TIK Antara Teknologi dan Karakter Siswa

6 0 0
                                    

Pelajaran Teknologi Informasi dan Komuniksi (TIK) sangat penting masuk dalam mata pelajaran kurikulum sekolah. Dengan demikian siswa berkesempatan memiliki ketrampilan dalam mengoperasikan komputer. Pelajaran tidak bisa dianggap remeh dalam dunia pendidikan sekolah.

Dalam TIK, selain kemampuan mengoperasikan komputer, siswa juga diajarkan perkembangan dunia teknologi sekaligus menggunakannya secara bijaksana. Artinya, TIK mengajarkan juga tentang karakter siswa. Sebagai contoh pada kelas IX materi internet selain mengajarkan cara menggunakannya, siswa diajarkan tentang kelebihan dan kekurangan internet.

Pada materi itu dijelaskan apa saja yang harus dihindari ketika menggunakan internet. Di antaranya adalah menghindari pencurian secara digital, menghindari situs-situs yang tidak pantas dan sebagainya. Jadi, selain mengajarkan pengetahuan dan ketrampilan, TIK mengajarkan nilai karakter bangsa pada diri siswa. Sehingga untuk memasukkan kembali mata pelajaran TIK ke dalam kurikulum sekolah sangatlah tepat. Apa pun namanya apakah TIK atau informatika.

Berkaitan dengan pengetahuan atau teori, pelajaran TIK masih sangat relevan dalam perkembangan zaman. Siswa diajarkan perkembangan peralatan informasi dan komunikasi dari masa ke masa. Secara langsung siswa diajarkan sejarah perkembangan manusia menggunakan peralatan dalam mempertahankan hidup dan berkomunikasi.

Berarti siswa juga secara tidak langsung diajarkan menghargai perjuangan orang-orang terdahulu yang hidup dengan peralatan yang terbatas dan tidak secanggih sekarang. Lagi-lagi fungsi pelajaran TIK sangat penting dalam menanamkan karakter siswa yaitu menghargai orang lain.

Pada zaman yang begitu cepat perkembangan di bidang teknologi digital, maka siswa harus diberikan pemahaman bagaimana menyikapi perkembangan tersebut. Harus ada yang memberikan pengetahuan sekaligus arahan, bagaimana menggunakanya secara arif dan bijak. Fungsi tersebut tidak bisa dialihkan kepada guru lain, harus dikembalikan kepada guru TIK itu sendiri.

Dengan demikian keberadaan mata pelajaran TIK dalam kurikulum sangat penting dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Mengingat fungsinya diperlukan oleh siswa dalam pengetahuan dan praktek operasional komputer. Terlebih ada fungsi lainnya yaitu pembentukan karakter siswa. Jika ada kekurangan didalamnya, maka pihak terkait dalam hal ini pemerintah sebaiknya meninjau kembali dan bukan malah menghapus TIK dalam struktur kurikulum.

Guru di Antara Putih BiruTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang