Mau 1K++ vote sama 100++ komen boleh ya?
Siapa yang mau didekasiin nih?
💻💻💻💻💻
Dendi melipat tangannya di depan dada. Ia memilih diam dan menyender di dinding ruang tamunya. Ia enggan duduk di sofa ruang tamu keluarganya dan berhadapan dengan laki-laki yang seminggu lalu bilang mau nikahin kakaknya. Walaupun dia ngga duduk di depan Kafka – pacar kakaknya itu – tapi matanya tetap fokus menatap dan menyelidik laki-laki itu.
Mamanya Cecil, Om dan Tante yang masih nginep di rumahnya – yang bikin Cecil minggat dan tinggal di apartemen Kafka, juga para mba-mba kandung dan mas-mas iparnya Cecil semua lagi kumpul di ruang tamut. Kafka dateng sendirian ke rumah itu. Bukannya ngga serius dengan ngga bawa keluarganya, justru dia mau nunjukkin keseriusan dan keberanian dia buat nemuin keluarga pacarnya sendiri. Nanti, dia pasti akan bawa keluarganya kok, tapi ngga sekarang. Takutnya belom apa-apa udah ditolak kehadirannya gara-gara langsung bawa keluarga. Kan dimana-mana pasti seorang pacar dateng dulu buat kenalan sama keluarga pacarnya.
"Nak Kafka kenal sama Cecil udah berapa lama?" tanya Ibu Titi – nama mamanya Cecil dan Dendi.
Kafka tersenyum. Semalem dia udah nelpon kakak iparnya buat nanya kira-kira apa yang ditanyain orang tua cewek waktu pertama kali cowok dateng ke rumah pacarnya. Dan, ya, pertanyaan ini udah dilatih kemaren. "Lima tahun, tante."
Bu Titi tersenyum mendengar itu. itu sebenernya pertanyaan basa-basi. Dia tau kok kalo Kafka ini bos anaknya, yang dulu selalu diceritain anaknya itu agak nyebelin tapi baik suka ngasih makanan sama suka kasih bonus. Dia juga tau anaknya hampir tiap hari lembur dan tiap akhir minggu masih disuruh masuk kerja setahun terakhir ini. "Kalo mulai suka-sukaanya sama Cecil dari kapan?"
"Tepatnya kurang tau tante, tapi kira-kira setahun yang lalu, makanya Cecil suka diminta lembur sama kerja pas weekend," tawa kecil keluar dari mulut Kafka. Disusul tawa seisi ruangan. Pun yang diujung ruangan juga tersenyum sangat tipis.
Senyuman Dendi tak luput dari pandangan Cecil yang daritadi bolak-balik memerhatikan adeknya itu. Cecil pamit sebentar buat nyamperin Dendi, mau ngajak ngobrol adeknya itu buat ikut duduk di ruang tamu. Mata Kafka mengikuti langkah Cecil yang menghampiri adeknya. Namun disaat dia fokus ke Cecil, dia mendapat pertanyaan-pertanyaan lagi dari keluarga Cecil.
📝📝📝
"Ga ngapain sih dipojok, ayo duduk bareng aja," ajak Cecil.
Dendi memilih diam. Ia merespon hanya dengan menaikkan alis. Enggan berkomentar, juga enggan bergerak dari posisinya. Dia lebih suka mantau dari jauh, takutnya kalo dari deket ketauan banget ngga sukanya dan malah bikin suasana keluarganya ngga enak.
"Yogaaa, ayo sih, masa lo ngga mau kenalan sama pacar gue," ucap Cecil. Jujur dalam hatinya ia sedih. Ini adek satu-satunya loh, kemungkinan juga ini yang jadi pacar terakhirnya. Tapi kok adeknya kaya ngga nyetujuin hubungannya gini.
Dendi menatap mata Cecil dalam dengan tatapan galak. "Ngga!"
Cecil langsung menarik Dendi ke ruang TV – ruang di sebelah ruang tamu. Dendi pun yang ditarik secara paksa mengikuti dengan pasrah. Dia tau bakal diomelin sama kakaknya. Udah biasa ditarik-tarik dan diomelin sama kakaknya dari jaman dulu. Sejak dia SMA, lebih sering dapet omelan dari kakaknya daripada dari mamanya.
"Lo tuh kenapa sih? Lo ngga suka gue punya pacar apa gimana?" tanya Cecil sewot.
Alis Dendi naik mandengar pertanyaan itu. Apa sih yang ada di otak pintar kakaknya. Logika darimana cuman karena ngga mau gabung obrolan keluarga dibilang ngga suka. Lagian kalo ngga suka nih ya, daritadi udah diusir itu cowok. Iya, emang, dia cukup blak-blakan dalam sikap.
"Apa sih?" tanya Dendi, ia melipat tangannya lagi di depan dada.
Cecil kaget karena nada yang keluar dari mulut adeknya agak ngegas, tapi dia tetep di posisinya. Bukan dia banget yang dibentak atau digas dikit langsung baper. Bukan waktunya lagi buat baper, dia malu sama umur kalo masih doyan baper diumurnya sekarang. "Ga, please, ini hubungan gue udah ke arah serius."
"Ya udah, seriusin lah, sana lo sama calon suami lo jangan sama gue disin," jawab Dendi langsung nyelonong mau balik ke tempatnya.
Cecil bergerak cepat. Dia langsung narik baju adeknya karena ngga bisa narik tangannya adeknya yang masih dilipet di dadanya.
Dendi langsung balik badan. "Apa? Kenapa? Lo kan mau serius, ya serius sana."
Bukan waktunya Cecil buat baper karena malu sama umur. Tapi, jujur, hatinya agak sakit denger adeknya ngomong gitu. Air matanya lolos sedikit. "Ga, umur gue udah cukup buat nikah, tapi kenapa rasanya kehalang gini sih?"
Dendi panik liat Cecil nangis. Dia langsung merangkul kakaknya untuk duduk di sofa ruang TV. Ditenangin kakaknya dengan cara ditepuk-tepuk bahunya. Dia mau kok kakaknya nikah, tapi dia mungkin emang belom rela. Jangan salah paham, dia ngga naksir sama kakaknya kok. Dia normal, hatinya masih buat Dinda. Dia cuman ngga rela kakaknya disakitin lagi. Jangan dikira selama dia memerhatikan Kafka hatinya ngga berdebat. Daritadi hatinya tuh berantem karena masih bingung cowok itu baik apa engga. Dulu kakaknya lima tahun pacaran aja disakitin, lah ini baru pacaran beberapa bulan tiba-tiba mau nikah terus nanti kalo udah nikah diselingkuhin lagi gimana?
"Ga," panggil Cecil lembut. "Gue mau lo duduk di samping gue."
"Buat apa?" tanya Dendi. "Dari dulu, tiap pacarnya mba-mba dateng dan gue ngga ada pun ngga apa-apa, ngga penting juga kehadiran gue kan." Daridulu, keputusan Dendi ngga pernah di denger di keluarganya. Apa pun itu, mulai dari hal kecil sampe hal gede. Kaya misalkan dia minta dimasakin A, tapi mba-mbanya minta masakin B dan C, pasti yang dimasakin mamanya itu permintaan mba-mbanya.
"Buat Mba kamu penting, kamu paling penting selain Mama. Kamu tuh kaya pengganti Papa."
Dendi mendengus. "Enak aja lo, gue ngga setua Papa," sewot Dendi.
Kepala Dendi dipukul Cecil. "Bukan umur bego, tapi posisi, kehadiran, restu, tanggung jawab lo, semuanya lah selain umur sama penyakit."
"Restu gue penting gitu?" tanya Dendi serius.
"Iya kampret," jawab Cecil sewot. "Ayo sih duduk sebelah gue."
"Kalo gue ngga ngasih restu, ngga nikah lo ya!" ucap Dendi.
Cecil melihat mata Dendi. Menatap dalam mata adeknya dalam. Dia mencari keseriusan dari mata adeknya. Beneran ngga direstuin apa gimana nih. "Iya, ngga nikah, tapi kalo nanti gue sakit lo musti rawat gue, kalo nanti gue pension lo yang biayain hidup gue, kalo gue..."
"Udah ayo, bantuin itu calon lo dari serangan om sama tante." Dendi menarik tangan Cecil. Keduanya ke ruang tamu, dan akhirnya Dendi mau duduk di sebelah Cecil.
💻💻💻💻💻
Coba gimana perasaan kalian abis baca part ini?
Dear Kafka...
Dear Cecil...
Kira-kira Dendi bakal ngasih restu ngga nih?
02/03/2020
Ta💙
KAMU SEDANG MEMBACA
PFS [2] : Mr. Boss & Ms. Secretary (On Hold)
RomanceAwalnya Kafka suka kinerja sekretarisnya yang teliti, rajin, punya inisiatif yang tinggi dan cekatan. Tapi, lima tahun kerja bareng, dia sadar kalau dia udah terlalu nyaman bahkan membutuhkan kehadiran sekretarisnya. Bukan cuma di kantor, tapi di hi...