Sehari kemarin gue ngabisin waktu seharian di kamar. Keluar kamar cuma pas Kiran sama Zayn dateng. Sisanya, cuma moles-moles cat ke kanvas, sampe jadi lukisan tersuram yang pernah gue bikin. Aura melankolisnya kuat banget.
Latar lukisan yang gue buat pake warna-warna gelap, dan inti dari lukisannya adalah seorang gadis yang menatap refleksi dirinya dalam wujud kucing. Mata si gadis dilukiskan bengkak karena lelah seharian menangis, telapak tangannya berdarah, dan tubuhnya tertancap puluhan panah. Dan untuk refleksi kucing hitam yang sedang ia tatap di cermin rerak itu seperti wujud yang akan disapu angin, tidak utuh.
"Gaya lukisan gue yang indah, cerah, ceria, malah suram begini ... haha," gumam gue.
Walau begitu, perasaan gue yang gak karuan kemarin, jadi tersalurkan ke lukisan. Hati gue jadi kerasa lega.
Setelah memajang kanvas itu di sudut tempat lukisan-lukisan gue terkumpul, gue lantas merebahkan tubuh dan membuka ponsel. Jari-jari gue lihai mengetikkan pesan.
Makasiiih banyaakk Kiran, brownisnya enak bangeett-ngeett-ngett ^.^
Mood aku jadi naik nicch, sarangbeo :*
Nitip salam buat Umi yaaa
Ke Zayn juga deh. Sotonya enaakk bangeett, aku sukaaa.
Nambah nafsu makan
Aku sampe minta nambah nasi berapa kali. Kuahnya pun abis tak bersisa wkwkwk
Sayangnya gue gak dapet kesempatan buat nerima balesan langsung. Kiran sedang offline. Jadi, gue taruh lagi benda pipih itu di atas kasur.
Tok ... tok ... tok
"Non, maaf. Non Diandra mau sarapan bareng atau di antar aja sarapannya ke sini?"
Salah satu ART rumah bertanya seperti kemarin. "Mau bareng-bareng aja," balas gue cepat.
"Baik, Non. Silakan turun ke bawah, nasi goreng spesial Mbok Nah sudah menunggu."
"Wah! Nasi goreng Mbok Nah!" Air liur gue rasanya mau netes. "Siap, aku turun, ya! Makasih banyak!" Suara gue agak melengking sedikit, karena antara gue sama ART itu kehalang pintu. Letak kasur ke pintu, ya ... lumayanlah.
Beres rapi-rapi sedikit, mastiin kalau muka gue bukan muka bantal. Gue langsung turun ke bawah dan menjumpai Ayah, Kak Andre, Kak Ana, dan Lean udah mulai makan nasi goreng Mbok Nah.
Sebelum bahas soal Mbok Nah, gue rasanya pengen ngacungin jempol buat Kak Andre sama Kak Ana yang manut perintah Ayah buat ninggalin dulu keluarga kecilnya cuma buat jaga-jaga kalau gue kenapa-napa. Maafin aku deh Kak Riana sama Kak Devan beserta keponakan-keponakanku. Hari ini mereka boleh pulang ke pelukan kalian, aku udah baik-baik aja.
"Akhirnya turun juga putri kita," kata Kak Andre, entah maksudnya ngeledek atau memuji. Saking seringnya diperlakukan gak baik, gue jadi gak bisa bedain.
Gue bales senyum aja, lalu duduk di kursi. Tanpa ba-bi-bu langsung hap nasi goreng.
Nasi goreng Mbok Nah memang gak ada duanya!
Oh ya, Mbok Nah—nama panjangnya Hasanah—udah ikut kerja sama keluarga ini pas Ayah sama Ibu baru menikah sekitar tiga bulan. Sekarang Mbok Nah udah sepuh, umurnya udah mendekati kepala tujuh. Tapi badannya masih keliatan bugar. Mbok sebenernya udah pensiun. Aturan di rumah ini, pekerja yang udah umur 60 tahun harus pensiun dari pekerjaannya. Makanya, kedatangan Mbok Nah terutama nasi goreng spesialnya adalah kesempatan yang gak dateng setiap hari. Istimewa!
Bokap biasanya ngundang Mbok buat masak kalau ada hal-hal istimewa. Kayak mau ngejamu tamu penting, perayaan ulang tahun keluarga, atau sekedar 'kangen' masakan Mbok Nah. Mungkin kali ini, bokap ngundang Mbok supaya semangat makan gue naik.
KAMU SEDANG MEMBACA
I'm in Black (Cat)
RandomSaat membuka mata, hatiku terguncang Mahakaryaku dilalap si jago merah Kembali membuka mata, tubuhku berbulu hitam dan berkaki empat Lantas aku bertanya, apa aku dikutuk karena setitik dendam yang membara di hati? Lagi, aku membuka mata, akhirnya k...