Part 21 : Duduk Manis Saja

12 2 0
                                    

Gue menyusuri koridor dengan perasaan yang kurang bergairah. Di satu sisi, karena harus menyudahi kebersamaan, di sisi lain harus menata hati karena bakalan tatap muka sama Om Bram. Yaa, gue gak bisa lama-lama bareng Kiran, Zayn, sama Umi, sebagai alibi ngehindarin Om Bram, karena udah masuk jam makan siang plus makan obat juga. Jadinya gue pamit duluan sama mereka sehabis ngasih makan kucing.

Sampai di koridor ke arah ruang inap, gue ngeliat Om Bram udah nenteng tas kerjanya--dia keliatan mau pergi. Perasaan gue mendadak lega sesaat setelah ngeliat itu.

"Om, mau ke mana?" tanya gue duluan dengan wajah semringah. Mencoba terlihat senatural mungkin, seolah gue masih belum tau apa-apa soal topeng Om Bram.

"Eh, Dra? Kamu dari mana aja? Kata Sus Ratna, tadi kamu mau ke kamar, kok gak ada? Om nunggu lama loh ...," tuturnya terlihat agak kecewa.

"Tadi aku pas mau ke kamar, tiba-tiba dapet telepon dari Kiran, katanya salatnya di mushola aja, sekalian mau ngenalin aku ke keluarganya yang di Jakarta."

Sejujurnya gue sedikit takut bilang begitu ke Om Bram. Takut Kiran, Zayn, maupun Umi dapet perlakuan yang sama kayak yang dilakuin Om ke Moza. Tapi, kalau gue bohong, justru itu bakal nimbulin curiga. Siapa tahu mata-mata Om dari tadi ngawasin? Eh-- Deg!

"Keluarga?" Om Bram keliatan kayak orang yang, 'itu anak gak kapok apa masih usaha buat deketin Diandra sama mereka?'. Gue harap ini gak berakibat fatal sih yaa. "Tumben kamu mau ketemu keluarga temen?"

Gue menggaruk belakang kepala yang tentu aja enggak gatal sama sekali. "Gimana, ya, Om? Gak enak mau nolak Kirannya, dia udah banyak baik sama aku selama ini, masa aku gak bisa ngorbanin rasa males aku buat hal itu?"

"Hmm ... Jujur, Om sedikit kecewa sih. Kesannya kayak Kiran yang notabene orang baru di hidup kamu, malah diprioritasin. Tapi Om yang udah lama baik sama kamu, kamu malah-"

"Enggak gitu, Om!" Cepat-cepat gue menyela, takut Om Bram makin kesel sama Kiran. Takutnya Om Bram malah neror Kiran apa gimana--yaa overthinking gue sih.

"Bukan karena Om telat dateng ke pesta dan gak belain kamu waktu kamu mabuk di sana, terus kamu jadi berubah gini, kan?"

Ngeliat ekspresi Om yang cemburu sama ponakannya yang justru keliatan lebih akrab sama sahabatnya, bikin gue jadi bimbang, apa bener Om Bram sebusuk yang Zayn pernah katakan? Om juga keliatan ngerasa bersalah sama kejadian itu, dan perasaan gue menangkap sinyal kalau Om Bram itu tulus. Namun, logika gue kembali mengingatkan tentang perusahaan Brawn. Pengkhianat!

"Ih, Om ngomong apa sih? Jangan gitu ah. Aku gak nyalahin Om sama sekali. Justru aku bersyukur banget Om gak ada di sana. Kalau ada, bisa-bisa Om marah-marah sampe ngebakar seisi vila. Kan bahaya!" Gue tertawa renyah, mencoba bergurau, tapi mungkin gak kedengeran lucu? Ekspresi Om Bram sama sekali gak keliatan bahagia.

"Kalau itu yang bisa Om lakuin, Om lakuin Diandra. Biar tau rasa Ayah kamu tuh!"

Mata gue sontak membulat, gue gak nyangka Om Bram bakal nanggepin kayak gitu. Iya, gue tau, pasti kedengeran logis karena Om yang deket sama ponakannya ini ngerasa gak terima sama perlakuan keluarga yang nindas dia. Dia juga suka ngomong hal agak berbahaya gitu selama ini, kayak ...

"Nanti pulang dari kantor Om gebukin aja tuh Ayah kamu biar tau rasa!"

"Apa? Ayah kamu kayak gitu?! Pulang dari London Om sikatt!"

"Di ulang tahun Lean kamu gak dianggap? Wah, perlu dikasih pelajaran tuh Ayah kamu. Nanti Om ajak duel di ring tinju aja deh!"

Tapi, itu semua Om Bram ucapin dengan nada jenaka, alias cuma candaan buat ngehibur gue aja. Paling aslinya Om Bram cuma negur Ayah secara face to face.

Terus kenapa sekarang Om ngomong kayak gitu pake nada serius? Dan seolah gak peduli sama nasib banyak orang di pesta itu?

Om Bram mem-puk-puk kepala gue. Dan sebelum berpamitan, gue sukses dibikin kaget sama pernyataan dia, "Gak usah terlalu dipikirin, karena gak semua hal harus kamu tau. Cukup duduk manis aja."

...

Senyuman miring dan nada bicara yang berat di akhir pembicaraan itu bikin gue gak bisa tidur siang kayak biasanya. Bikin semua makanan yang masuk ke mulut gue tiba-tiba udah abis aja, gak kerasa--karena melamun terlalu dalam.

Om Bram ... beneran seberbahaya itu gak sih?! Gue akui, gue masih punya sisi denial.

Tapi, ketakutan gue sesaat setelah menyadari kalau Om Bram menaruh mata-mata, menguatkan kekhawatiran gue yang lainnya. Bisa jadi Om Bram udah tau alasan yang sebenarnya tentang kenapa gue gak jadi salat di kamar, karena mata-matanya udah ngasih info ke dia soal gue yang nguping.

"Diandra?" Ayah memanggil, gue baru sadar kalau Ayah ada di sini (lagi). Tadi dia emang pergi ke ruangan Dokter Mala buat minta persetujuan rawat jalan. Ya, gue bakal pulang ke rumah malam ini.

"Iya, Ayah?"

"Kamu udah boleh pulang. Sekarang kita ke basement, yuk? Nanti barang-barangnya biar Sus Ratna yang bawa."

Gue juga perlu mempertanyakan tentang kenapa Ayah tiba-tiba baik dan hangat begini? Angin apa yang bikin Ayah jadi keliatan kayak gini?

"Iya, Nona Diandra, nanti barang-barangnya saya bawa ke lobi," timpal Sus Ratna.

Gue berhambur memeluk Sus Ratna terlebih dahulu, tanpa pikir panjang sebenernya, alias refleks aja. Bawaan hati nih, pengen banget peluk orang, perasaan gue gak nyaman banget. Semoga bisa bikin lega.

"Makasih, Sus Ratna udah jagain aku selama ini. Makasih juga udah bantu aku inget hal-hal tentang salat. Makasih udah baik banget sama Diandra. Makasiih banyaakk."

"Sama-samaa, Sayang. Jaga diri baik-baik sama jaga salatnya, yaa. Kalau kangen nanti kita bisa kontek-kontekan."

Mendengar itu, gue lekas melepas peluk. "Ih, Sus Ratna kepedean banget sih! Siapa juga yang bakal kangen sama Sus?"

Gurat-gurat kecewa tampak jelas di muka Sus Ratna. Gue tertawa renyah melihatnya. Cepet-cepet gue ngomong lagi, sebelum Sus Ratna salah paham. "Iyalah, Sus. Masa Diandra kangen doang? Bakal rindu tau, Sus! Yang kata Dilan, 'rindu itu berat'. Lebih berat daripada kangen itu!"

"Udah ah, jangan digodain Susternya. Keliatan mau nangis tadi, kasian," tegur Ayah.

"Bapak bisa aja, enggak gitu kok, Pak," ucap Sus Ratna, gengsi buat ngaku. Padahal tadi keliatan jelas, air matanya mau netes. Gue ketawa aja, haha ....

"Sekarang kita ke basement, yuk?" Ajakan Ayah terdengar manis. Rasanya ini pernah terjadi dulu pas Ayah ngajak jajan? Ingatan gue agak samar-samar.

Tiba-tiba Ayah nyodorin tangannya buat gue genggam. Hati gue seketika ngereog, BANGUNKAN AKU JIKA INI MIMPI?!!

"Ayo?" Ayah mengulang ajakannya.

Gue pun menggapai jari jemarinya, lalu berjalan beriringan bareng Ayah ke basement.

Semoga momen kayak gini bisa awet. Apa gue kasih formalin aja, ya? Takut Ayah berubah ketus lagi soalnya.

***

Garut, 28 April 2024

Kira-kira, kenapa ya Pak Wanda Wirawan alias ayahnya Diandra jadi baik begitu?

Apakah ada sesuatu?

Jeng ... Jeng ... Jeng ...

Sampai jumpa di part berikutnya✨🙌

Pantengin teruss!!🤗


I'm in Black (Cat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang