Pemanfaatan Blog Untuk Media Pembelajaran

5 0 0
                                    

Banyak jalan menuju Roma. Demikian kata pribahasa. Pribahasa itu memiliki arti ada banyak jalan atau cara untuk mencapai tujuan.

Di dunia pendidikan, pribahasa tersebut bisa dijadikan pegangan oleh para guru dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dalam menggunakan media pembelajaran. Variasi media pembelajaran akan memengaruhi minat belajar siswa. Salah satu sarana yang dapat dijadikan media salah satunya adalah blog.

Weblog atau blog adalah website atau jurnal online yang membuat beragam informasi yang disediakan oleh penulis atau pembuatnya. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan blog dapat dibuat oleh siapa saja yang berupa informasi yang bersifat online. Guru dalam hal dapat memanfaatkan blog untuk digunakan sebagai media belajar dengan siswanya. Karena bersifat online maka blog sangat praktis pula digunakan di mana saja.

Manfaat blog di bidang pendidikan diantaranya yang pertama sebagai sumber informasi. Blog memungkinkan sebagai Informasi dari guru kepada siswanya untuk memberikan informasi berupa tugas, pekerjaan rumah, informasi nilai, dan lainnya.

Kedua, sebagai media pembelajaran. Pada zaman saat ini, pembelajaran dapat menggunakan media interaktif agar siswa meningkat minat belajarnya dan menghilangkan kejenuhan. Pada blog, dapat memanfaatkan video pembelajaran agar siswa dapat memahami materi secara terperinci. Dengan blog maka guru dan siswa dapat memanfaatkan tulisan-tulisan dan fitur-fitur yang lebih interaktif dan menarik seperti menambahkan video, poto, atau animasi.

Ketiga, sebagai media penunjang bakat dan minat. Guru yang menggunakan blog sebagai media pembelajaran dapat menunjang bakat dan minat siswa. Video, poto, dan animasi yang ditampilkan pada blog dapat menunjang minat siswa untuk belajar blog pula, secara tidak langsung dapat mengembangkan bakat siswa.

Dengan demikian, blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada dunia pendidikan sebagai penunjang kompetensi siswa. Dengan pembelajaran interaktif dan menarik dapat membangkitkan minat belajar siswa sehingga dapat memahami materi pelajaran yang diberikan guru.

Guru di Antara Putih BiruTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang