8. Bruce Banner

10.7K 1.6K 77
                                    

Hal apa yang dimiliki orang tua tapi tidak dimiliki yang lebih muda?

Pengalaman.

* * *

Dan soal patah hati, siapa yang meragukan pengalaman Haris Hananjaya?

Meski kebanyakan orang tidak tahu kisah sebenarnya, tapi sudah banyak teori konspirasi yang beredar yang mengatakan bahwa Haris belum juga menikah sampai di usianya yang hampir 50 tahun akibat pengalaman patah hati dan trauma di masa mudanya. Meski demikian, tidak ada seorangpun rekan kerja maupun anak buahnya yang pernah mengeluhkan fokus dan kinerja kerja Haris, seolah-olah patah hati dan trauma itu sama sekali tidak mempengaruhi pekerjaannya. Itu mengapa, barangkali, Haris dapat dianggap sebagai orang yang paling berpengalaman dalam mengatasi patah hati.

Menghabiskan waktu dan fokus pada pekerjaan merupakan salah satu cara yang dulu digunakannya untuk mengatasi patah hatinya. Hanya dengan cara itulah dia tidak memiliki waktu kosong untuk teringat pada kenangan buruk percintaannya. Itu mengapa Haris pikir cara yang sama akan membuat Haiva dapat melalui kesedihan akibat kisah cintanya.

Saat memergoki Haiva menangis di kolong meja, dan melihat gelagat Haiva saat bertemu dengan pasangan yang bertengkar di restoran malam itu, Haris menduga bahwa Haiva baru saja putus cinta atau sedang bermasalah dengan pacarnya, si Technical Manager perusahaan penyuplai eksipien yang bekerja sama dengan Medika Pharma.

Haiva adalah tipe karyawan yang ceria dan membawa keceriaan pada lingkungan kerjanya. Itu mengapa Haris tidak suka jika Haiva berubah jadi melow-melow gara-gara patah hati. Makanya, Haris merasa ingin membantu Haiva supaya tidak terlalu lama bersedih karena patah hati. Dan berdasarkan pengalaman Haris, bahwa kesibukan bekerja dapat membantu agar tidak memikirkan hal-hal tidak penting seperti patah hati, makanya sejak beberapa minggu terakhir Haris berusaha membuat Haiva terus sibuk.

Haris merasa cukup puas ketika berhasil membuat Haiva sibuk beberapa minggu ini, karena di saat yang sama Haris tidak melihat Haiva nampak bersedih. Itu artinya strateginya untuk membuat Haiva lupa pada kesedihannya berhasil.

Di sisi lain, Haris juga merasa agak bersalah kepada Haiva sih. Karena pekerjaan yang bertubi-tubi dan tuntutannya yang berlebihan, Haris seringkali menemukan Haiva tidak sempat makan siang dengan santai di kantin. Barangkali hanya satu hari dalam seminggu dimana ia bisa menemukan sosok Haiva di kantin saat makan siang. Pernah di suatu pekan, Haiva sama sekali tidak muncul di kantin saat makan siang, dan saat Haris mengintip ruangannya ternyata gadis itu makan siang di ruangan sambil mengerjakan pekerjaannya.

Barangkali karena rasa bersalah tersebut, suatu hari Haris membelikan martabak favoritnya untuk gadis itu. Tapi gengsinya yang selangit membuat Haris ragu memberikan martabak itu langsung kepada Haiva. Itu mengapa ia minta tolong pada Rizal, si office boy yang sering diminta Haiva untuk mengambilkan makan siang di kantin, untuk memberikan martabak itu untuk Haiva, sambil berpesan agar Haiva tidak tahu bahwa dirinya yang memberikannya.

Kadang satu niat baik tidak selalu bisa diterima dengan baik. Contohnya niat baik Haris untuk membuat Haiva sibuk dan lupa bersedih, justru menjadi bumerang bagi hubungan mereka sendiri. Haris memang berhasil membuat Haiva tidak lagi bermuka sedih, tapi 2 minggu terakhir justru mukanya jutek melulu tiap ketemu Haris. Pasti itu karena Haiva merasa terbebani dengan pekerjaan bertubi-tubi dari Haris. Tapi bukannya merasa bersalah, Haris malah menikmati ekspresi jutek Haiva yang menurutnya lucu. Akibatnya, Haris jadi lebih bersemangat main ke ruangan Haiva dengan dalih menambahi tugas Haiva.

Tapi setelah susah payah Haris membuat Haiva sibuk agar melupakan patah hatinya, ternyata usahanya sia-sia saja. Ketika melihat Haiva ngobrol lagi dengan Randu, Haris tahu bahwa hubungan kedua orang itu sudah kembali harmonis. Haris jadi kesal sendiri. Dan itu membuatnya lepas kendali dan jadi nyinyir saat berkata "Pacar Haiva bisa menunggu dulu sampai Haiva selesai kerja, baru kalian bisa pulang bersama dan pacaran."

CERITA YANG TIDAK DIMULAITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang