Untuk kalian yang ingin menjadi seorang penulis di Wattpad tapi kekurangan kepercayaan diri :
Do whatever you want. You don't have to gain other's praise to make you a good writer.
Gue dulu juga pernah kepikiran gimana kalau tulisan gue gada yang mau baca, tapi sekarang gue masa bodo amat. Gue ketik yang gue mau ketik, jalan ceritanya terserah gue, kalau pembaca gak suka, ya udah.
Banyak teman-teman gue yang meminta bantuan untuk memulai karir penulis mereka, jadi gue memutuskan untuk membuat chapter ini.
Tips menulis :
1. Jangan menulis menggunakan singkatan.
Gue tahu, kalian pasti malas mengetik panjang-panjang, kalau bisa diketiknya kyk gn aj. Tapi tidak untuk para pembaca. Kalau gue dibayar untuk membaca tulisan singkatan gitu, yang ada malah gue tolak demi kesehatan mata dan kewarasan gue. Singkatan boleh digunakan, tapi hanya yang lazim saja. Misalnya, OR itu Operation Room. Jangan gunakan 'yang' itu 'yg'. Memang, lebih dari 90% orang Indonesia di dunia mengetik dengan 'yg', 'sm', 'ud', 'aj', dan lain-lain, tapi kalau untuk mengetik cerita, diharapkan tidak menggunakan singkatan-singkatan yang serupa.2. Jangan menulis dengan kata non-baku.
Kalau mau bilang 'memang', ya tulisnya 'memang', jangan 'emang'. Maksud gue disini adalah, meski ada cerita yang ditulis dengan menggunakan bahasa kelewat-gaul, alangkah baiknya apabila ditulis dengan lengkap supaya tiap paragraf terlihat panjang dan berbobot. Hal ini akan menarik perhatian pembaca dan membuat pembaca akan terus membaca.3. Plot twist boleh saja, tapi jangan terlalu absurd.
Milea udah ditembak sama Dilan. Awalnya, Milea pengen menjawab iya, tapi karena Dilan bau ketiak, Milea menolak Dilan dan pindah dari Bandung, lalu sebulan kemudian ditemukan telah menikah dengan dua anak. Gak banget, 'kan?4. Kalau ada kayak ejekan publik, jangan terlalu.
Memang banyak yang membenci Trump, tapi ada juga yang mendukungnya. Misalnya, jika hendak menggunakan Trump sebagai bahan lawakan, usahakan jangan terlalu mengerikan dan menurunkan martabatnya. Salah-salah, bisa dituntut, loh!5. Usahakan menggunakan kata-kata kiasan.
Untuk bagian yang ini, gue juga belum begitu mahir menggunakannya, tapi oke lah. Kalau gak ingin menggunakan kata kiasan, boleh menggunakan kata yang lebih sederhana saja, kok. Kata kiasan ini hanya untuk melatih kemampuan otak untuk menyampaikan maksud dalam kalimat lain. Jadi otak juga ada berkembang, meski cerita yang ditulis itu isinya cuma romansa.6. Gunakan tanda baca yang baik dan benar.
Seringkali gue temukan orang yang menulis cerita dengan tanda baca yang porak-poranda. Pusing gue bacanya. Tolong diperhatikan tanda bacanya. Misalnya : "Aku lapar," kata A. Gitu. Misalnya lagi : A mengusap perutnya. "Aku lapar."7. Gunakan huruf kapital pada tempatnya.
jangan mengEtik DenGan TampilaN gINI. Biasa saja saat mengetik, namun setiap huruf pertama dari sebuah kalimat harus menggunakan kapital. Lalu, kalau panggilan, lebih bagus jika menggunakan huruf kapital juga, misalnya : Bu Milea, Pak Dilan.8. Usahakan untuk memasukkan sedikit kerecehan di dalamnya supaya pembaca tidak bosan.
Gak harus banyak, kok. Satu doang juga cukup. Sedikit saja yang diperlukan untuk membuat pembaca tertawa dan menekan bintang di Wattpad. :)9. Kejelasan latar belakang.
Lebih baik jika kita melakukan riset untuk latar belakang sang tokoh. Bila tokoh datang dari akademi medis, lebih baik bagi sang penulis untuk mengetahui beberapa hal tentang medis, supaya cerita dapat tersalurkan dengan baik kepara pembaca. Kalau untuk latar belakang tempat, misalnya di Inggris, jangan takut apabila situ gak bisa membayangkan tempatnya. Google, tanya-tanya ke orang, atau kalau Tuhan menghendaki, pergi ke Inggris langsung. Kalau latar belakangnya jelas dan tidak memusingkan, para pembaca pasti betah.10. Gak usah terburu-buru, santai saja.
Menulis cerita memang dibutuhkan banyak waktu dan juga inspirasi, jadi tak apa-apa bila situ belum menyelesaikan satu chapter, bahkan setelah satu hari telah lewat. Ini cuma hobi, bukan pekerjaan. Jadi, santai saja saat mengetik.11. Lebih bagus jika cerita terinspirasi dari kehidupan sendiri.
Karya gue yang ini juga terinspirasi dari omelan-omelan gue di hari-hari biasa karena orang-orang di sekeliling gue yang ngomongin K-pop. Karya gue yang lain kalau gak terinspirasi dari gue sendiri, maka terinspirasi dari teman gue. Kalau kejadiannya memang milik sendiri, rasanya lebih leluasa dan gampang untuk menceritakannya.That's all. Have courage and be kind. :*
KAMU SEDANG MEMBACA
Curhatan Para Fangirl
Non-FictionDiary fangirl sehari-hari! Bagi kamu yang selalu bete karena dikata 'fans fanatik', boleh dibaca, pasti relatable!