Kejutan di Hari Ibu

4.2K 545 96
                                    

Seperti biasa, pagi ini mamih Junghan bangun jam 5 pagi kurang dikit. Walaupun anak-anak kost yang sekolah lagi pada libur, tapi mamih tetep bangun pagi.

Mamih yang tidur pake piyama warna putih pun bangkit dari kasur dengan mata yang masih setengah melek. Mamih jalan kearah pintu. Niatnya mau keluar kamar. Tapi baru mau ngelangkah, gerakkan mamih kehenti waktu dia liat ada yang sesuatu yang asing didepan pintu kamarnya.

"Hah sendal siapa nih?" Mamih liat sebuah sendal tidur warna cokelat dengan boneka kepala beruang sebagai hiasannya.

"Perasaan gue gak punya yang model begini." Ujar mamih sambil garuk kepalanya dengan gaya classy. "Eh ada kertas diatasnya." Mamih pun langsung ambil secarik kertas yang nangkring diatas sepasang sendal tadi.

"To mamih, sendalnya dipake ya mih hehe. From anak-anak kost tersayang." Mamih baca memo warna pink mawar digenggamannya dengan seksama.

"Jadi anak-anak kost yang ngelakuin ini? Kapan naroknya?" Gumam mamih sambil liat kanan-kiri. Siapa tau ada anak-anak kost yang ngintip dari jauh kan.

Tapi gak lama mamih pun nyerah dan balik liat sendal tadi. Seketika mamih langsung nyinggungin senyum manisnya. Entah kenapa hatinya terkeyut sama perhatian anak-anak kost.

Yaudah akhirnya mamih pun make sendal unyu itu dan turun kebawah buat bersihin diri sebelum mulai ngerjain kerjaan rumah.

===

Habis keluar kamar mandi, mamih jalan kearah mesin cuci disebelah kamar mandi. Hari ini dia mau nyuci baju soalnya baju kotor anak kost udah sebelah-duabelas tingginya sama gunung Himalaya. Mana baunya semerbak banget lagi. Ngalahin bunga bangkai aromanya.

Mamih yang mau masukin baju-baju dalem mesin cuci, tiba-tiba melotot cantiqeu ditempatnya. "Lah kok bajunya gak ada semua? Pada kemana?!" Tanya mamih heran sambil nyari baju anak-anak kost disekitar mesin cuci.

Iya, biasanya tuh tumpukan baju anak kost diletakin didalem keranjang besar disebelah mesin cuci. Tapi ini satu sempak pun gak ada yang tersisa. Lenyap kemana mereka? Mamih langsung ngerutin alisnya dengan gaya berkelas.

Mamih coba ngendus aroma bak bangkai itu. Tapi nihil, dia gak nyium bau apa-apa. Karena gak nemu, mamih pun coba nyari didalem mesin cuci, siapa tau mereka sembunyi disana kan.

Dan pas dibuka, bukannya pakaian yang ditemuin mamih, melainkan secarik kertas memo warna biru laut yang tertempel dibalik tutup mesin cuci.

"Hah kertas lagi?" Mamih ngerutin alisnya lagi sambil liat kertasnya.

"To mamih. Mih, kita udah cuciin bajunya, jadi mamih gak perlu nyuci lagi." Mamih baca tulisan dikertas dengan susah payah. Iya, soalnya tulisan tangannya ancur banget.

"Eh udah dicuci? Terus bajunya dimana?" Tanya mamih dengan heran sambil balik kertas tadi. Dan ternyata ada tulisan lain disana yang belum dibaca.

"Cuciannya udah kita jemur mih hehe. From anak-anak kost tercayang." Mamih ngerutin dahinya sambil jalan kepintu kebelakang.

Mamih ngedarin pandangannya liat suasana sekitar yang masih sepi dan gelap karena emang matahari belum muncul. Dan bener aja, ditempat mamih biasa jemur baju ada pakaian-pakaian yang nangkring dengan estetiknya disana.

Mamih bingung dan heran seketika. Ini ada apa sih sebenernya? Kok kayak ada yang aneh sama tingkah laku anak-anak kost? Apa mereka udah mulai mandiri ya?

"Huh, yaudah deh gapapa. Mungkin mereka udah dapet hidayah dan beneran mau jadi mandiri." Ujar mamih sambil senyum maklum liat baju yang digantung sembarangan sama anak-anak kost.

Kost-kostan Sepentin [Seventeen]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang