Gue tersihir dengan refleksi yang terpantul di cermin. Rasanya gak mau beralih ke pemandangan apa pun itu. Kalau ber-hiperbola, rasanya ini lebih memesona dibanding lukisan favorit gue, pemandangan ini lebih menyihir. "Makasih banyak Kiraann salehah yang cantiiik," puji gue sambil menyentuh kedua pipi.
"Iyaa Diandra salehah. Kamu juga cantik. Gak nyangka loh kamu secantik ini kalau pake hijab. Dari dulu dong harusnya!"
Aku menyunggingkan senyuman, lalu membalikkan tubuh dan memeluk Kiran erat. "Gue mau repetisi ucapan gue, mau bilang makasih lagi. Makasih, ya, lo udah selalu ada buat gue."
"Insyaallah aku bakal selalu nemenin kamu, kita, kan, besti."
"Jangan ninggalin gue, ya."
"Kamu yang jangan ninggalin aku!" Senyum di wajah Kiran pudar, wajahnya tampak tegas, tatapannya tajam.
Dalam sekejap, obrolan kami yang semanis permen kapas, mengapa jadi seperti ini? Gue cuma bisa menatap kebingungan ke arahnya. Air matanya meleleh, tapi juga tersirat rasa marah di baliknya. Namun, jika dilihat lagi, Kiran terlihat lelah dan putus asa. Tubuhnya beringsut ke lantai, wajahnya ditelungkupkan di balik tangan.
"Kiran?" tanyaku iba.
"Diandra?"
"Zayn? Zayn ... kamu tau Kiran kenapa?"
Zayn diam, tak menjawab. Hanya senyum hangatnya yang tampak di sana. "Kenapa dia tersenyum?" heran, padahal Kiran sedang terisak-isak.
Perlahan, mata gue terbuka. Pencahayaan di tempat ini dimatikan, gelap, tapi tidak terlalu. Masih ada pencahayaan di ruang tengah yang sengaja dinyalakan. Ah, ya, yang tadi itu cuma mimpi. Gue menggeliat, nyenyak banget tidur seabis dikasih makanan kucing premium sama Umi.
Umi orangnya baik banget banget. Pas Zayn sama gue sampai di rumah, Umi udah nyambut kedatangan kami dengan hangat di teras rumah. Dia menyuguhkan teh hangat ke Zayn, sedang gue dibawa ke pangkuannya, lalu diusap-usap lembut. "Ternyata anak Umi bawa anak gadis, ya, ke rumah," begitu kata Umi, lantas membuat Zayn tertawa.
"Ya, gimana, ya. Anak Umi ini terlalu ganteng, sampai diikutin kucing ke rumah," balas Zayn sembari membenarkan poni rambutnya ke belakang. Hati gue tergelitik, baru kali ini ngeliat Zayn PD--percaya diri--begitu. Biasanya gue ngeliat Aziz yang bertingkah begitu. Haha ... ternyata Zayn juga bisa kayak gitu?
"Kamu emang ganteng Zayn," puji gue, yang pastinya bakal kedengeran ngeong-ngeong.
"Waduh, Moza kayaknya mengakui kegantengan kamu, Zayn".
"Umi juga gitu, kan?"
"Haha ... iya deh. Kamu makan dulu gih, Umi mau masak air dulu, nanti kamu mandinya pake air anget."
"Siap, Umiku tersayang," kata Zayn sembari merangkul pundak Umi, kemudian berlalu ke dalam rumah.
Sambutan hangat Umi, bikin gue ngerasa jadi kayak anaknya juga. Mungkin, lewat jari-jemari Umi yang lembut, bisa mengobati rasa rindu gue ke Ibu yang udah gak ada.
Sebentar, kenapa gue ada denger suara orang lagi nangis, ya?
"Ya Allah ... Hamba ...-"
Setelah memastikan bunyi yang gue denger emang tangisan, gue lekas meninggalkan keset dapur yang gue tidurin.
Ini ... yang nangis Zayn?
Pintu kamar Zayn tak tertutup rapat. Gue mengintip di balik celah pintu. Zayn sedang menengadahkan kedua tangannya dan bibirnya terlihat komat-kamit memanjatkan doa. "Pertemukanlah kami kembali di kesempatan terbaik, ya Allah. Innaka anta sami'un wa mujiibud-du'a". Rupanya Zayn sudah sampai dipenghujung doanya. Gue balik lagi aja deh, takut Zayn malu kepergok lagi nangis sama gue.
But, by the way ... Zayn ingin dipertemukan dengan siapa, ya? Orang itu pasti memiliki tempat yang sangat istimewa di lubuk hati Zayn. Kira-kira siapa, ya, perempuan beruntung itu?
...
Pas gue mabuk di pesta ayah, gue pernah bilang ke Kiran. "... Enakan hidup jadi kucing, haha ... tidur seharian gak masalah, makan banyak gak masalah. Gak ada yang nuntut buat jadi orang hebat demi memuaskan ekspektasi egois orang lain." Itu bener, Ran. Selama hidup jadi kucing, gue gak terbebani sama siapa pun dan oleh hal apa pun itu. Gue hidup enak, dimanja, disayang, gak ada yang bentak-bentak, gak ada yang nuntut-nuntut.
Tapi ada minusnya juga sih, gak bisa ngelukis lagi. Kayaknya kalau balik jadi manusia--itu juga kalau bisa balik lagi--tangan gue bakal kaku, karena udah lama banget gak ngelukis. Jadi kangen coret-coret kanvas.
Kiran pasti sedih karena kehilangan bestinya ini. Bestinya udah gak keliatan batang idungnya lagi. Kayaknya dia kesepian? Eh, tapi kayaknya enggak juga, temen pengajiannya banyak. Cuman gue bisa mastiin sih, dia bakal galau banget karena gue tinggal.
Gadis setulus itu berkelahi dengan 'galau'. Pikir gue bernada, lirik aslinya sih, anak sekecil itu berkelahi dengan waktu.
Andai aja gue bisa ketemu Kiran dan bilang gue bahagia banget dengan kehidupan gue yang sekarang, dia pasti gak akan sedih-sedih lagi. Maafin gue, ya, Ran. Gue bikin lo susah lagi, gue bikin lo sedih lagi.
Asal lo tau, Ran. Zayn dan teman-temannya, juga warga di sana memperlakukan gue dengan baik. Setelah KKN selesai, gue milih buat tinggal sama Umi dan Zayn—-ada misi juga sebenernya.
Di sini, gue juga diperlakukan kayak keluarga. Setiap hari, Umi gak pernah absen buat mandiin gue, padahal masih pagi-pagi buta loh! Dimandiinnya pake shampo kucing yang wanginya enak banget, Ran!
Gue jadi inget pas pertama kali Umi mergokin gue berendam di ember. "YA ALLAH! Kamu bisa masuk angin tau, ngapain jam tiga pagi di ember!" Umi masuk kamar mandi dan ngangkat tubuh gue dari ember. "Zayn ... Zayn! Cepet sini, Zayn! Ini kucing ada-ada aja, coba liat!"
Zayn tertawa renyah melihat bulu-bulu gue yang udah lepek kena air. "Umi ... Umi tenang aja, Moza gak akan kenapa-kenapa, dia emang biasa kayak gitu kok."
"Bikin jantungan aja sih kamu, Umi takut kamu kenapa-kenapa, tau!" Gue tersenyum mendengar omelan Umi. Gue lebih menikmati omelan Umi yang mengandung kasih sayang ini, daripada omelan bokap yang cuma pengen gue ngimbangin ekspektasinya.
"Umi mandiin kamu pake shampo, ya, biar bulu kamu bagus. Besok-besok Umi juga yang bakalan mandiin kamu. Awas kalau kamu mandi sendiri lagi! Umi usir keluar, mau?!"
Hahahaha ... Umi baik banget sih! Aku, kan, jadi keenakan tinggal di sini. Mana disediain makanan kucing premium, dikasih vitamin, dibawa berjemur sama jalan-jalan juga. Umi kayak lagi ngasuh anak balitanya aja deh.
"Tahta aku sebagai putra mahkota dan kesayangan ibu permaisuri satu-satunya kayaknya terancam nih!" Zayn saja sampai cemburu.
"Wajar, ya, Umi lebih perhatian sama Moza. Kamu tuh manusia, bisa urus diri sendiri. Moza itu kucing, perlu diurusin, harus dijaga baik-baik. Ya, kan, Moza?"
"Betul, Umi!" / "Meow!"
Love you Umi❤️.
***
Garut, 15 Januari 2024
Hati-hati loh, Zayn, nanti bukan cuma tahta sebagai anak kesayangan aja yang direbut Moza, sertfikat rumahnya juga bisa diembat tuh wkwkwk😂
Stay tuned teruss, ya!😉
Salam hangat, Author🥰
KAMU SEDANG MEMBACA
I'm in Black (Cat)
RandomSaat membuka mata, hatiku terguncang Mahakaryaku dilalap si jago merah Kembali membuka mata, tubuhku berbulu hitam dan berkaki empat Lantas aku bertanya, apa aku dikutuk karena setitik dendam yang membara di hati? Lagi, aku membuka mata, akhirnya k...