Keadaan Vila keluarga gue udah lengang, semua pintu udah tertutup rapat, gak ada tanda-tanda kehidupan. Iya, gue tau udah seminggu lebih berlalu. Kalian pasti berpikir, mereka semua udah pergi. Tapi, yang gue tau, keluarga Wirawan punya rencana mau menghabiskan waktu bersama selama dua minggu setelah pesta di vila ini.
But, i don't know, mungkin keluarga gue udah pulang? Walaupun gue sendiri kurang yakin, karena si bungsu, Lean, biasanya tidak bisa diajak pulang cepat-cepat kalau lagi liburan, padahal dia masih sekolah. Huh, bebas kali, ya, jadi orang pinter?
Hmmm ... atau justru, setelah orang-orang tau gue hilang, mereka jadi ingin cepat-cepat meninggalkan vila, dan enggak peduli lagi tentang keberadaan gadis malang? Ah, lebih tepatnya gadis menyusahkan.
Tapi, lebih daripada itu semua, gue heran, gimana bisa seorang Zayn berada di vila bokap gue?
"Loh ...."
Gue melirik ke sumber suara. Mang Awi—nama aslinya Alwi—penjaga vila keluarga gue, yang lagi motongin rumput di samping rumah.
"Ini ... Nak Zayn, kan?"
"Iya, betul sekali Mang Awi. Sehat, Mang?" Zayn menyalami tangan Mang Awi dengan khidmat.
Apa lagi sekarang? Bagaimana bisa mereka saling kenal? Apa mereka kerabat dekat?
"Alhamdulillah, sehat Mamang mah." Mang Awi menepuk-nepuk pundak Zayn. Ekspresi Mang Awi ceria banget. Jelas sekali, kalau mereka punya hubungan yang sangat akrab.
"Si umi sekarang kabarnya gimana? Udah lama banget Mamang gak ketemu kalian. Sekarang mah udah gak nganterin hasil kebun ke Jakarta Mang Awi teh, jadi gak bisa ketemu kalian."
"Alhamdulillah, umi sehat walafiat. Mamang mau fokus di sini aja, ya?"
"Iya. Sekarang mah atuh anak Mamang juga udah pada kerja. Jadi dapet transferan," kata Mang Awi diakhiri tawa, Zayn ikut tertawa.
Hmm, sepertinya mereka memang kerabat?
"Eh," tatapan Mang Awi begitu intens ke arah gue. Mang Awi gak mungkin ngenalin gue Diandra, kan? "Mirip si Moza, apa emang dulu kamu bawa Moza? Pelihara Moza, iya?"
Gue menatap Mang Awi heran, lalu beralih ke arah Zayn. "Moza". Ah, sekarang gue bisa paham, Zayn ngasih nama Moza, karena gue mirip sama kucing hitam yang pernah ada di masa lalunya. Hmmm ... gue jadi kepikiran sesuatu.
"Kayaknya bukan, Mang. Zayn nemuin di tempat KKN."
Kalau kata orang, 'masa lalu' adalah pemenangnya. Hm, gue punya peluang besar buat memenangkannya berarti!
"Ooh. Mamang kira Moza, mirip banget soalnya."
Imajinasi gue saat ini, gue bukan ada di raga kucing hitam. Tapi, raga gue yang manusia.
Gue ngerasa puas banget. Senyum licik terbit. Merasa gue memang bakalan bisa menangin hati Zayn. Emang dasar setan.
Mang Awi dan Zayn berjalan sambil berbincang-bincang menuju ke halaman belakang vila. Mereka akrab banget. Andai gue bukan kucing, pasti asik banget bisa ikut merasakan kehangatan perbincangan ini.
"Kenapa kuburannya belum dibersihin, Mang?"
Hah, kuburan?
Selama 20 tahun gue hidup di tengah-tengah keluarga Wirawan, gue gak pernah sama sekali tau, kalau di halaman belakang vila ini ada kuburan. Bagaimana mungkin dan bagaimana bisa? Gue kira, selama menatap pemandangan dari balkon yang ngarah ke halaman belakang, di sini cuma rumput-rumput tinggi yang sepertinya enggak diharapkan buat dibersihin. Tapi ternyata, ini kuburan toh? Kuburan siapa? Kuburan leluhur keluarga Wirawan kah?
"Sekitar seminggu kemarin tuh, Pak Wanda ngadain pesta di sini. Ya, biasalah ... Bapak, kan, gak pernah mau mengakui, kalau kuburan asli orang yang disayanginya ada di sini. Yah mungkin, selain gak mau Diandra tau ...."
Eh, apa? Kenapa ditutupin dari gue?
"... Bapak juga berat hati nengok ke kuburan yang aslinya. Kasian, sampai saat ini Bapak masih berduka."
"Iya, Mang, pasti berat banget buat beliau. Tapi ... beliau ternyata tetap sama, ya, masih suka gengsi mengakui perasaannya."
Apa lagi ini? Zayn? Dia tau Ayah orangnya kayak gimana?
"Kita bersihin sekarang, yuk, Mang? Zayn bantuin, mumpung lagi gak ada kerjaan."
"Gasss lah!"
Siapa Zayn sebenarnya?
...
Rasa penasaran gue udah segede gunung Everest. Makam siapa yang ada di halaman belakang rumah ini? Gue kira, bakal dapet jawabannya pas mereka selesai kerja bakti ngebersihin rumput di sini, tapi nyatanya enggak! Nyebelin banget!
Sudah dibuat penasaran segede gaban, terus melakukan pekerjaan paling menyebalkan di dunia--menunggu sekian lamanya--hasil akhirnya malah nihil.
Bete banget deh.
Cuma gundukan tanah dan tancapan batang kayu yang bisa gue liat. Gak ada batu nisan dengan ukiran nama jenazahnya sama sekali. Sebegitunya bokap nyembunyiin semua ini dari gue? Emangnya kenapa kalau sampai gue tau?
Zayn juga malah asik ngobrol sama Mang Awi, gue yang hitam manis ini malah dicuekkin. Makin-makin deh keselnya.
Daripada gue cuma ngeringkuk pura-pura tidur bersamaan sama perasaan bete yang bikin sumpek, gue memilih pergi dari sini. Gak akan jauh-jauh, nyari angin sebentar aja. Semoga juga gak ketemu jantan hidung belang berbulu kayak tadi.
Loh-eh, ini, kan, mobilnya ... Di halaman depan udah terparkir mobil ferrari warna kuning yang udah gak asing lagi di penglihatan gue. Gak salah lagi, ini mobilnya ..., "Om Bram!"
Refleks gue nyebut namanya sesaat setelah ngeliat Om Bram turun dari jok kemudi. Dia membuka kacamata hitam yang bertengger di hidungnya, lalu melipatnya.
"Wanda, tunggu kehancuran lo sebentar lagi."
Hah!? Paman mau ngancurin Ayah?
Meskipun selama ini sikap ayah kurang baik, gue gak ngerasa gembira sama sekali setelah denger kata-kata paman barusan. Mungkin, karena Ayah Wanda, mau bagaimana pun dia, dia tetep ayah gue. Ada perasaan gak sudi di lubuk hati ini kalau ada yang sampe mau ngancurin ayah.
Tapi, di satu sisi lain, Om selama ini baik banget sama gue. Mana mungkin gue bisa berdiri menentang keinginannya?
"Hah? Kucing ini ...?" Om Bram menyadari keberadaan gue, tatapannya terlihat intens dan agak ... horor? Padahal, tatapan Om selalu hangat selama ini. Entah kenapa, perasaan gue jadi gak karuan. Dag-dig-dug takut. Om Bram kayak bukan orang yang gue kenalin.
Dia menggendong gue dengan tatapan yang sama sekali gak berubah. Tatapannya kerasa nusuk sampe hati. Om? Ini beneran Om, kan?
"Kucing hitam ini ... apa kamu Moza?"
***
Garut, 1 Des 2023
Alhamdulillah bisa melanjutkan part cerita si kocheng item manis ini🤭🤗
Seberapa penasaran kamu sama kelanjutan cerita "Meow"?
Antara 1-10 seberapa penasaran tuuh? 🤫
Salam hangat, Author🥰
KAMU SEDANG MEMBACA
I'm in Black (Cat)
RandomSaat membuka mata, hatiku terguncang Mahakaryaku dilalap si jago merah Kembali membuka mata, tubuhku berbulu hitam dan berkaki empat Lantas aku bertanya, apa aku dikutuk karena setitik dendam yang membara di hati? Lagi, aku membuka mata, akhirnya k...