Part 32 : Bingkai Foto

2 0 0
                                    

Tadinya gue kepikiran buat pingsan aja, tapi kayaknya bakal terlalu lebay dan ngerepotin gak sih? Secara Zayn yang agamis itu gak mungkin ngangkat tubuh gue ke sofa, karena bukan mahram. Pasti Umi sama Kiran yang bakal kerepotan ngangkat beban ini. Makanya, gue cuma berlagak shock aja, sedikit histeris dan nangis-nangis.

Sumpah, ya, gue beruntung banget pas Kiran sama Zayn nemuin Umi ke dapur, dan gue nemuin bingkai foto kebalik di atas sofa. Kenal banget gue sama bingkai foto itu.

"Moza, mungkin gak, ya, aku sama dia bisa akrab lagi? Nyesek banget, rindu sendirian gini tuh." Waduh, gue jadi inget monolog Zayn kapan hari—saking seringnya Zayn ngegalauin gue, gue gak terlalu inget spesifik harinya.

Pas gue balik bingkainya, foto gue sama Zayn yang lagi megang Moza ada di sana. Mungkin, Zayn abis ngegalauin gue sambil nyisipin foto dia sama Moza—di masa sekarang—ke bingkai itu.

Terjadilah kehebohan atas kesengajaan gue. Pokoknya hal-hal yang berkaitan dengan 'seni', gue jagonya. Akting nangis gue sukses narik perhatian Umi, Zayn, dan Kiran.

Kaca bingkai yang pecah tadi, lagi dibersihin Kiran. Sementara itu, gue dibawa duduk ke sofa sama Umi, dan Zayn ngasih gue air supaya agak tenangan.

Sampai tangis gue mereda, gak ada seorang pun yang buka mulut buat klarifikasi atau apa pun itu. Mereka semua diam. Seolah-olah sedang menunggu, apa yang akan keluar dari mulut gue setelah menangis terisak.

"Aku gak akan nyalahin siapa-siapa. Justru, aku ngerasa benci. Kenapa bisa aku lupa sama kenangan manis di foto itu dan ngebiarin orang lain sedih sendirian?" Gue hirup napas sejenak sambil ngeliat ke arah Zayn, Umi, sama Kiran. Mereka keliatan sedikit terkejut ngedenger pernyataan gue. Entah apa ekspektasi mereka sebelumnya?

"Aku udah tau dari Ayah, kalo aku kena amnesia gara-gara peristiwa traumatis. Tapi, aku gak nyangka, bisa ngelupain orang sebaik Umi dan Zayn? Emm ... apa waktu kecil kita juga berteman Kiran?"

Kiran menggeleng. "Kalo misalnya kamu ngira aku temenan sama kamu karena Kak Zayn, kamu salah. Justru, aku baru tau beberapa bulan ke belakang, kalau kamu itu teman masa kecilnya Kak Zayn."

Ya. Gue tau itu. Zayn bahkan baru bisa ketemu lagi sama gue gara-gara Kiran.

"Sepertinya ini emang takdir, ya? Maafin aku, ya, tadi bikin heboh, Umi."

Umi megang tangan gue. "Gak apa-apa, Sayang. Umi bisa ngerti kok gimana perasaan kamu."

"Kiran juga sempet cerita, kalau kamu udah inget sama sebagian ingatan di masa lalu, ya? Pasti gak mudah banget nerima ingatan itu lagi. Wajar kalau kamu sampai sesedih tadi, wajar kalau kamu ngerasa bersalah. Tapi jangan terlalu membenci diri, ya."

Gue mengangguk lemah seperti orang frustasi, meyakinkan orang-orang di sekitar gue, kalo mentalnya belum bener-bener kuat—fakta sih sebenernya. Aktingnya based on my hearth, haha.

"Aku lagi ngusahain buat bisa kuat, Mi. Masih kerasa banget sakitnya pas inget kembali orang-orang yang benci dan nyalahin Diandra atas kematian Ibu. Tapi, aku gak inget sama sekali tentang kematian Ibu." Oke, ini udah masuk sesi curhat sih, bukan sandiwara lagi. "Entah kenapa tadi tuh juga kerasa nyesek, pas liat foto aku waktu kecil ada di sebelah Kak Zayn. Kayak, ada sesuatu yang gak tau apa, tapi aku gak bisa inget."

"Gak usah terlalu dipaksain buat inget sekarang, Ra. Insyaallah nanti juga kamu bisa inget." Kak Zayn ikut menenangkan.

"Rara ...? Itu panggilan Kak Zayn ke aku dari dulu?"

"Iya, Rara. Dan dulu, kamu gak manggil aku 'Kak', cuma 'Zayn' aja."

"Oh iya? Kok aku gak sopan, ya? Maafin, Kak Zayn."

"Enggak kok, kamu dari dulu juga sopan. Emang aku yang minta kok dulu, supaya kerasanya lebih akrab aja gitu."

"Kalo gitu, sekarang aku boleh panggil 'Zayn', tanpa 'Kak'? Supaya sekarang kita tetep akrab kayak dulu?"

Kak Zayn menyunggingkan senyuman. "Boleh, Rara."

Ya Allah, manisnya senyum Zayn!!

"Makasih, Zayn!"

"Sama-sama, Rara!"

...

Berkat akting gue tadi, dinding penghalang mengenai cerita masa lalu yang indah bersama Zayn sudah tersingkap. Gue gak harus repot-repot ngebongkar kejadian di luar nalar, di mana gue tau soal masa kecil kita berdua pas masuk ke tubuh Moza.

Zayn dan Umi banyak bercerita soal masa kecil gue sama Zayn. Banyak hal-hal yang menyenangkan. Gue sama Zayn bener-bener seakrab itu, bahkan rasanya udah kayak saudara kandung.

Main hujan-hujanan, kotor-kotoran, bikin tenda-tendaan, bermain peran, belajar bareng. Hampir setiap hari banget gue main sama Zayn. Karena dulu, Abinya Zayn itu tangan kanannya Ayah di perusahaan, Ibu sama Umi juga akrab dan sahabatan, makanya dua anak yang kebetulan umurnya berdekatan ini bisa akrab banget.

Banyak banget, deh, yang diceritain Umi sama Zayn tadi. Dan itu luar biasa!

Gimana bisa gue ngelupain semua kenangan indah itu?

Hanya saja, gue belum tau persis alasan Ayah nge-cut off keluarga Zayn setelah hubungan mereka sedeket nadi. Umi sama Zayn gak mau ngasih tau dulu, takut gue shock kayak tadi lagi katanya. "Pelan-pelan aja ngingetnya," kata Umi.

Di tengah rasa seneng nginget semua hal yang udah diceritain Umi sama Zayn, hormon kebahagiaan gue harus ciut seketika pas ngeliat ada tim keamanan rumah udah nangkring di gerbang kost Kiran. Gue sama Kiran yang lagi jalan ke arah kost ngedadak berhenti. Padahal, 100 meter lagi bisa rebahan tuh di dalem.

"An, gimana nih? Kamu mau kabur aja?" tanya Kiran khawatir.

"Emmm ... I think it's enough, Ran. Gue udah siap ngadepin bokap sekarang. Thanks, udah nemenin gue dua hari ini," ucap gue sambil memeluk Kiran, pelukan perpisahan.

Salah satu orang di tim keamanan rumah yang sadar sama keberadaan gue sama Kiran langsung ngedeket. "Non Diandra, silakan ikut kami. Pak Wanda sudah menunggu di rumah."

"Hati-hati di jalan, ya, Diandra," pesan Kiran setelah kami berdua mengurai pelukan. "Semoga urusanmu dilancarin, ya."

"Aamiin," balas gue. "Ayo, Pak. Kita pulang."

"Baik, Non. Terima kasih sudah kooperatif."

"Ya. No problem."

***

Garut, 24 Juli 2024

I'm in Black (Cat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang