“Baiklah, semoga kita beruntung hari ini,” Ucap Adro sebelum melirik Grace. “Kau telah berkorban sangat banyak untuk ini,”
“Hei… Ini adalah hari liburku,” Grace tertawa kecil.
“Hari libur yang kau paksakan di tengah jadwal kuliahmu yang padat,” Balas Adro.
Namun Grace menggeleng santai. “Aku memang suka ke perpustakaan kota, jadi ini terasa seperti sebuah liburan singkat bagiku,”
Tersenyum lembut, Adro mengusap pundak Grace sebelum mengarahkannya untuk masuk ke dalam pintu perpustakaan. Ia tahu Grace hanya mencari alasan positif untuk menemaninya. Namun, ia tidak akan berusaha membuka itu untuk kali ini agar mereka bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Lagipula, semenjak Grace memasuki masa ujian, mereka sangat jarang bisa menikmati waktu bersama, bahkan hanya untuk mengorbol atau menonton film di rumah.
Di perpustakaan luas tersebut, Adro dan Grace kembali menyusuri lorong-lorong rak buku-buku tua. Sudah beberapa kali mereka datang ke perpustakaan ini, namun, jangankan berhasil menemukan sesuatu, mereka bahkan belum berhasil memeriksa semua rak bukunya.
“Adro!” Panggil Grace dengan mata yang masih terfokus pada sebuah buku dengan sampul kulit tua.
Menoleh pada panggilan setengah berbisik tersebut, Adro segera menghampiri Grace yang berdiri di ujung lorong rak buku. “Kau menemukan sesuatu?”
Grace mengangguk cepat. “Buku ini sangat mencurigakan. Sepertinya kita harus memeriksanya,” ia menunjukkan halaman buku yang telah ia buka.
Mempelajari halaman itu sejenak, Adro mengangguk dengan wajah serius. “Kau benar. Ini buku yang membahas tentang witchcraft dan ini terasa sangat familiar dibanding buku yang membahas penyihir lainnya di perpustakaan ini,”
Menuju meja terdekat, mereka segera mempelajari buku tersebut dari halaman pertama. Namun yang lebih mengejutkan lagi, buku itu bukan hanya membahas tentang witchcraft, melainkan membahas tentang penyebrangan antar dunia melalui sebuah portal, namun tidak dijelaskan seperti apa portal tersebut, cara membuatnya, dan yang lainnya.
“Aku tidak tahu, namun aku meyakini bahwa buku ini ditulis oleh seseorang yang telah mempraktekkan sihir. Kelihatannya ia sengaja tidak memberikan informasi lengkap tentang sihir tersebut di dalam buku ini,” Ucap Adro.
“Di sini hanya disebutkan bahwa buku ini ditulis oleh seseorang dengan nama pena LJ,” Ucap Grace sebelum membalik ke halaman berikutnya.
“Lihat ini,” Grace menunjuk sebuah paragraf baru. “Di sini dijelaskan bahwa ada penculikan anak-anak pada jaman itu. Anehnya, mereka diculik di kamar tidur mereka sendiri, bahkan ketika kamar itu tidak memiliki jendela. Beberapa anak ditemukan di tengah hutan namun dengan sikap dan sifat yang jauh berbeda dengan diri mereka yang sebelumnya, dan anak sisanya, menghilang untuk selamanya,”
“Itu adalah ulah penyihir,” Ucap Adro seraya mengusap dagunya. “Namun aku sekarang meragukan apakah buku ini benar ditulis oleh penyihir. Hati mereka sangat busuk, sehingga tidak mungkin mereka menuliskan perbuatan jahat mereka di buku,”
“Aku akan mencari tahu tentang buku ini di internet sekarang,” Grace mengeluarkan laptopnya dari dalam tas.
“LJ adalah seorang sejarahwan dan penulis. Buku ini diterbitkan tiga puluh tahun yang lalu dan penulisnya sudah meninggal sekarang. Buku ini adalah hasil rangkuman dari gulungan-gulungan kertas yang ditemukan di reruntuhan bekas sebuah kerajaan di luar negri yang tertimbun sejak dua ratus tahun lalu,” Jelas Grace setelah berkutat dengan laptopnya sekitar lima menit.
Menatap Grace dengan mata membesar, Adro langsung bertanya, “Apakah masih tersisa penerus dari kerajaan itu?”
Menggeleng pelan, Grace menjawab, “Maaf. Tapi kerajaan itu hanya ditemukan jejaknya saja tanpa ada keterangan penerus. Itu sama seperti kerajaan-kerajaan punah lainnya yang tersebar di seluruh dunia,”
KAMU SEDANG MEMBACA
(TAMAT) The Groom From The Fairy-Tale Land
Romance#WattpadfantasiID [Follow dulu yuk!] 'Jika satu pintu tertutup, masih ada seribu pintu terbuka.' Untuk ke sekian kalinya, Grace Menken disakiti oleh pria yang hanya memanfaatkan kebaikan hatinya. Hidup sebatang kara, dikucilkan, dan kerap putus cint...