18.

680 29 0
                                    

Hari ini Alaina pergi ke pasar menemani sang ibu negara berbelanja. Rencananya Ibunya itu akan membagikan makanan kepada tetangga untuk tasyakuran kedatangan Alaina  yang memang sudah lama tidak pulang ke rumah.

"Mbak, kamu gak lihat bayi anak teman kamu? Itu si Raisa anaknya cantik banget Mbak, lucu. Kasian kemarin pas nikahannya kamu gak bisa dateng padahal kan teman baik kamu dari TK" ucap Tiana saat mereka sudah sampai di rumah.

"Iya kan Alaina udah nitip salam sama kasih kado lewat Ibu, Mbak Raisa udah lahiran aja? Kemarin aku masih punya kontaknya kok pas Mbak Raisa bikin status hamil tapi sekarang udah hilang, nanti aku minta lagi deh sama jengukin bayinya" ucap Alaina sambil nyemil beberapa makanan buatan sang Ibu.

Teman-teman Alaina memang kebanyakan sudah banyak menikah karena memang sudah umur 20 tahun karena di desa pasti saja begitu, kalau umur 20-an belum menikah pasti digunjing yang aneh-aneh makanya Alaina memilih merantau dan membeli tanah di kota untuknya nanti setelah lulus kuliah.

Raisa sendiri adalah teman baik Alaina sejak kecil. Raisa itu baik banget dulu sampai sekarang Alaina tidak akan lupa sebaik apa Raisa dulu sering membantunya, membelikan dirinya kado saat dirinya ulang tahun dan masih banyak lagi. Sebenarnya bukan cuman Raisa saja banyak juga teman-teman Alaina yang baik tentu saja tapi kebanyakan dari mereka juga merantau atau ikut suaminya jadi Alaina sudah jarang berkomunikasi.

Tapi kebanyakan teman SD-nya masih berada di rumah yang sama jadi Alaina masih sering bertemu saat dirinya pulang ke desa dan masih berhubungan baik.

"Ya udah Mbak, kamu mending mandi dulu sana terus ke rumahnya Raisa, Ibu mau masak-masak buat dibagikan ke tetangga" ucap Tiana sambil sibuk memotong daging.

"Iya Bu, gak mau Alaina bantuin dulu?" Sahut Alaina.

"Gak deh, ibu cuma bikin sedikit kok. Kamu cepet sana mandi dulu aja" akhirnya Alaina mengiyakan lalu segera ke kamar mandi.

***

"Mbak Raisa kangen banget sama kamu, makin cantik aja ya setelah nikah gini, duh pangling banget aku" ucap Alaina sambil memeluk Raisa.

"Alaina ya? Ya Allah Na, aku yang pangling kamu cantik banget ini mah. Udah lama banget gak ketemu dasar orang sibuk" ucap Raisa sambil membalas pelukan Alaina.

"Sebenarnya gak sibuk Mbak, kemarin kan aku udah bilang pas nikahan Mbak itu aku ada ujian, sedih banget padahal udah beli tiket loh buat kesini tapi aku cancel maaf ya Mbak, masih ngambek ya aku gak dateng?" Ucap Alaina sambil cengar-cengir.

"Ya itu Mbak ngambek, ya udah sekarang masuk dulu Na ayo masuk maaf ya agak kotor belum bersih-bersih nih"

"Bersih banget Mbak ini mah, mana adik bayinya Mbak? Aku pengen gendong, Btw si Dimas kemana kerja Mbak?" Tanya Alaina sambil duduk di sofa milik Raisa. Alaina memanggil Raisa Mbak karena memang Raisa lebih tua satu tahun darinya tapi emang satu angkatan kebiasaan dari kecil manggil Raisa Mbak, nah suaminya Raisa ini satu angkatan juga sama Alaina dulunya malah temannya Alaina juga jadi ya kenal, emang jodoh tuh gak kemana.

"Iya Mas Dimas kerja Na, paling nanti dia heboh kalau tau kamu kesini. Bentar Mbak mau ambil Karin dulu ya kalau begitu, dia di kamar" Alaina tersenyum manggut-manggut.

"Ih adik bayi, gemes banget sini sini aku gendong. Aku gendong boleh kan Mbak? Aduh bener kata ibu cantik banget" Raisa terkekeh mendengarnya.

"Boleh gendong aja ni Karin, kamu cepetan nyusul Mbak makanya Na, biar bisa punya sendiri" ucap Raisa mengedipkan matanya.

"Aduh doain aja Mbak, ini namanya Karin? Kok anteng banget Mbak aku gendong, kirain bakal nangis soalnya belum kenal"

"Iya namanya Karin, sayang kamu suka ya sama Tante Alaina? Loh ketawa ni Na, suka emang sama kamu. Mungkin dia pikir ih aku digendong cewek cantik iya kan Nak" Karin bayi itu tertawa di gendongan Alaina yang membuat Alaina semakin gemas.

Lalu mereka berdua lanjut mengobrol sampai gibah-gibah sedikit biasanya namanya juga cewek. Alaina juga memberikan beberapa kado buat si kecil Karin.

***

"Lucu banget Bu anaknya Mbak Raisa gemes banget aku, mau tak bawa pulang aja rasanya" ucap Alaina saat sudah sampai rumah.

"Iya kan, ibu udah bilang. Kamu pingin ya? Sana cepetan selesaikan kuliah kamu, kamu kan udah mapan juga tinggal nunggu kuliah selesai aja" ucap Ibunya.

Memang bisnis online Alaina berkembang pesat, tidak hanya itu Alaina juga memiliki stan offline sekarang di Bandung. Alaina juga aktif mengisi acara seminar juga MC dibeberapa acara.

"Masih pengen punya cafe sendiri Bu, doain ya semoga cepat kesampaian. Ini lagi usaha menabung" Ibu Alaina mengganguk mengamini ucapan Alaina.

Ayah Alaina Soeparji juga memiliki usaha peternakan seperti sapi, kambing, lele, ayam dan bebek usaha itu baru saja dimulai beberapa waktu yang lalu saat Alaina memberikan modal usaha, dan Parji berinisiatif menggeluti bisnis peternakan.

Alaina sangat salut dengan Parji, usahanya itu bahkan sekarang sudah memberikan keuntungan yang sangat banyak bahkan rumahnya yang dia beli di kota pun akhirnya di biayai oleh Parji padahal Alaina sudah menolak tapi Parji bilang itu juga uang Alaina karena Alaina sendiri yang memberikan Parji modal usahanya.

"Pulang kapan kamu Mbak" tiba-tiba sang adek datang dengan membawa cangkir berisi coklat panas di tangannya.

"Kenapa tanya tanya ngusir gue ya lo?" tanya Alaina sambil mengambil gelas berisi coklat panas itu lalu meminumnya.

"Sialan lo, itu coklat gue Mbak, lagian gue cuma tanya. Biasanya lo kan kalau kesini juga sebentar banget" ucap Syifa, adik Alaina.

"Semingguan paling, gue mau istirahat lah penat banget kalau kerja mulu. Habis ini gue kan mau ambil magang juga pasti liburan semester depan gak bisa pulang deh" Tiana langsung melotot mendengar ucapan anak sulungnya itu.

"Kamu beneran Mbak gak pulang nanti? Ibu kan mau ketemu sama calon mantu Mbak, kapan dong dibawa kesini?" Ucap Tiana sambil menatap tajam ke arah Alaina.

"Aduh Bu, sabar sabar, nanti pasti Mbak bawa pulang lah. Mbak masih sibuk soalnya, banyak banget tugas Mbak di Bandung. Makanya ini kabur dulu ke Surabaya mau rehat. Nanti kalau waktunya udah tepat pasti Mbak bawa pulang kok" ucap Alaina selembut mungkin agar sang Ibu tidak ngambek.

"Ya udah kalau gitu Mbak, pokoknya Ibu mau cepat ketemu. Kamu jangan pacaran mulu ya dosa loh, kalau ketemu jangan peluk-peluk atau cium-cium gitu udah jauhan aja pokoknya, bukan muhrim Mbak, gak baik buat anak gadis kayak gitu" Syifa gadis itu langsung tertawa terbahak-bahak mendengar ucapan sang Ibu. Bagaimana tadi? Tidak pelukan sangat tidak mungkin bagi Alaina yang notabennya sangat bucin.

"Sialan loh kampret" ucap Alaina sambil melempar kulit kacang ke arah Syifa. Tiana masih melotot menatap putri sulungnya yang langsung Alaina anggukki.

"Iya Ibu, Mbak gak gak bakal aneh-aneh sama Mas pacar kok. Lagian kita kan jauh, jarang ketemu, aman lah" Tiana kini mengelus dada lega lalu mereka segera makan siang dengan hikmat.


Distance Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang