Part 30 : Prediksi yang Patah

6 0 0
                                    

Sampai di toilet, gue tutup pintu rapat-rapat, keran gue putar supaya ruangan ini bisa didominasi oleh suara air yang mengalir. Lantas gue duduk di atas closet yang tertutup. Hah ... rasanya lega bisa menghindar sejenak dari Om Bram.

Gue gak bisa menafikkan rasa takut yang sedari tadi menyelemuti hati. Ibaratnya, di hadapan kekuatan besar; umur yang jauh lebih dewasa, kekayaan yang jauh lebih banyak, kejahatan yang sepertinya tersusun rapi. Gue yang tampak kerdil, masih muda umurnya, dan belum punya kekuatan apa-apa, mana mungkin bisa ngalahin dia?

Saking takut dan cemas, air mata gue sampe lolos. Tapi di saat bersamaan, gue tersenyum, ngerasa bangga karena udah berhasil bikin Om Bram malu. Prediksinya sukses gue patahin tadi, haha. Rasain deh.

Selama lima menit gue berdiam diri di toilet, ngelegain hati gue terlebih dahulu sebelum berperang lagi dengan pria bermuka dua itu.

Setelah lima menit, gue pun keluar dengan perasaan ringan, gue berjalan ke ruang makan private itu kembali. Namun, gue dikejutkan dengan pemandangan yang membuat perasaan yang udah berhasil diringankan jadi kian memberat—lagi.

"Om Bram!" pekik gue sembari menggoyangkan tubuh Om Bram yang terkapar di lantai.

Om Bram gak lagi pura-pura, sandiwara atau apalah. Dia beneran pingsan. Apa ada rivalnya yang mau bahayain dia lewat makanan? pikir gue sambil ngeliat makanan di meja makan. Barangkali ada bukti.

"Dessert-nya ... loh, ini, dessert-nya mengandung kacang!!" gue menyimpulkan demikian karena sempet ngeliat food vloger sultan yang pernah nge-review rasa, tekstur, dan sedikit ngedeskripsiin komposisi dari dessert itu. "Mana udah dimakan banyak. Om Bram, kan, alergi kacang! Pasti dari tadi dia sesek napas. Nyesel gue, malah lama-lama di toilet, duh!"

Gue cepet-cepet ngehubungin karyawan restoran buat bantuin bawa Om Bram ke mobil supaya bisa dianter ke rumah sakit secepatnya. Di samping itu, gue juga ngehubungin Ayah, sama dokter pribadinya Om Bram.

"Ayah, temenin Andra di rumah sakit. Aku takut banget Om Bram kenapa-napa, aku panik bangeett, Yah," adu gue yang entah sejak kapan sudah berlinang air mata.

"Oke, Dra. Ayah segera meluncur."

Salah satu karyawan resto ikut nganter gue ke rumah sakit, dia yang megang kendali mobil. Gue udah panik begini, jadi gak bisa bawa mobil dulu, takut makin kenapa-napa.

"Makasih ya, Pak. Nanti pulangnya saya pesenin taksi online."

"Baik, Mbak. Terima kasih banyak."

...

Setengah jam setelah pemeriksaan, Om Bram akhirnya siuman. Dia keliatan lemes banget. Mungkin karena dia udah makan cukup banyak dessert-nya.

For your information, dessert itu sebenarnya kandungan kacangnya cukup banyak buat orang yang alergi kacang, cuma aromanya ketutup sama aroma cokelat si kuenya. Buat rasanya juga didominasi sama cokelat, dan untuk teksturnya gak ada tekstur kacang yang kasar. Bener-bener udah halus dan menyatu sama adonan kuenya.

"Alhamdulillah, Om Bram udah siuman sekarang. Om Bram mau minum? Diandra ambilin yaa."

Di detik itu, rasanya gue gak peduli tentang sisi gelap Om Bram yang kayak gimana. Gue perhatian ke dia dengan tulus. Selayaknya dokter yang merawat pasien, gak peduli latar belakangnya gimana.

Gue lantas mengambil gelas di atas nakas, lalu menyodorkannya ke Om Bram yang sedang mendudukkan tubuhnya. Namun, bukannya megang gelasnya, Om Bram malah megang tangan gue.

"Dra, kalo kamu mau ngerjain Om, gak kayak gitu caranya."

Bisa dipastikan dahi gue berkerut saat ini. Gue juga jadi liat-liatan sama Ayah, juga Lean yang ada di ruangan ini.

"Atau kamu gak tau, menu dessert-nya mengandung kacang?"

"Diandra yang pilih menu?" Dengan polosnya gue berkata lirih kayak gitu. Otak gue ngedadak nge-freeze.

"Maksudnya gimana, Kak?" Ayah angkat suara.

"Anakmu ini, Wan. Dia pura-pura lupa sama tanggal jalan-jalan kita tadi, kan? Tapi sebenernya dia udah booking restoran bintang lima yang lagi hits. Dia juga udah pilihin menu ...."

"E-eng-enggak, Yah," gue mencoba menginterupsi tuduhan Om Bram.

"Jadi, pas udah nyampe tuh, kita langsung dihidangkan makanan gitu, Wan. Gak nyangka banget, di dessert yang udah Diandra pesen ada kacangnya."

Gue gagal menginterupsi. Gue lupa. Om Bram memang selihai itu dalam bermain kata. Dia pandai banget urusan mengaruhin orang.

Apakah ini bagian dari rencana yang udah dia siapin? Kalo iya, ternyata prediksi gue yang patah. Bukan prediksi Om Bram. Selain berusaha nyudutin gue, dia udah nyiapin tragedi ini. Tragedi fitnah.

Apa yang dia bilang sebelum gue ke toilet? 'Gak mau ada masalah dulu'? Jelas-jelas dia yang ngada-ngadain masalah sekarang. Psycho!

"Bener gitu, Dra?" Lihat. Nada bicara Ayah sekarang udah kedengeran marah, seolah siap ngasih ceramah ke gue sebentar lagi. Sebegitu percayanya Ayah sama Om Bram.

Bukan berarti karena adanya hubungan persaudaraan, seseorang jadi aman dari pengkhianatan. Ayah gimana sih, sebegitunya percaya sama Kakaknya yang busuk ini- Eh sebentar. Kalimat awal yang hati gue keluhkan tadi ... kayak pernah dibilang sama siapa gitu, aku gak begitu inget.

Ayah lagi dibakar api kemarahan, sedangkan Om Bram yang punya banyak topeng ini, masih belum melepas pegangan tangannya tadi. Bahkan, dengan sengaja dia neken tangan gue. Dan itu, rasanya sakit banget. Mana pegel lagi!

"Orang Om Bram kok yang reservasi! Diandra justru kaget dibawa ke restoran mewah. Om Bram fitnah!"

Meskipun pas makan tadi gue mengakui, kalo gue gak punya cukup kekuatan untuk berdiri di kaki sendiri buat ngelawan Om Bram, yang juga merupakan orang kepercayaan Ayah. Tapi, di keadaan terdesak seperti ini, gue gak bisa tetep tutup mulut. Gak mau banget kalo nama baik gue sampe tercoreng lagi di mata Ayah.

"Dra, kamu gak mau ngakuin kesalahan kamu? Coba deh, Wanda, kamu crosscheck aja ke sana, bukan Abangmu kok yang reservasi," katanya, sambil ngelepas tangannya dari tangan gue. Karena tangan gue kerasa kebas, otomatis gelas itu jatuh ke lantai.

Prak!

"Aduh, Kak!" Lean meringis. "Hampir aja kena kakinya Kakak."

Tapi, peduli amat soal gelas pecah. Hati gue udah lebih dulu pecah. Perasaan gue juga udah kerasa gak karuan banget. "Terserah Ayah mau percaya siapa!" tegas gue yang kini kalah. Jatuh sudah air mata.

Gue memutuskan untuk pergi dari ruang inap Om Bram. Capek. Capek terus-terusan berdebat.

Entah ke mana tujuannya, yang penting bisa ngejauh dari Om Bram yang jago memutar-balikkan fakta, Ayah yang percaya banget sama Kakaknya, dan Lean yang gak bisa bantu apa-apa buat gue.

"Kak! Mau ke mana?!" Lean ternyata ngejar kepergian gue.

"Gak usah ikut-ikut deh!" ketus gue sambil mempercepat langkah.

***

I'm in Black (Cat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang