MBMS 30 - PDKT sama Dendi

24.8K 2.5K 57
                                    

Mon maap ini part udah lama ngendep, lupa update🤣

💻💻💻💻💻

Mulai dari semalem Cecil balik tidur ke rumahnya. Sebenernya keluarganya ngga ada yang tau kalo selama ini dia tinggal di apartemen Kafka, soalnya sabtu kemaren ngga ada yang ngebahas itu. Eh, pas hari minggu itu tiba-tiba Dendi nanyain lah awal jadiannya gimana, terus dia ngasih tau lah kalo selama ini tinggal di apartemen Kafka makanya bisa jadian. Emang dia paling ngga bisa bohong sama adeknya deh. Ketebak dong gimana reaksi Dendi waktu tau itu. Jelas lah marah-marah. Udah gitu dia langsung nyuruh Cecil pulang ke rumah. Ya gimana, Cecil kan nurut-nurut aja ya sama Dendi, jadilah dia pulang kemaren.

Keluarga Cecil tuh ramah-ramah banget semuanya. Om sama tantenya agak nyinyir sih pas Kafka kesana. Masa ya dia dituduh udah ngehamilin Cecil duluan selama Cecil ngekos - yee pada ngga tau aja ponakannya bukan ngekos tapi tinggal satu apartemen - tapi sumpah, Cecil belom hamil anaknya dia kok. Terus dituduh juga perkawinan ini buat perjanjian bisnis yang satu tahun lagi juga cerai. Semua tuduhan itu mulai muncul disaat dia bilang mau nikahin Cecil akhir tahun ini yang berarti kurang dari 3 bulan. Tapi waktu Kafka bilang udah yakin dan mau serius juga ngga dituduh-tuduh lagi gitu.

Mama, kakak kandung sama kakak iparnya Cecil tuh pada ramah-ramah banget. Ngga nuduh apa-apa, cuman nanya emangnya udah serius banget sama Cecil, ditanya juga siap apa belom nerima kekurangan, kelebihan, keabsurdan, keborosannya Cecil. Ya, pertanyaan-pertanyaan umum aja gitu loh. Ngga yang kea rah negatif atau ke arah menentang hubungannya. Apalagi pas kemaren Kafka nyebutin umurnya, keluarga pacarnya ngga ada masalah tentang itu. Cuman satu yang susah buat dideketin, Yoga alias Dendi.

"Aku musti deketin adek kamu gimana, Cil?" tanya Kafka bingung.

Cecil yang lagi ngetik kerjaan di laptopnya langsung memerhatikan Kafka yang ada di seberangnya - kan meja bosnya itu ada di seberangnya. Iya, Cecil masih kerja. Dia masih dan akan selalu professional kok. "Deketin biasa aja, Yoga baik kok cuman emang selalu sensi sama cowok yang deket sama aku."

"Ya tapi kan aku juga mau deket sama dia, Cil. Aku udah mau bawa keluarga tapi aku maunya kenalan sama adek kamu dulu. Dia sukanya apa? Tas, motor, mobil, atau apa?" tanya Kafka.

Cecil tersenyum miring. "Kamu mau nyogok?" tanya Cecil. "Aku yakin kamu makin disebelin sama dia. Aku, dia, sama Papa tuh wataknya sama, ngga menggunakan uang untuk hal-hal yang kaya gitu."

Kafka menelan ludahnya. Dia lupa kalo Cecil paling ngga suka disogok secara blak-blakan, bahkan pacarnya aja ngga suka sama cowok kaya raya yang menggunakan uang untuk segala hal. Kalo disogok pake skincare dia masih mau, asal jangan tau harganya aja kaya waktu itu. Kalo tau bisa-bisa dibalikin tuh semua yang dikasih. "Maaf-maaf, aku bingung musti gimana ngadepin adek kamu."

"Kamu mau nyerah?" tanya Cecil.

Kafka menggeleng dengan cepat. Gila aja nyerah sama anak yang lebih kecil dari dia. Maksudnya, perjuangan dia emang ngga seberapa tapi itu tetep perjuangan gitu loh buat bikin Cecil mau sama dia. "Ngga, aku mau berusaha, tapi please kasih aku arahan buat deketin adek kamu."

"Sebenernya hati Yoga tuh lebih lembut dari aku. Kamu kalo mau deketin dia, sering ajak ketemu aja, kalo kamu takut ketemunya berdua doang ya nanti bareng aku. Tapi jangan fake depan dia." Iya, itu kunci satu-satunya buat deketin Dendi cuman musti jadi apa adanya aja. Jangan sok baik padahal licik, jangan sok kaya padahal harta orang tuanya, pokoknya bersikap sebiasa mungkin aja.

"Yoga sukanya ngapain? Motor-motoran? Nonton atau apa? Biar kalo ngajakin dia pergi juga dianya seneng," tanya Kafka. Jadi, ilmu yang dipelajarin dari kakak iparnya, kalo mau nikah itu bukan cuman nikahin pacar aja tapi nikahin juga keluarganya. Kemaren Kafka udah tau mama sama kakak-kakaknya Cecil sukanya apa, cuman Yoga ini aja yang masih misterius. Bayangin ya, waktu Kafka dateng ke rumahnya Cecil, Yoga sama sekali ngga ngomong apa-apa. Bikin takut gitu, kaya bapak-bapak yang ngga setuju sama pacarya anaknya dan milih diem supaya pacar anaknya sadar sendiri gitu.

"Yoga sukanya kerja, makan, sama apa pun yang bikin aku seneng," jawab Cecil sambil cengengesan. Sebenernya hal yang paling digilai adeknya itu kerja. Kalo makan ya itu mah kebutuhan semua orang ngga sih, jadi siapa yang ngga suka makan. Terus yang terakhir itu, Cecil percaya diri aja, abisnya Yoga selalu nurutin apa pun yang dia mau sih. Pernah nih waktu itu dia minta ditemenin nonton konser karena dia jumblo dan nonton konser tuh bukan adeknya banget, tapi tetep dilakuin - dibayarin pula tiket, makan sama minumnya.

"Yoga sukanya makanan apa?" tanya Kafka.

"Dia ngga terlalu picky sih kalo soal makanan, makanan Indonesia, Jepang, western food juga dimakan kok," jawab Cecil.

"Oke, kita ajakin dia makan sushi hiro sama nonton kali ya malem ini," kata Kafka.

Cecil langsung menggeleng. Adeknya paling ngga suka makan sushi, dan makanan mentah lainnya. Makanan mentah yang bisa dia makan cuman telor ayam kampung setengah mateng. Di keluarganya yang bisa makan sushi cuman dia - yang lainnya katro. "Makanan jepangnya tuh kaya bento, ramen, ya yang ada di restoran fastfood gitu."

Hidung Kafka kembang kempis denger apa yang Cecil bilang. Ya emang bener itu makanan jepang, tapi masalahnya makanan jepangnya udah kecampur sama budaya Indonesia banget gitu loh. "Tinggal sebut hokben gitu aja."

Cecil tertawa. "Oke, aku ajakin dia ya."

📝📝📝

Kafka baru pertama kali liat sisi Cecil yang nurut banget sama satu orang ya malem ini. Pasti udah bisa ketebak siapa yang diturutin sama pacarnya dong. Bukan dia yang pacar sekaligus bosnya, tapi adeknya yang bahkan umurnya paling muda diantara mereka bertiga. Jujur, dia sedikit takjub dengan kharisma yang hmm boleh kali ya disebut calon adek iparnya punya. Kharisma dan tatapan mata yang bikin orang-orang tuh nurut dengan senang hati.

Mereka bertiga lagi makan, tapi posisi duduknya tuh kaya seakan-akan Kafka orang ketiga di hubungan ini. Yoga duduk persis di depan Kafka, sedangkan Cecil tuh nurut banget waktu adeknya nyuruh buat duduk di sebelahnya. Ya, Kafka bisa apa kalo gitu, kadang debat juga dia kalah kan sama pacarnya. Kalo dia maksain pacarnya buat duduk di sebelah dia, takut dipandang jelek sama calon adek iparnya. Bodo amat dibilang ge-er, dia yakin kok bakal dapet restu, ya walaupun usahanya musti kenceng.

"Mas ngga makan?" tanya Yoga.

Kafka yang daritadi memerhatikan Yoga yang makan sambil kerja dari ponselnya langsung gelagapan ditanya kaya gitu. Anjir lah, waktu itu kata kakak iparnya kalo papa dari pacar udah meninggal lumayan aman karena ngga akan dapet pertanyaan mematikan. Lah ini ngga ada yang aman, adeknya pacar jauh lebih protektif -kalo dari cerita-cerita Cecil- dibanding bapaknya. Ditambah tatapan matanya yang tajem kaya nusuk jantung. "Ma-makan kok."

Cecil menoleh ke Kafka waktu denger pacarnya jawab pertanyaan dari adeknya gelagapan. Ya, boleh diakui lah, tatapan mata dan nada Yoga ngomong tuh emang terdengar sangat galak, sedikit mengintimidasi, tapi kan itu juga nada yang sama kalo Kafka di depan karyawan-karyawannya. Sebenernya Yoga baik kok, hatinya lembut, penyayang, sabar, tapi cuman untuk orang-orang yang dia sayang banget. Misalnya ke dia, ke Dinda, Cesar, Deana, sama anak kecil menggemaskan, Daffin. Bahkan kalo ke Mamanya, kakak-kakaknya dan ponakan-ponakannya dia terkenal lumayan galak. Bisa dibilang, Yoga ngga terlalu deket sama keluarga kecuali ke Cecil.

Mau tau ngga kenapa?

Oke, Cecil tau kalian semua mau tau tentang itu. Jadi waktu Yoga menginjak SMA, Papa mulai sakit-sakitan, semua perhatian keluarga tuh berpusat ke Papa, sedangkan diumur-umur segitu adeknya itu lagi butuh perhatian dan pengertian yang sangat banyak. Pengertian dan perhatian itu cuman bisa didapet dari Cecil, makanya dia jauh lebih protektif ke Cecil karena kakaknya yang satu itu sangat berharga buat dia. Bahkan untuk segala urusan hidup kaya misalkan kuliah dimana, kuliah jurusan apa, mau deketin cewek, mau ngelamar kerja di perusahaan apa tuh cerita sama minta doanya ke Cecil bukan ke mama. Bukannya durhaka, tapi emang Cecil cukup menggantikan posisi Mamanya bahkan keluarganya waktu Yoga butuh figur keluarga. Ya gitu deh singkatnya, kalo mau panjangnya mah bisa tapi kapan-kapan ya, kalo minat kasih tau, biar Cecil beberin semua masa lalu Yoga si anak manja yang berubah jadi anak galak.

💻💻💻💻💻

Coba gimana perasaan kalian abis baca part ini?

Dear Kafka...

Dear Cecil...

Baru liat Kafka gugup kan😂

02/03/2020
T

a💙

PFS [2] : Mr. Boss & Ms. Secretary (On Hold)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang