Prolog

15.6K 569 26
                                    

Shanette Ambaswra gadis yang sedari tadi terlihat mondar-mandir di kamarnya. Sesekali dia melirik jam, menunggu pukul sebelas untuk bisa melihat hasil SBMPTN. Setelah gagal masuk di fakultas kedokteran melalui jalur SNMPTN, dia sangat berharap bisa lolos di jalur yang kedua yaitu SBMPTN. Harapan itu sangat ingin dia kabulkan karena Shanette tidak ingin membuat papa dan mamanya kecewa.

Tepat pukul sebelas, Shanette membuka website, nemasukkan email dan password pendaftaran, menunggu dengan perasaan dag-dig-dug. Dan Pengumuman yang terpampang di depan matanya membuat tetes demi tetes ari mata jatuh membasahi pipinya. Bukan ini yang Shanette harapkan, karena di layar monitor itu tertulis begitu jelas sebuah kenyataan yang sebenarnya. 'Maaf anda tidak diterima di Universitas Indonesia, tetap semangat dan jangan menyerah'

 Pintu kamar terbuka, Amna mama Shanette masuk dengan sebuah senyuman. Shanette menatap mamanya, tangisannya tidak dapat terbendung lagi.

"Gimana hasilnya, sayang?"

"Maafin Shanette, Ma. Shanette gagal. Shanette gak diterima di fakultas kedokteran." Shanette berlutut di depan mamanya.

"Gak, gak mungkin. Kamu pasti bohongin Mereka, kan? Gak mungkin kamu gak diterima. Kamu pintar, berprestasi, gak mungkin kalau kamu gagal, sayang."

"Ma, aku emang gagal. Mama bisa baca sendiri pengumumannya, aku gagal masuk UI, aku gagal jadi dokter, impian aku udah kandas, Ma," ujar Shanette dengan nada lemah.

 Mamanya mendekati layar monitor yang menampilkan bahwa anak semata wayangnya memang tidak diterima di Universitas yang sudah dia inginkan sejak masuk SMA.

Shanette berlari menangkap tubuh mamanya yang terhuyung dan pingsan.

"Ma, Mama bangun." Shanette mulai terisak.

Dia gagal membanggakan mamanya, dia gagal menjadi yang terbaik. Dia gagal masuk Universitas impiannya, kenapa? Apa semua piagam serta sertifikat prestasinya tidak cukup untuk membuktikan bahwa dirinya memang pantas menjadi mahasiswa di Universitas bergengsi tersebut? Lalu kenapa dengan hari ini? Ini kegagalan pertama dalam hidup Shanette.

Yang Shanette tau, mulai besok kehidupannya tidak akan sama lagi. Semuanya akan berubah, dan Shanette percaya akan hal itu.

***
Lanjut?
Silahkan vote&comment😉

DEPRESI | COMPLETEDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang