"Ibu, bagaimana menurutmu tentang memutar waktu?"
"Apa maksudmu, Eve sayang?"
Aku tersenyum canggung segera setelah Ibuku memberikan respon. Ini adalah keputusan final untuk bertanya kepada Ibu mengenai kemungkinan ruang dan waktu. Maksudku, sejak awal ini memang aneh.
Begini, apa yang ada di ingatanku adalah bahwa dunia ini adalah dunia novel dan aku adalah wanita modern. Itu adalah hal basic yang sering terjadi di dalam cerita fantasi. Sebagaimana alur cerita-cerita novel dengan genre transmigrasi, biasanya jiwa orang yang terlempar di dunia isekai adalah jiwa asli dari orang itu sendiri sebelumnya menjadi jiwa modern dan kembali lagi menjadi jiwa dirinya yang sebenarnya disini.
Aduh, anggap saja ini sebagai reinkarnasi tiga kali.
Jadi intinya, aku maupun Evelyn asli dalam buku adalah orang yang sama. Masalahnya, tidak mungkin aku terlahir berkali-kali begitu saja, pasti ada sesuatu seperti sihir ruang dan waktu.
Dugaanku adalah ada seseorang yang memutar kembali waktu dikarenakan sesuatu dan aku hidup dengan mengingat semua itu.
Biasanya, ada variabel mengapa aku bisa mengingat semua itu. Seperti MC lain di cerita transmigrasi, apakah mungkin aku memiliki peran penting dalam dunia ini?
Realistis saja, mana mungkin ada suatu kebetulan yang seperti ini?
"Maksudku, tentang presentasi seseorang bisa memutarbalikkan waktu. Apakah itu mungkin terjadi?" Tanyaku kembali.
Ibuku meski terlahir di keluarga Kstaria, ia adalah salah satu orang yang terlahir dengan bakat sihir. Meski tidak mendalami sihir dengan sedemikian rupa, ia merupakan salah satu murid berprestasi dalam akademi yang pernah ikut belajar di menara sihir bersama Madam Helena dan Duke Unema. Aku yakin ia mengerti beberapa hal mengenai hal ini.
Mata kecubung ibu yang mirip denganku menatapku sejenak, kemudian menunduk, melihat cangkir teh yang digenggamnya sebelum akhirnya menjawab. "Itu memiliki dua jawaban."
"....."
"Bila dilihat dari sudut pandang kehidupan yang realistis tentu saja tidak mungkin. Waktu selalu berjalan maju, tidak pernah mundur maupun berhenti."
Aku hanya mendengar tanpa berniat untuk memotong pembicaraan.
"Namun, menurut kacamata sihir, itu bukan sesuatu yang tidak mungkin."
Dan dunia ini adalah dunia dimana naga dan sihir bahkan ada.
Jawaban Ibu sudah jelas disini.
"Setidaknya selama Ibu mempelajari sihir bersama Duke Unema dan Helena, teori mengenai waktu yang dapat diputar itu nyata. Namun, sampai sekarang tidak ada bukti yang dapat memuat teori itu."
Itu artinya, fakta ini juga belum dipastikan kebenarannya.
"Tapi, sesuatu seperti itu mungkin terjadi, bukan?" Aku bertanya sekali lagi untuk memastikan. Aku tidak begitu peduli mengenai bukti bahwa waktu bisa diputar. Yang perlu aku pastikan adalah fakta bahwa kemungkinan untuk melakukan itu bisa terjadi.
Ada banyak hal yang tersembunyi di dunia dan tidak semua harus berdasarkan bukti.
Ibu kemudian kembali menatapku cukup lama sebelum akhirnya menghela nafas. "Kau lebih baik mendatangi Helena. Ia mungkin bisa memberimu lebih banyak informasi mengenai ini."
------
Dan begitulah akhirnya aku terdampar di kediaman Grand Duke untuk kesekian kalinya.
"Lady, selamat datang. Lama tidak bertemu." Manuel menyapaku dengan penuh semangat. Mata Pria itu sedikit berbinar entah mengapa.
KAMU SEDANG MEMBACA
Male lead, Get away from me!
FantastikTeruntuk Tunangan Saya yang begitu tampan. Kamu adalah seorang bajingan! *** Evelyn Blumaz bertunangan dengan Grand Duke Erhad, Sean Len Erhad. Hidupnya di dedikasikan sepenuhnya sebagi tunangan Tuan dingin yang membencinya. Namun, hal itu tidak b...