Bab 23 : Hipotesis

12 1 0
                                    

Gue jadi punya hipotesis setelah Ayah menceritakan soal insiden obat tidur semalam. Dan itu adalah hal yang bikin gue makin waspada, sekaligus bertambah benci ke Om Brama.

Hipotesis gue begini, sebelum bokap ngobrol-ngobrol sama gue soal handle rapat dan bakal ngasih imbalan posisi lain bersamaan dengan dapet kepercayaan bokap kalau hasilnya bagus, mungkin dia udah nyeritain rencana itu ke Om Bram. Gue tau betul, Ayah cukup terbuka sama kakaknya. Sampai-sampai dia nyampain ke kakaknya, kalau dia lagi ancang-ancang buka pintu hatinya lebar-lebar buat putri ketiganya, entah mungkin capek atau kasian ngeliat nasib putrinya sendiri yang kesannya di anak-tirikan selama ini.

Menariknya, Om Bram yang punya topeng tebal itu pasti memperlihatkan dukungan penuh atas keputusan Ayah, pasti dia tersenyum gembira denger Ayah mau memperbaiki hubungan sama putrinya. Namun, ya ... lain lagi kalau di belakang Ayah. Dia gak suka. Dia merasa harus mencegah itu terjadi.

Itulah kenapa pas gue udah nerima tawaran Ayah dengan senang hati, Om Bram telepon gue sok-sok-an sedih, kangen kucingnyalah, minta dibikinin lukisanlah, terus nanti bakal ngasih bayaran yang sepadanlah. Padahal nyatanya, semua itu hanya omong kosong karena Om Bram pasti udah menduga apa yang bakalan terjadi.

Dengan polosnya, gue yang udah percaya penuh sama sosok Om Bram yang udah perhatian ke gue selama ini, menyanggupinya dengan senang hati. Gue bergegas pulang lebih awal supaya bisa membereskan lukisannya dengan cepat, agar nantinya gue juga bisa ngerjain tugas dari Ayah. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui, begitu pikir gue.

Namun ternyata, tanpa gue sadari, keputusan itu bikin gue terjebak sama akal bulusnya. Gue masuk ke perangkap yang udah dipasang olehnya.

Tok ... Tok ... Tok

Gue lagi asik mempoles tinta ke kanvas, tiba-tiba ada yang ngetuk pintu. Gue sempet heran, siapa yang datang ke ruang atap malam-malam begini. Biasanya kalau gue lagi ngelukis di sini, jarang banget ada orang yang datang.

"Siapa?"

"Endah, Non."

"Ah, Endah ... silakan masuk."

Pintu terbuka setelahnya, tampak di nampan yang ia bawa, berdiri kokoh segelas susu dan juga semangkuk biskuit.

"Izin Non, dari tadi Non belum makan apa-apa, jadi saya bawakan ini."

Melihat Endah seperhatian itu, gue udah ngira kalau Endah dapet perintah dari Om Bram supaya merhatiin asupan makanan gue selama melukis. Karena yang bawa perempuan berusia seperempat abad ini adalah Om Bram.

Dengan usia Endah yang terbilang lebih muda dari ART lain, Om beralasan kalau perempuan itu bisa jadi 'teman' buat gue. Kalau Om lagi ada kesibukan yang bener-bener gak bisa diganggu gugat, dan gue lagi dalam keadaan gak baik-baik aja, Endah bisa jadi tempat buat gue berkeluh kesah.

"Ih, makasih banyak Endah, udah perhatian sama aku. Nanti aku makan, ya," jawab gue antusias, buat ngehargain usaha Endah.

"Baik, Non. Saya permisi dulu."

Gue sama sekali gak nyadar soal ini dari awal, mungkin karena gue udah terlanjur dibutakan sama perasaan benci ke Ayah yang udah ngebakar hasil jerih payah gue. Bener-bener rencana yang luar biasa Om Bram. Gue sampai lengah dibuatnya.

Sembari mengeringkan rambut pake hair dryer, gue jadi kepikiran kemungkinan lain. Om Bram pasti udah ngerencanain semua itu dengan matang. Dia pasti udah menduga dua hal. Pertama, gue gak bakalan ngeh saking keselnya sama bokap. Kedua, di samping kekeselan ke bokap, gue sadar bahwa yang Endah lakukan adalah atas intruksi dari Om Bram. Mungkin itu juga yang bikin Om Bram nyuruh gue buat 'duduk manis aja'.

Ini bener-bener rencana gila. Om Bram sengaja menabuh genderang perang, membiarkan gue menyadari akal bulusnya. Karena kalau nantinya gue koar-koar kalau Om Bram itu jahat, orang-orang gak akan percaya, paling cuma dianggap candaan mengingat keeratan kami selama ini. Selain itu, gue juga gak berdaya buat ngelawan dia, dukungan keluarga belum sekuat itu, Ayah juga baru bisa buka hatinya, kan?

Tingtong, bel kamar berbunyi. Itu Ayah, dia ngajak gue sarapan bareng.

"Kamu udah mandi?" tanya Ayah setelah gue ajak buat duduk dulu, karena belum selesai ngeringin rambut.

"Udah dong. Ini Andra mandinya jadi agak siang sih, soalnya jam tiga rasanya masih dingin gitu, Yah. Makanya tadi asik selimutan sambil main hp."

"Jam tiga?" Dahi Ayah berkerut. Ayah kayaknya gak tau kebiasaan gue yang suka mandi jam tiga pagi.

"Ah, Ayah gak tau, ya. Selama ini, aku suka mandi jam tiga pagi. Abis itu, aku lanjut nyari-nyari inspirasi buat ngelukis."

"Sepagi itu?" Ayah terkejut sekaligus keliatan ada kagum gitu sama gue. Pasti Ayah gak nyangka, anak perempuan yang selama ini dia anggap gak guna, ternyata serajin itu buat bangun pagi. Ahahaha ... gue jadi bangga diri gini.

"Wah, Ayah sih mending mandi pas matahari udah terbit sejam-dua jam," lanjutnya.

"Pantesan bau." Gue tertawa renyah, sedangkan Ayah mendelik, gak terima dikatain bau. "Gak pa-pa Ayah, kan goal kita juga beda. Diandra ngerasa nyaman aja bisa ngelukis di dini hari, tenang gitu rasanya. Maklumlah, pelukis," sambung gue.

"Anak Ayah ternyata sehebat ini," pujinya.

Gue melirik Ayah dengan tatapan heran. Sejak kapan kepala Ayah kepentok? Kok dia muji gue gini? Ini masih pagi loh!

"Ayah sempet nyari tahu soal kamu, ternyata kamu sering banget dapet kejuaraan melukis, dan banyak orang jadiin kamu panutan. Kamu juga beberapa kali dapet award, di dalam dan luar negeri. Luar biasa. Ayah ke mana aja, ya, gak tau kamu sehebat itu. Ayah malah netapin standar, kalau kamu bukan pebisnis seperti Ayah, berarti kamu gak hebat. Padahal, kamu sudah hebat dengan sendirinya, gak perlu ikut jejak Ayah."

"Gak perlu ikut jejak Ayah?" Gue mengulang beberapa kata terakhir Ayah. "Maksud Ayah, Diandra sekarang bisa fokus di dunia lukisan? Gak perlu ikut kerja di perusahaan?"

"Ayah gak bilang begitu."

Kenapa gue kesenengan banget sih? Bener kata Ayah, kapan dia bilang gak akan maksa gue lagi buat kerja di perusahaannya. Gak ada. Kenapa gue harus berekspektasi lebih sama Ayah? Ego Ayah gak akan ngizinin itu.

"Justru, Ayah berharap kamu bisa bantu perusahaan Ayah. Kamu kan, sejago itu ngelukis, Dra. Ayah pengen kamu jadi mentor di bagian desain. Kamu gak perlu kerja berat-berat, cukup suruh-suruh mereka sesuai keinginan kamu. Kamu pernah dapet penghargaan di desain digital, kan?"

"Ayah tau dari mana aku pernah dapet penghargaan desain graphis terbaik? Aku paling ngerahasiain soal itu loh. Bahkan, aku lombanya pake nama anonim."

"Ya, Ayah tau aja. Apa sih yang gak bisa Ayah tau?"

"Ih, Ayah!" Gue ngerangkul lengan Ayah. "Btw, makasih Ayah udah mau ngertiin aku. Tapi aku gak akan langsung nerima tawaran Ayah. Ayah harus ngajuin kontrak dulu dong, Diandra ini bukan sembarang orang, orang ahli nih," gurau gue, tapi serius.

"Iya, nanti Ayah kirim kontraknya. Sekarang kita sarapan dulu, yuk."

"Yuk!"

***

Garut, 21 Mei 2024

Stay sosweet anak and bapaknya, semoga Om Bram gak liat, biar gak digangguin :")

Pantengin terus yaa gaes yaa

See you



I'm in Black (Cat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang