30

12.2K 1.8K 235
                                    

*Jano Pov

Kamis malem,

Tiba-tiba gue kepikiran Refa, tumben juga itu anak seharian bales chat seadanya banget. Sore tadi gue telpon juga gak nyahut.

Pusing kebanyakan tugas apa ya?

Kemarin gue ngasih tugas banyak banget soalnya. Kalau gak gue gituin, nanti dia kesenengan di kantor gak ngapa-ngapain. Tugas gue niatnya baik kok, biar dia belajar dan bikin dia luasin pemikiran lagi. Rata-rata tugas yang gue kasih itu intinya sama, nyuruh dia berpendapat tapi harus ada dasarnya.

Alasannya simple. Banyak orang di bidang kami yang asal perpendapat tanpa adanya dasar yang pasti. Demi sejumlah uang, apapun mereka katakan untuk mendapatkannya. Mereka dengan asal berani beropini dan berargumen tanpa mau menilik lebih dahulu tentang pendapat mereka. Satu yang gue percaya, apa yang kita yakini belum tentu benar. Maka dari itu dibutuhkan research terlebih dahulu.

Oke lah kalau debat kusir terserah.

Tapi sayang, gue sama Refa enggak main di situ. Fatal banget ketika orang hukum berpendapat tanpa adanya dasar yang kuat. Argumen lo bisa gak valid, nama lo bisa rusak di saat itu juga. Sebelum Refa masuk lebih jauh, gue mau ajarin dia beberapa pegangan dulu. Gue menyebutnya pondasi, gue lagi bantu Refa bangun pondasi dia. Barangkali dia mau lanjut sekolah advokat, seenggaknya dia udah punya cukup bekal.

Balik ke masalah Refa yang hari ini. Jadi 'aneh'.

Sebelum Refa nangis, sebenernya gue udah ngerasa aneh. Biasanya dia itu kalau on the phone berisik. Apalagi kalau posisinya seharian gak ketemu, dia bisa cerita panjang lebar seharian ngapain aja dan kemana aja.

Waktu denger dia nangis gue khawatir. Apalagi dia pengen gue balik. Gue tanyain kenapa dia gak mau jawab, makin kepikiran lah gue. Waktu denger dia minta gue balik, sebenernya gue udah kepikiran kalau dia nangis gara-gara mantannya itu.

Gue pikir biasa lah berantem karena gak mau diputusin. Makanya waktu minta gue balik, gue enggak ngeiyain.  Dia gak ada bilang kalau ternyata masalahnya lebih rumit.

Gue gak bisa ninggalin kerjaan gitu aja demi cewek. Apalagi gue gak tau dia nangisnya gara-gara apa. Kalau ternyata nagisnya gara-gara hal receh, ngapain banget gue balik?

Cinta sih cinta, tapi please pakai logika.

Seorang Jano itu gak pernah ngorbanin keprofesionalitasan demi pacar. Kecuali ada keadaan mendesak, baru gue mau ngalah. Gue tuh gak pernah mau jadi bucin-bucin apalah itu, yang tiap ceweknya ngambek langsung disamperin walau ada badai menghadang.

No, I can't. It's sounds stupid. Gue menamakannya pembodohan.

Masalahnya gak semua perempuan itu paham, kadang dikiranya kita nyuekin. Padahal mah enggak sama sekali.

Pacaran sama yang namanya Sharefa itu, artinya gue harus siap ngarahin dia, gue harus sabar kalau manjanya kumat, dan gue harus memaklumi sifat dia yang cenderung cheesy itu.

Tapi gue kaget, Refa itu gak semanja yang gue pikirin di awal. Dan dia juga enggak terlalu lebay yang minta diperhatiin terus. Kaget, ternyata dia yang memulai menyesuaikan diri sama gue. Bener kata Jeni, Refa lagi nyoba berubah.

Pacaran sama Refa bener-bener ngukir sejarah baru. Gue gak suka cewek manja, dan gue gak suka cewek rewel dan lebay. Tapi Refa beneran ngerusak list tadi, dan pandangan gue jadi berubah.

Kalian pikir tujuan gue ngajak dia gabung ke law firm gue apa? Gara-gara gue suka? Ya enggak lah!

Sedari awal gue liat Refa, gue gatel pengen ngerjain itu anak.

Gue ketemu Refa karena dia magang di law firm Pak Hendra, dan gue udah ngerasa aneh. Tumben nerima anak kampus magang? Hendradi Law Firm cuma nerima kerjasama buat acara-acara kampus seperti seminar, office visit, kalau untuk kerjasama magang biasanya ditolak. Setelah gue usut, tenyata gara-gara bokap dia.

Kemudian berlanjut sampai dia lulus dan kerja di sana. Semuanya gara-gara orangtuanya. Gue gak suka anak yang berhasil karena usaha orangtua. Makanya gue pengen ngerjain dia sambil ngajarin dia. Untung aja sama Bokapnya dia dipaksa gabung sama kantor gue.

Pelan-pelan gue minta dia ngebuka memory dia dimasa kuliah, kemudian gue kasih dia tanggung jawab. Setelah gue amatin, dia gak terlalu buruk juga.  Meskipun diawal suka ngomel-ngomel, tapi lama-lama dia jadi terbiasa. Dia fast learner, meskipun pemikiran dia masih dasar banget, tapi buat gue itu awalan yang bagus.

Gue ngedorong dia pelan-pelan. Karena dia ini termasuk anak yang harus kita dorong dulu baru jalan. Dia memang belum bisa gue lepas sendiri dalam ngehandle kerjaan, tapi liat perkembangan dia selama lima bulan ini gue lumayan puas.

Yang gue suka dari Refa adalah, dia orangnya ekspresif. Dia gak bisa nyembunyiin perasaan dia. Kalau bete kelihatan, kalau seneng juga keliatan, mau nangis ya nangis, mau marah ya marah. Tapi itu juga jadi kelemahan dia karena belum bisa ngatur emosi dan nempatin posisi dia dimana.

Sekali lagi, gue harus bisa memaklumi. Perubahan itu gak bisa tiba-tiba. Semuanya berproses.

Masih soal hal yang gue suka dari Refa. Gue suka cara dia natap gue, matanya keliatan seakan selalu tersenyum ketika gue ngeliat kedalam manik mata dia. Sesuatu yang gue gak pernah dapetin dari mantan-mantan gue.

Kadang dia juga suka senyum-senyum sambil ngeliat gue yang padahal lagi gak ngapa-ngapain. Udah gue bilangkan? Refa itu gak belum bisa ngendaliin emosinya.

Gue bersyukur banget karena Refa suka sama gue. Karena gue rasa, gue belum pernah dapet cinta sebesar rasa cinta Refa sebelumnya.

Berawal dari keisengan gue ngajak dia gabung ke firma hukum, tiba-tiba Tuhan punya rencana lain. Mana nyangka kalau gue bakalan pacaran sama Refa? Bahkan di awal gue enggak ada ngelirik dia sama sekali, karena selain bukan tipe gue, Refa waktu itu juga udah punya pacar.

Hubungan gue awalnya memang murni senior dan junior. Hingga gue tertarik sama keseharian dan polahnya, yang setiap hari yang bikin gue merasa dia itu beda dari temen-temen kantor. Refa, dia nyenengin. Bukan cuma soal visual, lebih dari itu dia orang yang serius ngerjain amanah dari senior-seniornya, anaknya kalau lagi bagus mood-nya cerah banget, cengiran dan ketawanya bikin orang-orang di sekitar dia ikutan senyum kalau lihat.

Dan bodohnya, kemarin hampir gue lepasin karena gue gak yakin apakah Refa beneran suka sama gue ataukah cuma perasaan dia yang sesaat lewat.

Mungkin gue gak seromantis Dandy, tapi gue mau janji kalau gue bisa lebih baik dari dia. Mungkin kita baru aja memulai, tapi gue beneran gak ragu-ragu lagi sama perasaan gue.

Dandy beruntung bisa sama Refa selama tiga tahun, tapi percuma karena gue yang bakalan bawa dia sampai kepelaminan.

°°°






















Aku juga mau dibawa kepelaminan Kak 😭😭😭😭

Senior [1] : Finding Mr. RightTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang