April 2004
"Udah lengkap semua barang yg mau dibawa Ri?" nyokap gw membuka resleting ransel gw.
"Udah Mah," jawab gw sambil membalas sms di handphone. Nyokap gw melakukan pengecekan selama dua menit.
"Bekal makanannya udah dibawa?" tanya nyokap gw lagi.
"Sip. Udah lengkap semua Mah."
Nyokap gw menutup ransel dan berdiri. Gw juga berdiri.
"Ati-ati di jalan yah," kata nyokap gw.
"Pasti," gumam gw pelan.
"Kapan balik lagi Kak?" adik perempuan gw yg baru masuk SMA muncul dari dalam kamar.
"Emh ntar akhir tahun deh kalo ada libur pasti balik."
"Jangan lupa oleh-oleh dari Jawa ya. Laen kali bawa batik kek, kan katanya batik Jawa bagus-bagus tuh. Pengen tau batik Jogja kayak gimana."
"Huss kamu ini banyak mintanya," nyokap gw mengingatkan setengah becanda.
"Nggak papa lah Mah, kan Kak Ari juga baliknya setaun sekali pas lebaran doang. Oleh-oleh gitu doang mah wajib kudu lah."
"Huh kamu ini maunya."
Kami bertiga tertawa. Tawa yg lepas. Tawa yg selalu mengundang kerinduan untuk melakukannya lagi bersama-sama.
"Yaudah buruan berangkat nanti ketinggalan pesawat lho," nyokap gw mengingatkan.
"Eh iya. Nanti kalo ke sini ajak juga Kak Meva yaa?" celetuk adik gw.
"Meva?" nyokap gw memandang heran.
"Pacarnya Kak Ari."
"Wah kamu udah punya calon Ri?" nyokap gw antusias.
"Eh enggak kok," jawab gw buru-buru klarifikasi. "Itu...temen! Bukan pacar."
"Ah boong! Di dompetnya Kak Ari banyak tuh foto berduaan! Pake dinamain segala di belakangnya. Kalo bukan pacar kok dipajang di dompet yaa??"
"Enggak! Beneran bukan siapa-siapa ah!" gw malu.
"Ah masa siih??" adik gw seneng banget tuh godain gw.
"Yaudah bawa ke sini apa salahnya, kenalin ke Mamah sama Papah. Kalo cocok kan tinggal nyari tanggal aja," nyokap gw juga ikutan.
"Haduh apaan sih..." gw malu sekaligus mengamini dalam hati.
"Yaudahlah, Kakakku yg jelek! Ati-ati di jalan yah, kalo jatuh bangun sendiri lho," adik gw meluk gw. "Salam buat Kak Meva!!"
Gw jitak kepalanya.
"Jangan lupa ngabarin ya kalo udah sampe Jawa," kata nyokap gw.
Kali ini gw yg bergerak memeluk nyokap.
"Jangan lupa solat ya Ri," bisiknya di telinga gw. "Kita semua di sini selalu doain kamu."
"Makasih Mah. Ari pasti jalanin pesen Mamah..." jawab gw penuh haru. Gw memeluk nyokap gw erat.
Dan tanpa dapat ditahan lagi bulir airmata gw jatuh ke pipi. Rekaman kejadian dua tahun yg lalu terbayang dengan jelas seolah baru saja terjadi kemarin.
Benar, rasanya baru kemarin gw memeluk nyokap gw. Rasanya baru semalam gw dibacakan dongeng menjelang tidur masa kecil gw. Kecupan hangat di kiri kanan pipi gw tiap gw mudik, masih terasa lembut. Seolah semua baru saja terjadi beberapa saat yg lalu.
Tapi mendadak semua terasa jauh. Sangat jauh. Bahkan hampir tak tergapai. Pelukan itu, kecupan sayang itu, mendadak bias. Tersapu airmata yg kini mengalir butir demi butir.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sepasang Kaos Kaki Hitam.
Romancehanya ada satu pintu yg terbuka, pintu kamar seberang gue. di depan pintu seorang wanita sebaya gue sedang duduk memeluk lutut dan memandang kosong ke lantai di bawahnya. rambutnya panjang dibiarkan tergerai sedikit menutupi wajah. hidung mancung da...