Dalam kondisi tertentu, proses belajar bisa saja berlangsung secara tidak normal. Bisa saja dalam kondisi tertentu pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring. Kondisi ini tentu saja menjadi kendala bagi guru karena belum terbiasa. Teknis dan pelayanan juga menjadi kendala serius.
Jika kendala teknis berkaitan dengan ketersediaan perangkat dan operasionalnya. Kendala pelayanan erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam melayani siswanya saat pembelajaran online. Guru diharapkan mampu melayani siswa dalam pembelajaran model ini.
Pembelajaran daring atau dalam jaringan merupakan sistem pembelajaran melalui online tanpa tatap muka secara langsung yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Dalam hal ini, guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan walaupun siswa berada di rumah. Artinya, guru dituntut dapat menyediakan dan membuat media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring.
Pembelajaran daring bisa dilaksanakan melalui perangkat komputer, laptop, atau handphone yang terhubung dengan internet. Guru dapat menggunakan grup di media sosial seperti aplikasi zoom, whatsApp, telegram, instagram, atau media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran meskipun di lokasi yang berbeda.
Sikap melayani dalam pembelajaran ini sangat dibutuhkan. Tanpa sikap ini, mustahil pembelajaran akan berjalan dengan baik. Di antara siswa pasti ada yang kritis dan memerlukan penjelasan lebih sehingga melakukan feedback.
Yang dimaksud melayani dalam hal ini adalah guru menyiapkan keperluan siswa. Seperti bahan pembelajaran atau materi. Dalam pelaksanaanya guru dituntut memberikan materi yang jelas. Bila menggunakan tulisan saat, gunakan redaksi yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa. Bahasa tulisan akan berbeda dengan bahasa lisan sehingga harus lebih teliti dalam menggunakan kalimat.
Melayani juga berarti menerima semua permintaan dari siswa. Apa yang yang dibutuhkan siswa maka berikanlah sesuai dengan kebutuhan. Termasuk informasi yang dibutuhkan terkait dengan tugas-tugas maupun yang lainnya.
Aktivitas melayani seorang guru dalam pembelajaran online, adalah mengendalikan proses pembelajaran. Termasuk membuat tata tertib selama pembelajaran berlangsung. Kapan tugas diberikan dan kapan siswa menyelesaikannya. Apakah ada tenggat waktu atau tidak? Seorang guru harus aktif dalam hal ini.
Jadi, sikap melayani seorang guru sangat dibutuhkan pada pembelajaran online. Pengorbanan waktu dituntut dalam hal ini karena model pembelajaran seperti ini tidak mengenal waktu. Guru harus siap melayani siswa kapan pun. Bisa jadi malam hari siswa akan menghubungi perihal pembelajaran yang diberikan. Jadi siapkan waktu ekstra untuk mereka!
KAMU SEDANG MEMBACA
Guru di Antara Putih Biru
Non-FictionKumpulan tulisan seputar sekolah, guru, dan proses belajar mengajar