Part 18 : Berangsur Pulih

8 2 0
                                    

Kondisi gue berangsur pulih. Alat-alat medis udah dicopot-copotin dari kemarin. Badan gue udah agak enakan, udah gak kerasa pusing hebat kayak waktu itu lagi. Makanya, sekarang gue bisa jalan-jalan di taman rumah sakit tanpa harus duduk di kursi roda dan tanpa ditemani Suster Ratna.

Gue sengaja ke taman sendirian pagi-pagi begini, pengen me time sembari menikmati suasana pagi, sekalian nunggu sahabat tersayang gue dateng ke sini. Setelah sekian lama, Kiran baru bisa nyempatin datang di hari ini. Dia super-duper sibuk, banyak project katanya. Apalagi dia udah mulai ngurusin ekspor, jadi agendanya lumayan padet.

Sembari menunggu Kiran datang, gue membuka ponsel, membuka notifikasi yang masuk. Dari 'Zayn'. Dia ada di rumah sakit sini.

Umi hari ini mau check up, Sayang.

Jangan salah fokus dengan panggilan 'Sayang' di pesan ini. Karena pesan yang gue dapet barusan itu hasil ketikan Umi. Buktinya, setelah pesan itu Umi kirim video dirinya dan Zayn yang ada di area resepsionis.

Cepet sembuh, ya, Umi. Jangan terlalu kecapean sama banyak pikiran🥰. Begitu balasan yang gue kirim.

Kasian Umi, katanya Umi sakit setelah kehilangan Moza. Kucing yang diadopsi dari tempat KKN-nya, begitu menurut pandangan Zayn dan juga Umi. Andai mereka tau, yang kemarin ada di tubuh Moza itu gue ... gimana reaksinya? Ah, gak perlu berkhayal deh, siapa pun orangnya gak akan mungkin percaya kalau gue ceritain.

Zayn tau gue bisa ngenalin dia aja, dia udah terheran-heran. Apalagi tau gue pernah kejebak di tubuh Moza. Nanti dikatain, 'Gila lu, Neng!!".

"Rara udah gak amnesia?" Saking penasaran, Zayn sampe langsung minta telepon waktu pertama kali gue kontak nomor WhatsApp-nya.

Waktu itu, gue bener-bener bingung mau jawab apa supaya gak dikatain gila. Sampai akhirnya gue kepikiran suatu alasan, "Emm m-maaf, Kak? Rara?" Gue gugup banget jawabnya. "D-dulu Kiran pernah kasih liat foto sepupunya. Kebetulan aku kenal wajah Kakak, jadi mohon maaf, Kak, tadi nyebut nama. Gak sopan hehe."

Gue denger ada nada kecewa di ucapan Zayn, mungkin dia berharap banget 'Rara'-nya ini inget sama masa kecil manis yang pernah dilalui bersama. Tapi, kenyataannya gue emang masih gak inget apa-apa, mana mungkin gue ngakuin hal yang gak masuk akal buat manusia normal pada umumnya, kan?

Soal foto itu, emang bener sih Kiran pernah nunjukin foto keluarga-keluarganya termasuk yang domisilinya di Jakarta, cuman katanya belum sempet dia temuin. Hanya saja, waktu Kiran nunjukkin foto-foto itu gue gak bener liatnya. Mata gue emang liat ke foto, tapi kayak, 'Oh gitu, yaudah iya'. Gak bener-bener dihafalin gitu mukanya, otak gue juga fokusnya ke tempat lain.

Durhaka banget gue, ya, sama besti sendiri.

Jadi, kalau Zayn nanya ke Kiran dia pernah ngasih liat fotonya ke gue, Kiran bakal mengiyakan. Gue gak mengada-ngada.

Alasan gue bisa akrab sama Uminya Zayn, itu karena Umi ngajak gue ngobrol waktu di telepon itu. Umi ngajakin kenalan, terus tanya-tanya soal aku, juga hubunganku sama Kiran, "Maaf kalau sering direpotin sama Kiran, ya."

"Enggak gitu kok, Umi. Justru aku yang sering repotin Kiran hehe."

"Kapan-kapan main ke rumah Umi, ya, Sayang. Nanti Umi masakin makanan kesuk--"

Umi sempet mau keceplosan tentang makanan kesukaan gue. Mungkinkah waktu kecil keluarga kami sedekat dan sehangat itu, sampai Umi tau makanan kesukaan gue?

Umi kemudian meralat perkataannya. "Makanan kesukaan Kiran, iya makanan kesukaan dia. Dia itu suka banget makan soto Bandung. Kamu wajib cobain deh, apalagi masakan Umi tuh top markotop."

"Hehe, iya Umii. Kalau ada waktu nanti Diandra mampir."

Waktu itu gue lumayan lama ngobrol sama Umi. Sampai dia cerita kalau dia habis dari rumah sakit, tensinya naik katanya. Umi lanjut ngomongin hal-hal random. Wanita teduh itu memang selalu bawa nuansa hangat dan nyaman dalam setiap kata-katanya. Hal itu sukses bikin gue kangen dipeluk-manja sama Umi seperti saat gue masih jadi Moza.

Umi ....

"Assalamu'alaikum, Cantik."

Gue tersadar dari lamunan, lantas terenyum lebar saat mendengar suara lembut dan menenangkan itu. Kiran. Dia sudah ada di sini. Mata gue melirik ke arah dia yang langsung duduk di samping gue. "Wa'alaikumsalam, Ukhtii."

"Ini," Kiran menunjukkan paper bag berisi barang-barang yang gue pesan. "Aku bawa titipan kamu, ada alat lukis sama kanvasnya juga. Aku juga bawa mukena sama hijab instan sebagai hadiah buat kamu karena udah pulih plus mau berubah ke arah yang lebih baik." Kiran memeluk gue.

"Kangen banget, tau, gak? Masyaallah, aku bener-bener bangga sama kamu An. Semangat terus, ya, dan semoga istiqamah," ucap Kiran sembari menepuk-nepuk punggung gue.

"Alhamdulillah, makasih banyak, ya, Ran. Kalau lo gak bawelin gue selama ini, gue gak akan sampai di titik ini."

Kiran melepas pelukan, lalu menggeleng pelan. "Hadza min fadhli rabbii."

"Hah? Apa?" Gue gak paham. Yang diucapin Kiran itu doa atau apa?

"Artinya, 'ini termasuk karunia Tuhanku', gitu Diandra Sayang."

"Wah, indah banget kata-katanya!"

"Iya, An, emang seindah itu."

"Lo harus ajarin gue banyak hal pokoknya, Ran. Terus, nanti kalau ada kajian, ajak-ajak gue, ya."

"Insyaallah, siapp!" kata Kiran sembari memperagakan hormat yang sering dilakukan ketika upacara bendera.

Bahkan di saat gue udah sebegitu jauhnya sama Tuhan, dia mengirimkan seorang malaikat dalam hidup gue. Kurang bersyukur banget gue selama ini. Terima kasih, ya Allah. 

Gue ngeluarin kanvas beserta cat air dari totebag yang Kiran bawa. Udah lama banget jari jemari gue gak megang benda-benda ini. Peluk-cium gue lakukan ke 'benda mati' yang dapat menghidupkan ide dan imajinasi. 

"You're my everything. And yeah, i miss you so much," lirih gue, agak lebay emang.

"Btw, lo gak keberatan nemenin gue ngelukis, Ran?"

"Halah, gak usah ditanya. Lagian, ini bukan pertama kalinya aku liatin kamu ngelukis, kan? Nanti aku sambil video-in deh, lumayan buat konten di Instagram kamu."

"Aaaa pengertian banget sih sahabatku satu ini, jadi makin sayaaang." Kini, giliran gue yang duluan meluk Kiran.

"Makin sayaaang jugaa sama Diandraa."

***

Garut, 7 April 2024

🫂😽

Part ini cukup maniss yaaa☺️🍭

Pantengin terus yaa ceritanya, jangan lupa vote, komen, and share🙌🤗

@nah.aida23 - my IG

I'm in Black (Cat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang