Penghargaan itu sangat penting di mata setiap orang. Dengan penghargaan seseorang akan merasa dihargai dan diakui keberadaanya. Dampak penghargaan pun akan dahsyat, bisa menambah motivasi dan semangat bagi si penerimanya. Motivasinya akan berlipat ganda. Dengan demikian, penghargaan memiliki peran penting dalam hidup semua orang. Penghargaan merupakan stimulus yang dibutuhkan seseorang.
Secara umum penghargaan merupakan sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan prestasi di bidang tertentu. Sebagai guru, penting bagi kita memberikan dan menunjukkan penghargaan kepada siswa karena prestasinya. Prestasi di sini bisa apa saja, bukan dalam arti meraih juara tertentu dalam suatu kompetisi saja. Ini penting dilakukan guru karena mencerminkan upaya untuk menghargai siswa.
Saat mengajar di kelas merupakan momen yang sangat berharga dalam memberikan penghargaan kepada siswa. Saat menerangkan pelajaran kemudian mengajukan pertanyaan kepada siswa kemudian ada yang menjawab berikanlah pujian, walaupun jawabannya tidak tepat. Berikanlah kata-kata positif agar siswa tersebut merasa dihargai dengan jawabannya.
Memberikan penghargaan juga bisa berbentuk isyarat seperti anggukan kepala atau acungan jempol. Sebagai contoh, Ketika mereka mengerjakan tugas dengan hasil yang baik, maka berikanlah anggukan atau acungan jempol kepadanya. Sikap non verbal itu mungkin sepele, namun berdampak besar baginya bagi siswa.
Siswa dalam hal ini membutuhkan pengakuan eksistensinya dari gurunya. Mereka ada dan bertahan di kelas membutuhkan sesuatu yang membangkitkan selera belajar. Selera belajar mereka harus didukung dengan sebuah penghargaan.
Penghargaan, baik verbal dan non verbal bukan sesuatu yang mahal dan sulit untuk diberikan kepada siswa. Tidak mahal karena tidak membutuhkan materi berupa uang. Mudah, karena hanya memerlukan kata-kata dan isyarat positif. Maka, berilah siswa-siswa kita penghargaan atas usaha belajar mereka. Dampak yang sangat luar biasa dahsyat dari sikap guru yang sederhana yaitu penghargaan.
Apa tujuan memberikan penghargaan
Bagi siswa? Menurut Moh. Uzer Usman (2006: 81) ada tiga tujuan reward atau penghargaan untuk siswa, yaitu memberikan penguatan dan meningkatkan perhatian siswa terhadap pelajaran, merangsang motivasi belajar siswa dan meningkatkan kegiatan belajar, serta membina tingkah laku siswa agar lebih produktif.Dilihat dari pendapat di atas, minimal ada empat tujuan guru memberikan penghargaan. Pertama, mendapatkan perhatian dari siswa. Sebagai contoh untuk mendapatkan perhatian siswa saat mengajar, guru memberikan penghargaan bagi siapa yang dapat menjawab pertanyaan.
Kedua, memotivasi belajar siswa. Siswa memerlukan dorongan dari gurunya untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Penghargaan yang diberikan guru saat pembelajaran merupakan solusi tepat. Cara ini bisa dipraktikan oleh guru saat siswa sudah terlihat malas dan tak bersemangat.
Ketiga, menghidupkan kegiatan belajar. Kegiatan belajar siswa yang monoton dan menjenuhkan bisa dicairkan dengan cara ini. Berikan rangsangan kegiatan belajar dengan memberikan penghargaan kepada siswa. Misalkan dengan membuat sebuah game interaktif kemudian memberikan penghargaan bagi siswa yang memenangkan game tersebut.
Keempat, membangkitkan produktivitas siswa. Untuk membangkitkan siswa yang tidak produktif, rangsanglah dengan memberikan penghargaan baginya. Seorang siswa kadang tidak aktif dalam pembelajaran karena kurang mendapatkan perhatian. Maka, berilah perhatian lebih dengan memberikan penghargaan kepadanya.
Demikian urgensi penghargaan bagi siswa di sekolah. Guru tak sekedar memberikan materi pelajaran, namun dalam proses pembelajaran perlu memperhatikan faktor pendukung lainnya yaitu reward atau penghargaan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Guru di Antara Putih Biru
Non-FictionKumpulan tulisan seputar sekolah, guru, dan proses belajar mengajar