Chap-5

49.8K 1.8K 51
                                    

Alhasil,  semua mata tertuju pada Kenzou. Sebagai ibu Caca cuma bisa meringis, nggak kebayang malunya si om gimana.

Dengan susah payah Caca ngasih isyarat ke om Rey, tapi kode dari Caca enggak pernah diangep. Boro-boro dapet tanggepan orang lihat aja enggak. Asyik gitu ngatasin Kenzou yang semakin menjadi-jadi.

Mau nggak mau, dengan rasa canggung Caca nyamperin om Rey, coba buat nenangin Kenzou. Nangis berabe, bisa kacau ntar nih acara.

"Sama Mommy aja okey, yuk sini. Kenzou main dulu ya sama Mommy,"

"Ndak mau!"

"Kenzou, enggak boleh nakal ya. Daddy mau naik ke podium dulu, Kenzou sama Mommy dulu."

"Tendzo titut Daddy. Daddy titut!" duh ni anak, susah banget sih dibilangin. Bikin emosi aja. Untung di tempat rame, coba kalau di rumah pasti udah Caca marahin. Hadeuh!

"Kenzou!"

"Enggak apa-apa," eh, maksudnya apa nih, tahu-tahu Kenzou udah di gendongan si om, girang banget, ampe  ngejerit segala. Dasar anak kecil, anaknya siapa sih, gemesh banget.

"Beneran ini, emang boleh?"
"Nggak apa-apa, daripada nangis berabe, masalahnya jadi runyam. Kamu duduk situ aja," dengan senyum kikuk Caca lihat ke Sekeliling, lihat tatapan mata dan bisikan-bisakan mereka Caca jadi nervous. Si om udah memulai sambutanya tak lupa dengan Kenzou di gendongan.

Daripada Caca berdiri, ya udah Caca duduk aja di tempat yang om Rey suruh. Pasti deh bakalan heboh, jadi bahan omongan mahasiswa dan siswi.

Baru juga duduk, udah ada yang ngajak ngobrol mending kalau perkataanya enak didenger, nah ini. Sakit di hati.

"Anaknya tolong dikondisikan ya, Bu. Enggak malu apa jadi tontonan. Kasian, Pak Reynya jadi bahan omongan. Gini kok jadi istrinya rektor, ngurus diri sendiri aja enggak becus apalagi jadi istri. Pantes kalau anaknya gitu. Kurang didikan sih." duh gusti, hati Caca cenat-cenut minta di kremes tuh bibir, tahu rasa.

Maklum kalah saing sama Caca, jabatan suaminya wakil Dekan sih. Orang kayak gini enaknya diapain ya?    Kasih cabe, atau gimana?

Caca cuma diem, ngehormatin orang yang lebih tua, bahasa kerenya enggak mau cari masalah. Udah cukup bikin heboh tadi, kan Caca ngehormatin jabatan suami. Enggak mungkin dong Caca malu-maluin. Kasian suami Caca ntar, lamornya anjlok.

Ya, Caca baru tahu waktu kuliah, saat itu untuk pertama kali  Caca masuk keruangan om Rey, gila. Diluar dugaan ternyata suami Caca seorang Rektor, enggak sekadar wakil Rektor atau Dekan. Hebat, pantes pinternya enggak ketulungan.

"Hamil diluar nikah ya? Pasti mantan cabe-cabean yang suka gaet om-om tajir melintir. Masih kecil harusnya sekolah yang bener, bukanya malah urakan. Heran cara didik Ibu Bapakmu tuh gimana sih, punya anak kok kelakuanya gini amat." tahu-tahu orangnya ngomong gitu, belum cukup apa yang tadi, bikin kuping Caca panas aja.

"Maaf ya, Bu...,"

"Enak aja panggil, Ibu. Masih muda kincis-kincis gini dibilang, Ibu."

Huek, kincis-kincis apaan. Udah kendor semua juga, maklum orang kalau tua dan nggak terima tua, sampe halalin segala cara buat awet muda ya gini. Amit-amit.

"Mbakkan enggak tahu saya, tolong mulutnya dikondisikan. Udah itu aja dari saya, harus jaga image. Suami sayakan Rektor." Caca ngomong gitu sambil senyum manis. Bodo, kalau dia marah siapa suruh mulai duluan.

Di suasana hati cenat-cenut celetukan kenzou bikin Caca ngeryit. Secara dengan lantangnya dia berseru. Orang dia ngomong pelan aja masih kedengar kok, secara di sana ada pengeras sura.

"Tate', Daddy ada Tate'. Tih syana tuh Daddy yihat,  Tate'!." udah gitu sambil Dada, senyumnya lebar banget. Duh gusti Caca yang lihat pola tingkah Kenzou benar-benar deh. Enggak ketulungan.

"Tendzo mau tulun, Tendzo tulun mau,  Tate' Daddy. Tulun!" mau nggak mau si om nurunin Kenzou.

"Hati-hati jangan lari. Kenzou!" meski dari jauh Caca bisa lihat kekhawatiran om Rey waktu Kenzou lari,  dari nada suara juga kedengaran penekananya, cuma pelan. Coba kalau di rumah tegas banget, bikin Kenzou enggak berkutik.

Dapet kode keras dari om Rey Caca langsung berdiri nyamperin kenzou yang lagi mau turun tangga, mending turunya hati-hati nah ini starnya aja udah lari, jatoh kasian ntar.

Caca gandeng aja tanganya, rencana mau muter lewat samping aja. Eh Kenzounya enggak mau lari aja di depan kursi-kursi dekan dan rektor, lebih tepatnya lewat depan panggung.  Ya masak Caca ikut lewat situ sih, malu banget.

Caca cuma diem, binggung musti ngapain. Alhasil Caca pilih opsi pertama aja, baru juga balik badan Kenzou udah manggil aja.

"Moummy tini, Moummy! Aaa! Nanan peldi. Aaa!" Caca cuma bisa meringis, tuh udah mau nangis aja, duh gusti paringi sabar.

Untuk Papa mertua langsung turun tangan buat nenangin cucunya, jongkok di depan Kenzou. Enggak tahu ngomong apaan. Kenzou cuma ngangguk aja, dengan tangan di rentangin minta gendong.

Beneran deh, enggak tahu malunya om Rey gimana. Fiks, kalau ada acara penting yang bersifat resmi mending nggak usah ngajak Kenzou, tapi kasian. Enggak tega ninggalin anak sendiri. Caca jadi serba salah.

***

 ISTRI SANG DOSEN KILLER #2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang