Aktivitas Leehan yang paling dia prioritaskan tidak lain dan tidak bukan adalah ikan.
Kerjanya kalo bukan bawa baju londry ya ngurusin ikan. Lap akariumnya, kasih makan, ganti air yang di bowl, sama hitungin ikan mana tau ada bertambah ato berkurang.
Duduk di depan akuarium pantengin anak-anaknya makan dengan lahap, "mau temen baru nggak ya mereka?"
Riwoo masuk kamar bawa kotak entah apa isinya, terus nyamperin Leehan ikut nonton ikan Leehan lagi makan.
Wajah adeknya kek lagi memikirkan hal berat gitu, selain pelajaran sekolah pasti ikan di akuarium ini.
"Bang Riw..."
"Ya?"
"Kalo Leehan beli ikan satu gimana? Soalnya ikan Leehan ganjil,"
Riwoo pertimbangin dulu.
Ini ikan emang nggak mahal tapi nggak murah juga, bisalah kalo cuma satu ikan. Cuma masalahnya, gimana Leehan nyari ikan? Tempat beli ikan di daerah dekat sini nda ada.
Selama tinggal di sini belum pernah tuh Leehan nambah ikan, baru sekarang. Pun tiap beli ikan, rumah yang awal deket tempat jual ikan rumah baru ini mereka belum tau dimana.
"Emang tau tempat jual ikan di sini?"
"Ada, temen Leehan ada pelihara ikan juga, katanya dia beli di perempatan depan batas komplek kita."
Lumayan jauh itu...
Kudu beli bensin ini berarti.
"Ya beli aja, Abang kasih duitnya pas."
Leehan mo protes dan dapat duit lebih tapi dah keburu bang Riw nya itu keluar. Padahal kan pengen nongki bentar di warung depan beli es, nggak jadi deh.
Tak pa lah, duit buat beli ikan paling pokok.
Leehan turun dengan Hoodie biru gelap sama jeans, pake topi hitam dan sendal jepit.
Langsung disemprot Taesan dari depan tv, mabar sama Woonhak, "berapa kali Leh, berapa kali gue harus bilang!! Baju sama celana udah cocok, tapi... KENAPA HARUS SENDAL JEPIT?!"
Atensi berudu lain yang ada di sana pun langsung terarah ke Leehan di tangga juga lagi mandangin otfit dia sekarang.
Apa sih sandal jepit doang kok ribet dah
"Udah sih, gini aja." Lenggang pergi, temuin Riwoo di belakang sedang bermeditasi, ninggalin Tesan teriak-teriak sama dia dari sofa bahkan hampir nyungsep gegara terlalu ke depan.
Lagi enak-enaknya menyatu dengan alam, Leehan manggil.
"Bang Riw!! Minta duit!!"
Riwoo hela nafas dulu terus pasang senyum terpaksa, muter badan dan angkat jari telunjuk dia nunjuk ke meja piknik.
Artinya duit ambil di meja itu.
Leehan paham kok, dia langsung ke sana. Berharap banget duit itu di dalam dompet dan bisa lebihin dikit.
Eh ternyata emang duit pas.
Dua lembar merah yang ditindih sama batu.
"Itu sama duit bensin."
Yahh makin berkurang:(
Oke, Leehan putar otak. Dia nggak jadi pake mobil, dia pake skateboard aja!!
Sekedar info, di rumah yang nggak bisa bawa mobil cuma Riwoo dan Woonhak. Riwoo masih trauma dulu nabrak rumah orang, sedangkan Woonhak belum dibolehin.
"Leehan pake skateboard bang Riw, duit lebihnya Leehan pake beli minum, boleh?"
"Hmmmm, silahkan yang penting duit itu."
"Oke."
Syuuuu!!!
Angin kencang lewat dari dapur sampe ruang tamu, bikin gorden dan apron yang dipake Sungho terbang nutupin muka, Taesan sama Woonhak juga ikut kegeser dikit.
"Wihh, apaan tuh!!"
Jaehyun yang tiduran di sofa sambil merem jawab, "biasa, ada yang dikasih duit sama Riwoo."
Seketika mereka bertiga liat sekeliling dan ngeh.
"Ohhh Leehan." Ngucapin bareng-bareng, abis itu balik lah ke aktivitas masing-masing.
Sementara Riwoo di belakang udah dikerumuni sama burung.
Tenang banget.
Leehan keluar dari garasi dan mulai jalan pake skateboard dengan wajah seneng dan ceria dia. Jarang-jarang loh liat Leehan senyum seneng begini, biasanya nampak cuma muka judes dan mager di sana.
Ya sedikit informasi, mana tau pada mau kasih hadiah ke dia bawa ikan aja.
Tetep nggak diterima:D
Pikir aja!! Ikan dia dah banyak begitu terus you bawa ikan juga. Dikit lagi jadi juragan ikan nih anak kalo begitu, buka tambak ikan nanti.
Setelah perjalanan yang cukup memakan waktu, sampailah si maniak ikan ini ke tempat jual ikan.
Mata dia kek ngeliat surga ikan woi, berbinar-binar!!
Langsung disamperin sama bapak-bapak dan diajak keliling buat nyari ikan yang dia cari. Pas dapet, Leehan langsung bayar dan ucap terimakasih.
Lanjut jalan di skateboard bawa-bawa ikan, singgah di warung istirahat bentar dan lanjut lagi.
Wajah dia masih senyum terus.
Ini beneran senang apa ada sesuatu?
Sampe di rumah Leehan langsung ke atas tanpa ngucapin salam dia udah pulang.
"Bang, nggak ada niatan cari guru les tentang kesopanan buat Leehan?" Jaehyun
"Biarin aja, toh kamu Jey juga begitu." Sungho lanjut makan cookies sama minum kopi nonton TV.
Eyy menyindir
Woonhak turun dengan wajah bingung, "Kenapa kalo disuruh cuci baju sendiri males, tapi pergi beli ikan ke perempatan depan yang jauhnya kek pulang ke rumah kita, Bang Leehan mampu?"
Abis papasan sama Leehan soalnya
"Coba tanya ke diri kamu sendiri, kamu mau cuci baju sendiri?" Sungho
"Nda, hehe."
"Terus kalo Abang kasih duit buat beli baju mau? Tapi belinya di toko komplek sebelah yang butuh waktu dua jam, pake sepeda kuat kamu?"
"KUAT LAH!"
Sungho geleng-geleng kepala dan nggak peduli Woonhak lagi, Jaehyun juga paham sama apa percakapan tadi terus pasang muka datar ke Woonhak.
"Cih, nggak beda jauh."
Sedangkan yang lagi dibicarakan sibuk sama ikan dan benda di kantong dia.
Ditepuk-tepuk terus ngomong, "asik masih ada 50ribu!!"
Leehan baru tau kalo ikan di situ lumayan murah, dia jadi punya kembalian.
Yeay!!