Part 31 : 'Rumah'

9 0 0
                                    

Hati gue kacau balau, kayak abis ditimpuk beras 100 kg. Hari-hari yang gue isi dengan semangat buat nyari kunci belakangan ini, sekarang melayang entah ke mana gara-gara sandiwara luar biasa si pria tua yang jago bermain lidah itu!

Kalau udah kayak gini tuh, jadi sumpek buat tetep stay di rumah. Pasti Ayah yang naif itu bakal buka sesi interogasi pas kita udah sama-sama di rumah. Dan gue gak suka itu. Interogasi Ayah itu maksa, walaupun gak salah, dia bakal terus neken gue supaya ngakuin sesuatu yang sama sekali gak gue perbuat.

Itu pernah kejadian waktu gue dituduh yang enggak-enggak sama sodara sendiri, atau rival gue di sekolah. Ayah lebih mentingin orang lain, naif, tapi kadang juga di tingkat 'kurang ajar', karena lebih mentingin citranya di depan orang daripada memperpanjang masalah cuma buat ngasih ketegasan kalo anaknya gak salah.

Oopssii! Emosi banget gue, sampe gak sadar ngata-ngatain Ayah lagi. Tapi gimana, ya? Namanya juga kebiasaan lama nih, selama ini udah biasa ngerasa rumahnya bukan tempat 'pulang'.

"Kenapa, ya? Keluarga gue gak normal-normal aja gitu kayak keluarga orang. Malah penuh drama gini, kayak sinetron seribu episode aja."

Tangan kanan Kiran lagi ngelap air matanya, tapi tangan kirinya mewakili sifat baik hatinya itu yang gak pernah gak peduli—nepuk-nepuk pundak gue. Ya, gue lagi kabur ke kostan Kiran, dan gue udah ceritain apa yang terjadi hari ini. Dan betapa lembut hati Kiran, dia nangisnya paling deras daripada yang nyeritain. Huhu ... the real my bestfriend forever.

"Ran. Dulu, 'rumah' gue tuh Om Bram, yang keduanya lo. Tapi sekarang, Om Bram udah bukan 'rumah' buat gue, tapi sarang ular!" Kalo ngeliat gelagatnya sih kayaknya udah dari dulu jadi sarang ularnya, cuma baru sadarnya sekarang. "Tempat yang sekarang gue anggap 'rumah', tinggal lo doang, Ran."

"It's okay, An. Aku bakal jadi 'rumah' yang terbaik buat kamu. Jangan ngerasa sendiri, ya." Seperti biasa, hawa surganya menenangkan keresahan gue.

"Baik banget sih lo, Ran. Please deh, kalo ada niatan nikah dalam waktu dekat, pending dulu, bentaran aja. Biar gue gak kehilangan 'rumah' dulu."

Bukannya berbalas haru, Kiran justru nimpuk gue pake bantal. "Apa sih jadi ke sana? Aku masih terlalu muda buat itu, tau!"

Gue balas tertawa aja. Lucu liat muka kesel seorang Kiran yang biasanya kalem dan anggunly.

"Udah, ah. Mending kita tidur aja, udah malem banget."

"Iya dah, haha."

...

Semalaman gue sengaja matiin ponsel, supaya ruang dan waktu gue buat nenangin pikiran gak direcokin Ayah. Baru pagi ini, di deket gerobak bubur ayam, hpnya gue nyalain. Bener aja, ada puluhan telepon tak terjawab. Kebayang kan, kalo semalem gak dimatiin? Beuh, kayaknya adu mulut gak selesai-selesai sampe pagi.

Gue matiin lagi ponselnya, takut tiba-tiba Ayah ngehubungin lagi. Apalagi ini hari weekend. Dia lagi banyak waktu buat nelponin tersangka yang mau diinterogasi.

Capek banget punya bokap begini. Huft, mending nikmatin bubur ayam dulu aja deh.

"An, abis sarapan nanti mampir dulu ya ke rumah Umi. Aku mau ambil titipan jahitan baju di tetangga Umi."

Sejak tadi hati gue terasa berkabut, mendung, dan suram, tapi setelah denger Kiran mau ke rumahnya Umi, gue spontan ngerasa bahagia banget. Akhirnya punya alasan natural—gak di ada-ada-in—buat ketemu sama Umi dan ... Zayn tentunya.

Kesampingin dulu deh urusan hati, sebenernya gue ada tujuan lain kenapa pengen ke rumah Umi. Gue berharap banget Zayn dan Umi bisa jadi support system buat ngelawan Om Bram. Tentu, caranya nanti gak ujug-ujug, harus pake alasan yang natural, meskipun harus berpura-pura.

"Baju seragaman sama anak-anak start up itu, Ran?"

"Iyaa, bener. Baju formal buat acara perjamuan besar bulan depan," balas Kiran.

"Oh iya, An. Karena ini perjamuan perdana, bakal ada klien dari dalam sama luar negeri, sama ada investor juga. Gimana kalo misalnya lukisan-lukisan kamu nanti dipajang, dibikin kayak galeri seni gitu. Kebetulan beberapa klien ada yang suka lukisan, lumayan tuh," lanjut Kiran.

"Waah, ide bagus, Ran!"

"Ide temenku sih itu. Dia, bisa dibilang nge-fans sama kamu, An. Makanya, dia ngerasa kayak, suatu kebanggaan bisa memajang karya maestro seorang Diandra Wirawan nanti di acara perjamuan."

"Wah, suatu kebanggan juga bisa ikut memeriahkan acara kalian. Nanti dihitung aja secara adil gimana presentase bagi hasilnya. Baru kasih kontraknya ke aku."

Kiran tersenyum bangga sekaligus lega denger gue cukup dewasa dalam hal kontrak. Udah gak kayak dulu yang sangat-sangat naif. Sampe rugi ratusan juta. Belajar dari pengalaman.

"Gampang, nanti aku kirim."

"Oke, thanks!"

"No problem."

...

PRAAKK!

"R-Rara ...," lirih Zayn terkejut pas ngeliat bingkai foto jatuh di deket kaki gue.

"Andra!" Kiran menggoyang-goyangkan tubuh gue, mencoba menyadarkan gue yang tampak bergeming sejak tadi. "Andra, hei! Diandra. Are you okay?"

Tubuh gue beringsut ke lantai, lemas. Kiran gak tinggal diam, dia menyejajarkan posisinya dan menopang tubuh gue supaya gak tergeletak gitu aja.

Gue nutup muka pake dua tangan. Air mata kemudian luruh begitu saja, isak tangis juga turut menggema.

"Ya Allah, kenapa anak Umi satu ini? Kenapa Zayn, Ran?" Terdengar suara Umi lari dari dapur.

"Emm Umi, Diandra liat foto ...."

"Ya Allah. Nak!" Seketika Umi bawa gue ke pelukannya.

***

I'm in Black (Cat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang