Part 28 : Pencarian

4 0 0
                                    

Gara-gara Ayah gak mau ngasih tau gue soal di mana keberadaan kunci jawaban—haha, kunci gudang maksudnya—gue malah jadi kayak maling di rumah gue sendiri. Obrak-abrik sana-sini.

Pas ayah gak ada di rumah, gue nyari kunci itu di seluruh sudut ruangan ruang kerja Ayah, sama di kamar Ayah juga. Niatnya mau diem-diem, tapi ujungnya malah ketauan lewat rekaman cctv. Untungnya sih gak diomelin, malah justru nyebelin, dia ketawa-tawa dan nyemangatin gue, "Semangat, ya, nyari kuncinya. Good luck, Honey!"

Huh! Gak ada gitu kasian sama anaknya yang udah amnesia, tapi harus nyari jawaban sendiri? Mandiri banget gue, ya!

Mulai saat itu, gak diem-diem lagi deh nyarinya. Omongan Ayah pas gue ketauan itu, seakan ngasih izin, kalau anaknya yang bernama Diandra ini legal kok kalau mau acak-acak seisi rumah buat nemuin kuncinya.

Selama sepuluh hari, gue ubek-ubek seisi rumah. Gue random aja mikir, mungkin kunci itu ada di dapur. Bisa aja kan, ada di tempat yang gak terduga. Tapi ternyata gak ada. Di kamar gue, kamar-kamar saudara gue juga gak ada. Di post satpam gak ada juga.

Gue nyari lagi di area kolam renang, area taman, nyari di sela-sela pot tanaman, barangkali ada. Gue juga nyari di ruang mushola, ruang keluarga, sampai kamar mandi, gue cari! Tapi kagak ada juga.

Setelah sepuluh hari, gue gak nyerah dong buat nyari. Ini demi mengingat semua kenangan masa lalu, apa pun nanti resikonya.

Gue nyari lagi ke ruangan yang bakal ngeluarin effort gede, ruang perpustakaan. Satu-satu buku gue buka, siapa tau kuncinya nyempil di halaman buku, kan?

Bener deh, nyari kunci di ruang perpustakaan nguras tenaga banget. Gue ngabisin waktu lima hari di sini, dan hasilnya ... sama aja, nihil! Gak ada kunci gudang di sini.

"Seneng deh, perpus jadi rapi dan bersih setelah kamu rutin datang ke sini selama lima hari berturut-turut. Semangat terus, ya, Dra!"

Ayah masih aja ketawa-tawa ngeliat effort gue yang gak main-main buat nyari sebuah kunci.

Kapan Ayah mau luluh ngasih tau? Gak kasian emang sama anaknya? Malah disuruh semangat terus, sebel!

"Tau, gak? Kenapa kuncinya gak ketemu terus?" Gue nengok cepet ke Ayah yang lagi buka halaman buku, barangkali inilah saatnya Ayah ngasih bocoran tentang kunci itu. "Itu artinya, ini bukan timing yang tepat buat kamu inget hal-hal itu."

Gue melempar tatapan nyalang ke Ayah. Bisa-bisanya gue ngira Ayah bakal ngasih tau. Pendirian Ayah emang gak bisa dianggap remeh, pendiriannya sekuat karang.

"Kalau nyari tuh, ya, jangan jauh-jauh. Gimana sih kamu?"

"Loh ...?" Gue heran kenapa Ayah ngomong kayak gitu. Perasaan, gue cuman nyari di rumah aja, gak sampe ke rumah tetangga. Kok dibilang jauh?

"Wah, pemandangan yang sangat asing sekali!" Tiba-tiba suara itu datang dan ngalihin pandangan gue sama Ayah ke arahnya. Om Bram.

"Kak Bram!" sapa Ayah hangat, dia langsung bersalaman sama Om Bram. "Urusan sama Kontruksi Damar aman, Kak?"

"Aman, aman. Lancar jaya kok."

"Syukurlah."

"Jujur, ini bener-bener pemandangan yang aneh. Kalau Wanda sih biasa, ya, di perpustakaan. Dia emang suka buku. Lah ini, Tuan Putri yang jarang nginjek perpustakaan kok ada di sini?" Om masih ngungkapin keheranannya.

"Lagi suka buku dia, Kak. Bahkan, bukan cuma suka buku, perpusnya dia rapihin sama bersihin. Ajaib, kan?"

Gue sempet khawatir kalau sampai Ayah ngasih tau Om Bram soal kunci gudang yang memuat kenangan gue yang hilang itu. Bisa-bisa Om Bram ngehalangin langkah gue buat ke sana, kan?

Tapi Syukurlah, Ayah ngasih alasan lain ke Om Bram. Dan itu juga jadi tanda, kalau gudang adalah ruang yang bener-bener private. Apalagi Ayah pernah bilang kan, kalau soal kunci gudang itu cuma dia, Ibu, sama gue yang tau.

"Wah, ajaib! Kena sihir apa dia?"

"Haha, sihir Wanda!" kata Ayah sambil nepuk-nepuk dadanya.

"Hahaha."

"Kakak ke sini mau ajak Diandra jalan-jalan, ya?"

"Iya. Kan udah awal bulan nih, jadwal nge-date kita. Ya, kan, Dra?"

Gue yang lagi naro buku-buku ke rak, mendadak bergeming. 'Jadwal nge-date kita'. Awal bulan?

"Jangan-jangan kamu gak inget lagi, karena abis kena sihirnya Wanda?" kata Om Bram diakhiri tawa. Ayah juga ikut tertawa.

"Oh iya!" Setelah semua hal yang gue alami, terjebak di tubuh Moza, dapet clue tentang kebusukan Om Bram, nerima kenyataan kalau gue amnesia karena trauma, sampe pencarian 'kunci' jawaban, gue jadi lupa sama tanggal quality time rutinan sama Om Bram tiap awal bulan.

"Mentang-mentang udah disayang Ayah, jadi lupa sama Om-nya. Padahal nih," Om Bram menepuk-nepuk dadanya, "Om yang nemenin kamu selama ini. Tega sih, kamu lupain Om kayak gitu."

Entah kenapa gue ilfeel ngeliat Om Bram sok-sok-an tersakiti. Gue bersidekap di depan dada. "Yang harus protes tuh aku. Om Bram sekarang tuh udah jarang chat aku, tau!"

Setelah dia bilang kalau gue harus duduk manis, dia langsung membentangkan jarak. Ini juga jadi salah satu faktor kenapa gue lupa soal 'nge-date'.

Gue jadi kepikiran deh, dia punya rencana apa dengan manfaatin tanggal quality time? Padahal, dia bisa aja menyudahi quality time ini, setelah tau gue terindikasi curiga sama kebusukan dia.

"Om lagi sibuk-sibuknya, Dra. Kamu mana paham sih."

"Iya deh, Diandra emang gak paham apa-apa kok. Makanya, tinggal duduk manis aja, kan, Om?"

Senyum ramah-tamah itu berubah. Senyum Om Bram terlihat lain setelah gue nyinggung soal 'duduk manis'. "Hmm, udah deh daripada jadi berantem. Mending kamu siap-siap sana. Mandi, terus dandan yang cantik."

"Iya deh, Om Brama yang wangi," ledek gue sambil julurin lidah. Gue ikutin dulu deh arah permainan ini ke mana.

"Iya, bau!" balasnya tak mau kalah.

***

Garut, 24 Juni 2024

Gak terasa yaa readers, "Meow!" yang udah bertransformasi jadi "I'm in Black (Cat)" udah setahun!! ^.^

Thanks semuaa yang udah ngikutin cerita ini sampai sini


Salam terhangat dari Author ;)

I'm in Black (Cat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang