggak asing, gue langsung cepetin langkah gue. Udah nggak sabar buat ketemu ortu gue.

"Assalamu'alaikum" Gue berdiri di depan pintu, nungguin ibu gue yang ada dirumah.

"Waalaikum- Rintaro? Be.. Bener Rintaro?!"

Gue ketawa pelan, abis itu meluk ibu gue yang masih setia berdiri di depan pintu.

"Iya bu, ini Rintaro. Maafin Rintaro ya karena baru pulang sekarang"

"Siapa bu- MAS RIN?!"

Gue sontak noleh, ah adik kecil gue udah gede ternyata. Terakhir yang gue inget dia masih kelas 3 dan suka banget ngikutin gue ke sungai.

Balada Kehidupan'Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang