.
"heh le! mbok yo kawen! ndase wes telu, arep ngenteni opo neh to?"
san malas sebenernya nanggepin ibuknya, tapi mau nggak mau san ngangguk. "nggih, bu."
"nggah nggih wae! deloken si asep iku, anake wes papat!"
haduh, asep kan emang pengrajin anak, pikir san. lagi-lagi san cuma bisa pasrah. "iyo bu, sesuk—"
"sesuk tak tunggu kon, san."
san gelengin kepala ribut begitu inget kalo dia janji besok mau ngasih mantu ke ibuknya. boro-boro calon mantu, pacar aja nggak ada!
cowok itu jedut-jedutin palanya di meja depan minimarket merah kuning. kayak diatas palanya itu udah ketulis tanggal kiamatnya dia.
"mas, mas,"
san dongakin kepalanya, nemuin cowok rambut merah kaya ayam jago yang tangannya nepuk-nepuk pundak dia. alisnya ngernyit, natap cowok itu bingung.
"apa?"
"masalah hidupnya berat ya? masalah jodoh?"
san jadi negakin badannya sempurna. kok ayam jago ini bisa tau?
"kenapa emang?"
cowok itu jentikkin jarinya dan duduk dikursi kosong. dia malah nyodorin tangannya ke san.
"saya jongho, biar saya bantu mas,"
san udah balik ke kosannya, tapi masih di teras depan. mikir-mikir sambil ngeliatin beberapa bungkus permen ditangannya.
"nih mas, dijamin dapet jodoh!"
"hah? permen?"
"dicoba aja, mas. saya udah nikah dua bulan yang lalu karena ini permen."
san akhirnya membuka satu permen, di bungkus bagian dalamnya tertulis,
"wooyoung jatmika?"
san menggidik dan memakan permen tersebut. manis asam, ya segimana rasa permen. udah makin malem, san masuk ke kosannya.
cklek!
"san! kamu kemana aja sih?!"
san hampir jantungan melihat sosok lain yang ada dikosannya.
"gak usah sok kaget! darimana kamu?"
san neguk ludahnya kasar. sumpah, ini cowok siapa? tapi manis sih hehe
"SAN! KOK MALAH NYENGIR GITU?!"
san langsung gelengin kepala. kayaknya otaknya konslet tadi.
"anu, aku tadi abis kerumah ibuk—"
ekspresi galak di cowok itu berubah drastis jadi jauh lebih manis, buat san jadi dag-dig-dug serr.
"bilang dong kalo dari rumah camer aku," katanya sambil narik san yang masih diambang pintu.
"eh, eh, tunggu, camer maksudmu?"
cowok itu mengangguk dan nunjukin cincin yang ada di jari manisnya. "bulan depan kita nikah loh, san. kamu ini ah bercanda terus!"
san buru-buru liatin jarinya. shit, sejak kapan dia pake cincin?! san baca tulisan yang ada di cincin punya dia, w. jatmika.
ah! ini toh maksudnya!
"w-wooyoung?"
san nyoba panggil pake nama, mastiin. "iya? eh udah malem, aku pulang dulu deh ya, besok aku kesini lagi pas mau latihan balet."
cowok itu nyium pipi san singkat sebelum bener-bener pergi kaya jelangkung.
"wow, impressive!"
besok paginya, san makan permen itu lagi dan nemuin satu nama lagi.
"yeosang septiana?"
gak lama pintu kosnya diketuk, buat san bangun dan buka pintu. sesosok cowok putih yang subhanallah cantik banget anjir!
"ayok kita jogging!"
disinilah san sekarang, di alun-alun sama cowok cantik yang namanya yeosang.
"mikirin apa sih?"
san nengok, ngeliat yeosang yang keliatan capek abis lari-lari bareng dia.
"oh- enggak, hehe."
san baru inget, si wooyoung gimana ya?! san reflek ngeliat jarinya. ajaib, jarinya— eh, cincinnya ilang!
"oiya, nanti aku ada job nih, anterin ya?"
"j-job?" tanya san bingung.
yeosang ngangguk sesekali ngelapin keringetnya san. aduh, manis banget.
"aku kan guru silat, sayang. gimana sih kamu?"
"oh, OH IYA HAHAHA- haha- ha, kamu guru silat ya. hehe. okesiap nanti aku anterin,"
"makasih sayang!" yeosang meluk lengan san, buat san hampir jungkir balik. kaget, serangan fajar.
"eh- anu- sebentar yeo, aku ke toilet dulu,"
yeosang lepasin tangan san, yang dilepas buru buru kabur sebelum mampus dia keenakan.
"deg-degan he jantungku!" san megang dada kirinya yang lagi disko pas udah berhasil sembunyi disemak-semak.
dia ngerogoh kantong trainingnya, permennya tinggal dua. dia ambil satu dan nemuin satu nama lagi.
"mingi alreska."
"HEH SAN! HAYU ATUH MALAH JONGKOK DISITU IH!"
san nengok, cowok jangkung pake kacamata bulat.
"mingi?"
"iya by, ini aku. udah ayo katanya mau nemenin aku latihan karate!"
"latihan karate? HAH? KARATE?!"
san berhasil kabur dari mingi, waktu atlet itu lagi latihan. san duduk di warung kosong, capek banget bruh rasanya.
"wooyoung, yeosang, mingi? oh, masih satu lagi!" san mengambil satu-satunya permen yang ada. gak lupa baca bismillah, san buka bungkus yang terakhir.
"seonghwa marlene? ayu e jenenge?"
san celingukan mencari sosok cantik itu. nggak lama, ada yang datang.
"hai, aku kelamaan ya?"
san sampe gak bisa mingkem dibuatnya. ini sih parah men.
"hah? enggak, aku baru dateng, hehe."
seonghwa senyum, san liat matanya itu kayak ada glitternya.
"tadi aku abis latihan,"
san nanya hati-hati. "latihan?"
seonghwa ngangguk singkat.
"latihan tinju, apalagi?"
"tinju ya? wah hahaha- ha."
ingetin san buat nonjok orang yang rambutnya kayak ayam jago besok. gak ada yg bener!
.