homo di kenyataan ituㅡ
... rasanya gimana?
ketika orang lain bicara soal penyuka sesama jenis, san cuma bisa diam dan mendengarkan. homo, gitu singkatnya.
temen-temennya biasa melontarkan candaan berdasar kata tersebut. terdengar, biasa aja walaupun sebenarnya sedikit tabu.
di negara ini hal semacam itu masih dianggap melenceng dari norma dan dilarang keras. tapi, san yakin, pasti ada banyak pelanggar-nya.
atau mungkin, sebenarnya, ada disekitarnya? ah, san gak tau.
san selalu penasaran sama hal-hal yang tersembunyi dari keramaian. san bukan homophobic, anti-homo, atau apapun namanya. san tahu betul, semua orang punya hak dan pilihan hidupnya masing-masing.
san menutup laptopnya, artikel memberinya sedikit pengetahuan baru.
"mereka itu sebenernya menarik."
ada banyak artikel yang ia baca mengenai homo dan lesbian. semakin membuatnya penasaran, seperti apa mereka di dunia nyata?
"oi san!"
yunho datang dengan seorang gadis cantik berparas anggun. teman tingginya itu pernah bercerita soal primadona-kampus-sedang-mendekatinya, apa yang ini?
"kenalin, ini sihyeon, yang pernah gue ceritain,"
san meneliti si gadis, cantik sih tapi entah kenapa kurang cocok bersanding dengan temannya itu.
"gue duluan ya,"
san meraih laptopnya dan beranjak memasuki gedung, kelasnya akan dimulai.
curious
san sibuk memperhatikan seonghwa dan hongjoong yang mengerjakan tugas dihadapannya. kedua kakak tingkatnya itu mampir ke kosan-nya sekadar untuk menumpang mengerjakan tugas.
"kak,"
kedua orang yang lebih tua sama-sama mengalihkan pandangannya menuju si adik tingkat.
"kalian pernah penasaran nggak sama homo?"
"hah?"
"maksud lo?"
san berusaha tenang dan santai. netranya berputar kesegala arah.
"gue cuma penasaran aja."
seonghwa masih melanjutkan tugas kuliahnya, hongjoong meraih kopi instan-nya dan menenggaknya.
"gue juga."
seonghwa melirik hongjoong yang ada disebelahnya. "kenapa kalian penasaran?"
"ya cuma penasaran aja, emang rasanya gimana?"
san mengangguk sembari menimpali ucapan hongjoong. "di anime, keliatannya gemes aja."
curious
hari ini san nggak ada kelas. agendanya hanya berisi tugas yang dikumpul minggu depan, masih lama.