Di dalem kamar yang agak berantakan, karena habis balik ngantor tadi gue langsung goleran di kasur.
Tiba-tiba gue mikirin omongan Dandy
'Ayo pulang, dia bukan orang nya.'
'Aku lebih tau kamu, dari pada dia.'
Kemudian suara Kak Jano seolah ikut berbisik
"Mulai sekarang gak ada Dandy lagi, cuma aku sama kamu."
"Bisa janji sama aku?"
"Keluar dari mobil ini lupain yang kemarin. Begitupun sama aku, keluar dari sini aku gak bakal ragu sama kamu."
Nafas gue jadi terasa tercekat. Gue tidur pun gak tenang.
Hari ini Dandy masih mencoba membujuk gue buat balik lagi. Beberapa chat dan telpon dari dia gue abaikan. Jangan kan merespon, ngebuka aja gue takut.
Oke, pertama tarif nafas dulu Sharefa.
Kemudian mulai berpikir tenang, inget kata Kak Jano 'Tenang'.
Baik, yang pertama.
Dandy.
Dandy Ezran Thaniel, tinggi ganteng, visual nya gausah ditanyain. Kata orang mukanya kayak dewa. Dandy itu orangnya soft, wajahnya emang terkesan tegas dan galak. Tapi aslinya bikin meleleh. Dandy juga pendiem dan irit ngomong nya, tapi kalau gue lagi cerita pasti dengerin sambil ketawa-ketawa. Tipe pacar yang romantis, tapi gak lebay.
Dia cenderung mengiyakan semua kemauan gue. Sama Dandy gue ngerasa dimanja. Tapi dulu, sebelum dia sibuk jadi dokter residen.
Dia ini tipe pemerhati yang baik, Kak Jano juga sebenernya. Tapi Dandy ini lebih peka, dia tau apa yang gue mau tanpa kudu ngomong. Kalau semboyan Kak Jano kan 'Kalau lo gak ngomong, gimana gue bisa tau?'
Pacaran lama sama dia, polanya selalu sama. Gue ngambek dia bakalan jadi orang yang selalu nge-reach duluan. Kecuali kalau lagi sibuk kayak setaun belakangan. Kalau gue marah, gue didiemin dulu. Semisal udah gak sibuk baru disamperin.
Kadang marah hari ini, disamperinnya satu minggu kemudian. Jadinya gue dibikin nunggu. Nunggu dan nunggu, itu rutinitas gue setahun belakangan waktu sama Dandy.
Nunggu balesan chat yang kadang gak dibales, nunggu telpon yang kayaknya kalau gak gue duluan dia gak bakalan nelpon, kecuali gue marah dan mulai mencak-mencak Dandy baru bakalan respon. Lama-lama capek juga marah sama dia, capek minta kabar.
Kemudian, yang kedua.
Jano Marais Harahab, tinggi ganteng juga. Bedanya Kak Jano ini lebih kurus dari Dandy.
Personality dia kalau lagi lepas sama kerjaan beda banget. Kak Jano itu dia kadang nggak jelas, sama kayak gue. Kalau ngomong apa adanya, tapi lucunya gak pernah bikin gue atau senior yang lain marah. Dia bisa ngepasin candaan dia di waktu yang tepat.
Dari pada Dandy yang selalu jadi orang yang ngedatengin gue duluan waktu marah dan minta maaf entah guenya yang salah atau emang dianya yang salah. Kak Jano lebih suka langsung ngomong, nanyain kenapa?
Kalau menurut logika dia, gue salah. Ya salah! Kak Jano gak pernah bermanis mulut. Salah ya salah, harus dilurusin. Tapi semisal dia salah, dia bakalan minta maaf.
Yang bikin gue nyaman sama Kak Jano adalah, dia itu emosi nya stabil. Sebenernya jarak usia kita gak jauh. Gue 24 dan Kak Jano 28. Tapi kalau dideket Kak Jano gue tuh ngerasa kayak bocah banget saking dewasanya pola pikir cowok itu.
Dia itu bener-bener bisa ngurusin gue, alias ngemong. Ada dideket Kak Jano itu rasanya nyaman, seakan gue punya sandaran. Sebenernya masalah sandaran ini, gue ngerasain juga sama Dandy. Gue bisa ngegantungim semuanya sama dia, sampai-sampai gue kayak orang gila yang ketergantungan sama dia. Tapi dulu...
Dan gue merasa jadiin Dandy sandaran dan jadiin Kak Jano sandaran, rasanya beda.
Kak Jano itu pacarannya selain pakai hati, logika dia juga ikut andil. Gak cuma 'aku cinta kamu' tapi masih ada lanjutannya, 'aku cinta kamu tapi ayo otaknya dipakai' ibaratnya kayak gitu.
Gak ada dikamus dia kata bucin, dan sayang-sayangan. Karena bagi dia, kata 'Sayang' lebih berkesan kalau gak keseringan dipakai.
(Mas Jaerend tolong dibaca dua paragraph atas tadi)
Sama Kak Jano gue jadi tau, ternyata cara mencintai satu orang dengan orang yang lain itu beda.
Terus orang yang cocok sama gue tuh sebenernya kayak gimana?
Gue pengen Kak Jano, tapi gue juga pengen cowok yang soft dan romantis kayak Dandy. Hufttt.
Di mix bisa enggak sih?
Kita campur keduanya kemudian kita aduk dan dituang dalam satu orang?
Gue sedikit goyah karena tiba-tiba kepikiran aja, gimana gue sama Dandy dulu. Pait, manis, asin, asem, semua rasa dalam pacaran udah gue jalanin sama dia.
Ngerti banget gue Dandy juga serius sama gue, tapi memang gue ini ego nya masih tinggi. Maunya dingertiin, maunya diperhatiin. Jadinya gue ngeganggu dia dan berujung lama-lama Dandy jadi males ngasih kabar ke gue. Seadainya gue bisa mikir kayak gini di masa lalu, mungkin gue masih sama Dandy.
Tapi emang hidup selucu itu. Suka main-main sama perasaan manusia.
Tiba-tiba perasaan gue dipindahin ke senior gue dengan tempo secepat-cepatnya. Dan seakan luka yang kemaren sore sembuh gitu aja.
Segala sesuatu yang ada di dalam Kak Jano itu ajaib. Ajaib gimana gue bisa suka sama dia dan nyatain perasaan duluan. Ajaib bagaimana dia ngebikin gue bisa melupakan luka gue dengan cepat.
Gue berharap banget Dandy segera mengikhlaskan perginya gue. Dandy harus bisa lepas dari bayangan kami. Dan Dandy harus bahagia meskipun tanpa gue.
Dandy itu, kalau mau cari cewek baru gampang. Ibaratnya tinggal lirik, pasti banyak yang ngejar. Masih kurang sabar gimana dia sama gue? Gue ngeselin sekalipun dia masih mau sama gue.
Gue jahat banget ya sama Dandy?
Gue cuma bisa lihat kesalahan dia, tanpa lihat apa yang pernah kita lalui barengan.
Dandy, Dandy, bikin pusing aja.
°°°
Good early morning y'all!!
Hayoloh pusing gak pagi-pagi? Huhu karena aku juga pusing haha.
Let's be real, kalau kalian jadi Refa milih siapa?
(Jangan liat dari bias dan maincast)
KAMU SEDANG MEMBACA
Senior [1] : Finding Mr. Right
FanfictionCinta aja ternyata enggak cukup dalam sebuah hubungan. Secermerlang apapun karier juga ternyata enggak cukup kalau itu hanya untuk ajang pembuktian. Semuanya rumit bagi Sharefa Yushrin. Inginnya, sang kekasih selalu perhatian dan ada untuk dirinya...