(27) Jubah-Jubah Hitam

3.4K 288 16
                                    








Minggu-minggu berlalu tetapi salju dan es masih enggan melepaskan cengkeramannya di kastil Hogwarts. Di dalam kastil, tahun ajaran berjalan seolah-olah tidak pernah terjadi hal yang luar biasa. Seolah-olah tidak ada pengunjung dari zaman yang berbeda yang berjalan di koridornya. Bahkan pengunjung itu perlahan-lahan terpikat untuk berpikir bahwa semuanya baik-baik saja. Entah benar atau tidak. Ada saat-saat Hermione dihantam keraguan tapi dia akan cepat-cepat mendorong semua pikiran tentang masa depan, perjalanan waktu dan Tongkat Tak Terkalahkan sejauh mungkin.

Menjalani hidup di zaman Empat-puluhan, betapapun menjengkelkannya, telah mempengaruhinya. Hermione bahkan berhasil bertahan melalui detensi Legifer yang menyebalkan. Teman sekolahnya perlahan mulai meninggalkan sikap bermusuhan mereka terhadap dirinya. Kelihatannya mereka mulai terbiasa atas hubungannya dengan Prefek Slytherin yang populer. Beberapa dari mereka masih membencinya, Hermione tahu, tapi mereka telah kehilangan minat untuk menyergap dan mengutuknya.

Yang paling utama adalah kehidupan di Empat-puluhan itu aman. Sebuah anugerah untuk bisa bangun di pagi hari dengan kemungkinan bahwa dia akan hidup hari itu. Dia tidak perlu khawatir memikirkan di mana ia akan tidur malam berikutnya, ia tidak perlu mencari makanan tanpa terlihat oleh penyihir-penyihir gelap.

Dan dia tidak perlu berjuang mencari serpihan-serpihan jiwa yang terpisah, dan matian-matian untuk menhancurkan mereka. Di sini, ia aman. Tidak seorang pun akan menyakitinya. Tidak seorang pun akan mati.

Hidupnya, untuk sekali ini,

...bagus.

Ini sudah lebih dari yang Hermione harapkan. Kembali ke masa depan tampaknya menjadi hal yang tidak menyenangkan. Harapan telah hilang darinya dan begitu pula teman-teman dan keluarganya. Mereka semua tewas ketika kegelapan pelan-pelan mengelilinginya sampai akhirnya semua warna terkuras dari kehidupannya. Sampai ia sendiri mati. Tubuhnya memang masih bernapas tapi rasanya seolah kehidupan telah meninggalkannya sejak lama.

Saat ini, Hermione merasa lebih baik. Mimpi-mimpi buruknya telah berhenti menghantuinya setiap ia tidur. Hantu masa lalunya tampaknya membiarkannya damai dan meninggalkannya. Hermione sangat berterima kasih untuk itu. Dan dia tahu kepada siapa dia harus berterima kasih untuk kebahagiaan baru yang ditemukannya. Rasa tidak masuk akal atas situasinya terkadang masih memukulnya tapi sejauh ini tidak begitu sering lagi.

Entah bagaimana kehidupannya tampaknya terbagi dua. Pertama, kehidupan lamanya, di masa lalunya, yang begitu gelap dan dibayangi rasa sakit dan kesedihan. Tentu saja ada beberapa sinar harapan juga. Hermione tidak suka berpikir tentang teman-temannya, karena rantai pemikiran selalu membuatnya mengingat bagaimana mereka semua tewas, tapi dia tidak akan pernah melupakan mereka. Betapa pun menyakitkan kehidupan lamanya, dia tidak pernah menyesal telah mengenal semua orang yang berarti baginya di dunia ini.

Dan sekarang kehidupan barunya. Aman dan bahagia. Dipisahkan dan dilindungi dari kehidupan lamanya. Ada seseorang di sini yang melindunginya dari kegelapan yang mengancam dari kehidupan lamanya. Hermione selalu menghargai kenangan indah teman-teman tersayangnya, tapi dia sangat bahagia karena menemuka seseorang di sini, di masa lalu. Dengan Tom di sisinya, sangat mudah melupakan bahaya dan ketakutan dari kehidupan lamanya.

Ya, hidupnya bagus. Jadi Hermione tidak siap ketika kegelapan akhirnya memilih untuk mengunjunginya lagi...

••••

Hermione menyusuri jalan Hogsmeade. Mengejutkan karena sangat sedikit perubahan yang akan terjadi dalam lima puluh tahun ke depan. Hogsmeade di zaman Empat-puluhan hampir persis sama dengan Hogsmeade di zamannya. Ada Honeydukes, penuh sesak dengan siswa yang membeli permen atau benda lainnya yang sama luar biasa. Beberapa langkah lebih lanjut dan Hermione melewati toko lelucon Zonko. Dan Three Broomsticks hanya berjarak beberapa jengkal.

Ultima Ratio ✔️ Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang