Cepet banget, tau-tau udah masuk sekolah lagi. Gue belum sempet liburan lagi. Baru aja kemarin ngerayain malam tahun baru, seneng-seneng gitu, makan-makan, kumpul bareng temen lama. Eh sekarang udah sekolah lagi, ngadepin buku yang tebel-tebel dan guru-guru yang galak.
Ini lagi si Baejin, kenapa dari kemaren diem mulu. Biasanya tu anak seneng banget jahilin gue, kok mendadak jadi pendiem gitu yak. Jadi sepi kan nggak denger ocehan dia, kayaknya tu anak kurang sehat deh. Baru sehari masuk sekolah eh udah sakit aja, emang sih musim ujan banyak penyakit tapi kenapa dia ikut-ikutan sakit sih nggak seru banget.
Hari ini pak Jisung guru matematika gue nanyain dia. Trus gue jawab deh kalau dia lagi sakit.
"Baejin sakit, sakit apa?" tanya pak Jisung.
"Pilek pak, biasa musim ujan." Jawab gue.
"Jangan-jangan Baejin sakit karena kamu Niel." Kata Pak Jisung. Kami sekelas menatap pak Jisung dan Daniel bergatian, bingung apa yang dimaksud pak Jisung.
"Baejin sakit karena diejek Daniel, mentang-mentang Daniel ganteng punya pacar sementara Baejin jomblo terus Daniel ngejek Baejin. Tu anak pasti sakit hati, kasian dia sampai sakit gitu, kamu sih Niel." Lanjut pak Jisung, kami sekelas tercengang mendengar kalimat pak Jisung barusan. Setahu kita Daniel itu nggak punya pacar, emang enggak punya kok. Tapi si Daniel diem aja gitu nggak nyaut, galau kali ditinggal Baejin.
"Hahaha." Kami serentak tertawa mendengar lelucon pak Jisung tadi, biasa pak Jisung orangnya emang humoris banget suka ngelucu gitu supaya kita nggak ngantuk. Padahal mah lelucon pak Jisung tadi receh.
Dia melanjutkan pelajaran limit yang susah banget, walaupun gue suka sama matematika gue ngerasa kesulitan apalagi yang lain(nggak bermaksud sombong). Karena ini adalah pelajaran terakhir pak Jisung mengajar pelan-pelan sambil bergurau.
"Sebelum kita masuk ke limit kalian harus tau dulu apa itu fungsi, siapa yang tau apa itu fungsi?" kelas mendadak sepi kayak kuburan.
"Kok pada diem." Kata pak Jisung.
"Ehm, fungsi itu pemetaaan pak." Jawab Rena. Si peringkat satu di kelas sekaligus peringkat dua pararel.
"Ohh, boleh. Kalau fungsi adalah pemetakan lalu pemetaan itu apa Rena?" Tanya pak Jisung lagi.
"Ehmm." Rena berfikir cukup lama lalu bergumam"Pemetaan yaitu fungsi".
"Mentang-mentang jam terakhir, kepala udah muter-muter trus jawabannya jadi ikut muter-muter gitu." Kata pak Jisung. Kelas dipenuhi dengan gemuruh tawa.
Pak Jisung menggambar oval di papan tulis, maksudnya himpunan gitu. Himpunan A dan B, trus dia muter-muter nanya mana yang fungsi dan mana yang tidak fungsi terus nanya alesannya sama kita. Capek muter-muter pak jisung berdiri di depan, jelasin mana yang fungsi dan mana yang bukan dan ngasih alasannya, sekarang dia lagi nyuruh gue nyimpulin apa itu fungsi.
"Jadi sekarang apa itu fungsi Kayla?" tanya pak Jisung pada gue.
"Ehm.. fungsi adalah..." kata-kata gue berhenti sampai disitu, gue ngerti apa itu fungsi cuma gue bingung aja gimana jelasinnya.
"Aduh... " pak Jisung mengeluh tertahan, sekarang dia nanya ke Rena.
"Sekarang Rena, apa itu fungsi?
"Fungsi adalah.." Rena bicara kenceng banget tapi kayak gue, dia berhenti setelah bilang "Fungsi adalah".
"Huh.." desah pak Jisundeg kesal. Kayaknya pak Jisung udah mulai frustasi, tapi dia harus sabar maklum ini kan jam terakhir udah pada ngantuk gitu.
"Oke rangking dua mana?" tanya pak Jisung akhirnya setelah menunduk cukup lama. Hana segera mengacungkan jarinya.
"Oke Hana, apa itu fungsi."
KAMU SEDANG MEMBACA
Be Mine: Bae Jinyoung
Fiksi PenggemarBayangin aja gimana rasanya pacaran sama temen sekelas, apalagi sekarang banyak pelakor. cover by Kzgraph