Kondangan Nyok!

426 64 10
                                    

Suatu hari yang sangat panas di Jogjakarta. Seorang Wijang dengan setelan kolor merah dan kaos oblongnya yang udah melar-melar sedang kipas-kipas di depan teras kosan. Di kosan cuma ada dia seorang dan ayam-ayam tetangga yang diumbar di halaman depan. Namun tak lama berselang, handphone di saku kolornya bergetar menandakan adanya seseorang yang memanggilnya di sebrang.

"Halo!" Suara Wijang yang ngegas, padahal ngga pake di gas juga pasti kedengeran.

"Halo, Wijang!"

"Ya buk. Tumben nelpon? Ada apa, mau nambahin uang bulanan?"

"Heh! Kamu nih loo~ Adekmu mana?"

"Ini nelpon cuma mau nyariin si Arin?"

"Ya engga lah kamu ini, gini lho Jang kemarin ibuk ngobrol sama Arin tentang nikahan anaknya Tante Susi."

"Trus?"

"Si Arin dah ngomong belum sama kamu kalo ibuk ngga bisa dateng ke kondangannya Tante Susi?"

"Belom,"

"Adduuh,,, Ya ampyun!"

"Lah, mang napa buk?" Denger kepanikan ibunya di sebrang, Wijang jadi ikutan kelimpungan.

"Ck... Jadi Ibu pesen ke Arin biar kalian berdua aja yang wakilin ibuk sama bapak dateng ke kondangan."

"Lah kok jadi Wijang? Emang ibuk sama bapak napa?"

"Biasa, bapak ngga mau nganterin."

"Lhah timbang Solo-Semarang, biasanya ibuk kemana-mana sendiri jugak. Naek kereta napa buk."

"Heh! Ntar nek ibukmu kenapa-kenapa gimana?! Ah wes, pokok e kamu aja sama adekmu sono yang berangkat. Kalo perlu ajakin temen kosan mu itu biar rame."

"Emm~"

"Kenapa am em am em, cosplay jadi Nissa Sabyan? Apa laper?"

"Bukan, emm ongkos?"

"Lhah, Arin ngga bilang kalo udah ibuk transfer?"

Dalam hati Wijang berkata, "Bangsul! Pantesan dari semalem anteng kagak ngoceh malakin gue!"

"Udah ya Jang, ibuk mo berangkat pengajian. Jangan sampe lupa!"

"Iya iya"

"Jangan cuma iya iya, di inget yang bener ntar---"

"Waalaikumsallam buk!" Akhir Wijang karena takut bukannya sang ibu yang mendapat tausiyah pengajian, namun justru dia yang akan mendapat suraman rohani. Telinga Wijang sudah cukup menderita karena ocehan Arin dan Tika, jangan sampai sang ibu juga ikut menambah petaka.

Mengingat percakapan barusan, Wijang dengan gercep mengirim pesan pada sang adik yang tiada adab menyembunyikan uang transferan.

Wijang
Heh bogel!

Cukup lama seorang Wijang menunggu balasan, mungkin Arin sedang fokus kelas dan menganggap pesan itu dari operator jadi dia enyahkan saja.

Arin
Paan?

Wijang
Kurang asem lu jadi adek,
Bagi duit yang dari ibuk!

Arin
Idiih...
Ntar akh, lagi kelas gue

Wijang
Awas lu ye!!!

Arin
IYA JAMET!!!

"Heh! Ngapain lu kek orang stress? Laper?" Tiba-tiba si Tika muncul sambil lubang idungnya kembang kempis.

Kosan Asik Bersama Day6Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang