'Nge-date with my uncle' awal mulanya dibuat karena gue ngambek sama Om Bram, gara-gara gak diajak jalan-jalan setelah sebulan penuh gak ketemu karena katanya sibuk sama kerjaan. Maklumlah, pas nginjak usia remaja, rasa ingin diperhatiinnya gede banget. Mana kan, waktu itu keluarga pada ketus-ketus, kecuali Om Bram yang enggak tuh.
Ngeliat gue ngambek dalam rentang waktu yang cukup lama, akhirnya Om Bram ngasih tawaran 'nge-date' setiap awal bulan, biar gue gak ngambek lagi.
"Loh, kita kok ke restoran mewah?" tanya gue saat Om Bram membelokkan setir mobil ke restoran yang belakangan ini sedang hangat-hangatnya dibahas para sultan.
"Why not? Sekali-kali nge-date-nya makan makanan mewah."
Gue jadi keinget nyinyiran Kak Ana waktu pertama kali tau gue punya jadwal rutin tiap bulan jalan-jalan sama Om Bram. "Ngabisin duit orang aja sih. Beban banget!"
Semenjak itu, gue sama Om Bram yang biasanya suka makan di restoran bintang lima, belanja banyak hal, bahkan yang mahal-mahal, jadi ngubah konsep kegiatannya. Gue usul supaya kegiatannya diisi sama makan di pinggir jalan, dan belanja seadanya.
Denger begitu, Om Bram awalnya emang heran dan nolak kalau alasan gue cuma karena takut ngerepotin sama ngabisin uangnya. Tapi gue ngeyakinin, kalo makan di pinggir jalan punya nuansa yang berbeda; gue ngaku-ngaku aja kalo ada temen yang cerita keseruannya pas makan di pinggir jalan.
"... terus ya, Om, kata temen aku, ngeliat senyuman si abang yang jualan karena dapet rezeki dari kita itu rasanya bahagia banget. Aku juga pengen ngerasain sensasi itu. Itu juga bisa disebut bantu ekonomi orang lain, kan?" Setelah panjang lebar menjelaskan, Om Bram setuju dan ngaku bangga sama pola pikir gue saat itu.
Padahal, dia gak tau aja, kalo gue beralibi begitu supaya gak dinyinyirin Kak Ana yang malah diikutin sama Kak Andre dan Ayah.
Kembali membicarakan masa kini, seorang waiters jalan di depan gue sama Om Bram, dia nganterin kita ke ruang makan yang udah direservasi Om Bram sebelumnya. Ruangannya mirip kayak pas Ayah ngajak gue makan, terkesan private.
Pas makanan terhidang di meja makan, gue gak langsung makan. Entahlah, bingung harus gimana. Setelah tau beberapa hal soal sisi gelap Om Bram, dan ngeliat perlakuan dia masih sama manisnya seperti dating kita biasanya, hati gue jadi berkecamuk. Harus gimana nyikapin pria yang sesuai dengan idiom 'musuh dalam selimut' ini?
"Kok diem aja? Makan dong. Gak akan Om racun juga," celetuknya. "Lagian kalo ngeracun tempatnya gak sesuai, terlalu banyak bukti."
Hati gue bagai disambar kilat. Berulang kali gue ngerasa bimbang dan denial kalo Om Bram gak sejahat yang orang lain katakan atau bahkan yang gue pikirkan. Tapi, lagi-lagi, dia nunjukkin posisinya. Keangkuhannya berbicara, kalo gue lemah, gak punya backingan—seandainya mau ngebocorin keburukan dia.
"Kok buruk sangka gitu sih, Om? Siapa yang takut diracun? Aku diem cuma karena nge-scanning menu makanan di meja makan dulu aja."
"Oh, ya udah. Makan dong. Om udah bayar mahal buat obrolan empat mata kita malam ini."
Ternyata emang bener, dia punya maksud kenapa masih mempertahankan tanggal dating, walaupun udah ketauan dia owner dari perusahaan pesaing Ayah. Dia mau ngintimidasi gue! Dasar, Om Bram kurang ajar!
Walau hati gue misuh-misuh, isi hati nyatanya ketar-ketir, ketakutan. Gue takut banget disudutin begini. Mana 'sendirian', gak bisa minta tolong ke siapa-siapa.
Tapi, gue harus bisa kuat, harus tegar. Jangan sampai Om Bram ngeliat gue sebagai sasaran empuk. Dia harus tau, gak mudah buat jatuhin gue.
Gue lantas memegang pisau dan garpu buat ngebelah steak di depan mata. Dengan separuh keberanian yang ada, gue bilang, "Ya, terima kasih udah repot-repot nyiapin suasana mahal begini. Padahal, aku gak minta sih, ya."
"Gak repot kok. Anggap aja ini hadiah setelah kamu sembuh dan pulang dari rumah sakit," balasnya. "Ah, iya, ini mungkin hukuman juga buat kamu?"
Gue mengernyit.
"Waktu di rumah sakit kan, kamu udah nguping pembicaraan saya di telepon."
'Saya'. Satu kata yang sangat tegas sekali. Secepat itu dia nganggap gue musuh? Kukira hubungan kita spesial! Ternyata, selama ini, dia baik-baikin gue cuma sandiwara doang. Sakit bangeett! Kalau di lagunya Hindia yang judulnya Evaluasi sih bisa dibilang, "Hatiku terluka sempurna!"
Rasanya pengen nangis banget setelah tau gue dikhianatin kayak gini. Tapi balik lagi, gue harus kuat, gak boleh keliatan lemah di depan orang yang nganggap gue musuh.
"Om takut, ya?" tanya gue menantang.
Mendengar pertanyaan gue, dia malah ketawa kecil. "Takut? Buat apa?"
"Ya, walau kamu tau saya pemilik perusahaan Brawn. Kamu gak bisa apa-apa, kan? Gak ada yang bakalan percaya, sekalipun kamu ngomong begitunya sama Wanda yang baru buka hati sama anak yang pernah 'dibuangnya'." lanjutnya sambil menekankan kata 'baru'.
"Aku ngerti kok, gak usah Om jelasin segala," kata gue sambil nyimpen garpu dan pisau, "Aku baru makan beberapa suap, tapi makanannya jadi kerasa kurang enak."
Baru aja gue beranjak dari kursi, Om Bram langsung cengkram tangan gue, dan rasanya sakit banget.
"Duduk," titahnya.
"Kenapa aku harus nurut? suka-suka aku—"
"Duduk!" Dia mempertegas suaranya. "Saya gak mau ada masalah sekarang ini. Saya yang jemput, saya juga yang anter pulang. Titik."
"Kocak sih. Orang aku mau ke toilet. Takut banget sih jadi orang!"
Gue ngerasa puas banget udah berhasil bikin mood Om Brama yang angkuh itu jadi turun. Cengkramannya mengendor, wajahnya merah padam. Malu kan, tuh! Rasain!
"Saking ambisnya sama niat busuk sih, jadinya lupa ponakannya orang yang kayak gimana. Kalau Om udah bela-belain nyewa suasana mahal, mana mungkin aku pergi gitu aja? Diandra bukan orang yang gak tau cara ngehargain effort orang lain loh, Om!" Om Bram keliatan diem aja, gak ada tanda-tanda mau ngegubris. "Udahlah, aku ke toilet dulu."
***
Garut, 11 Juli 2024
Hallo Readers! Sudah lama yaa tidak berjumpa dengan Diandra ^_^
Semoga ceritanya bisa dinikmati yaa
Thanks for reading ;)
KAMU SEDANG MEMBACA
I'm in Black (Cat)
RandomSaat membuka mata, hatiku terguncang Mahakaryaku dilalap si jago merah Kembali membuka mata, tubuhku berbulu hitam dan berkaki empat Lantas aku bertanya, apa aku dikutuk karena setitik dendam yang membara di hati? Lagi, aku membuka mata, akhirnya k...