8 tahun kemudian......
"Papa" Teriak anak kecil itu saat melihat Leo yang sedang berjalan kearahnya. Leo berlari kecil menghampiri anak itu dan menggendongnya.
"Hai batman"
"Papa turunin aku malu" kata anak kecil yang bernama Kevin itu. Leo menurunkannya dan melihat anak perempuan yang belum pernah ia lihat sebelumnya.
"Kevin, who is she?"
Anak perempuan itu yang langsung menyalim Leo dan berkata, "I am Lisa, syalam kenal Om". Leo mengangguk, sepertinya anak perempuan ini baru pindah.
"She is my new friend, Papa" ucap Kevin yang tersenyum kepada Lisa. "Lisa baru pindah dari Singapura"
Leo tersenyum, "Salam kenal Lisa, saya Papanya Kevin"
"Syalam kenal kembali om"
"Kamu lagi nunggu jemputan?"
"Iya om, saya lagi tunggu mama"
Kevin menarik-narik lengan Leo agar membujuk Lisa pulang bersama mereka, "Mau Om antarin pulang? Tinggal kamu sendiri disini"
"Lisa" Panggil seseorang cowok yang baru saja masuk ke dalam lobi tunggu sekolah.
"Thank you Om, Lisa duluan ya Om" Leo dan Kevin melambaikan tangan kepada Lisa yang sudah pergi duluan, mereka juga menyusul pulang.
———————————————————
"Papa Papa" panggil Kevin yang baru saja masuk ke dalam kamarnya. Ia melihat Kevin sedang memegang buku gambar. "Kenapa?"
"Papa coba liat yang aku gambar. Coba tebak ini gambar apa?"
Leo mengambil buku gambarnya dan melihat gambar yang dibuat oleh anaknya. Seperti biasa, gambaran tentang hero-hero di film. Kali ini yang digambar anaknya spiderman.
"Spiderman?"
Kevin melompat keriangan karena jawaban Leo yang benar, "Right!!!!!"
Leo tersenyum melihat tingkah anaknya, semua orang pasti tau yang anaknya gambar. Karena gambaran Kevin sangat bagus dan detail.
"Kata guru Kevin, gambar Kevin bagus. Terus kalo Kevin berlatih menggambar terus nanti Kevin bisa jadi seniman Pa"
"Kevin mau jadi seniman?"
Kevin langsung menggeleng dan raut wajahnya berubah, "Kevin mau jadi dokter aja kayak Papa"
Leo menatap bingung perubahan anaknya, ia mengusap kepala Kevin dan berkata "Kevin gak harus jadi dokter kayak Papa. Kevin bisa jadi apa aja yang Kevin suka"
Kevin tetap menggeleng, "Tapi kata teman Kevin kalo papanya dokter, Kevin harus jadi dokter juga"
Leo kini menggeleng, ia memeluk anaknya "Gak harus seperti itu, Kevin bisa jadi apapun yang Kevin suka. Tapi Kevin harus benar-benar serius melakukan yang Kevin suka"
"Nanti kamu sama Oma dulu ya, Papa ada acara malam ini"
"Siap Pa"
Leo tersenyum melihat anaknya yang berlari keluar dari kamarnya, anaknya yang sudah mulai tumbuh besar.
————————————————
KAMU SEDANG MEMBACA
Single Mom
Short StoryLila seorang ibu muda yang sudah menjadi single mom di usia 21 tahun.