Kurang dari sepekan lagi siswa akan menghadapi musim ujian akhir semester. Sekarang berubah istilahnya menjadi penilaian akhir semester disigkat PAS. Apapun namanya intinya adalah ujian. Apalah arti sebuah nama, kata sebuah pepatah.
Seperti biasanya, apabila sepekan menjelang ujian materi pembelajaran tiap mata pelajaran sudah mulai selesai. Saat-saat itu diistilahkan minggu tenang. Pekan ini juga para guru memanfaatkan minggu tenang dengan memberikan kisi-kisi soal dan contoh soal.
Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau yang hendak disusun. Manfaatnya sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes. Manfaat lain dari kisi-kisi ialah untuk menjamin sampel soal yang baik, dalam arti mencakup semua pokok bahasan secara proporsional. Sebuah kisi-kisi harus mewakili isi silabus, kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara tepat dan proporsional.
Selain kisi-kisi para guru juga memberikan latihan soal-soal ujian. Yang dijadikan contoh soal biasanya soal beberapa tahun pelajaran sebelumnya. Mengerjakan latihan soal akan memberikan gambaran soal yang akan dihadapi siswa. Mengerjakan latihan soal merupakan sarana belajar yang efektif bagi siswa. Siswa akan belajar menghadapi soal dan secara tidak langsung akan terlatih menjawab soal yang bervariasi. Disamping itu, dengan sering mengerjakan soal siswa akan semakin paham dan menguasai jenis soal yang akan dihadapi saat ujian.
Mari pergunakan minggu tenang ini untuk membantu siswa menghadapi Penilaian Akhir Semester atau PAS dengan memberikan dan membahasa kisi-kisi dan latihan soal. Ingatkan siswa pekan depan sudah musim ujian.
KAMU SEDANG MEMBACA
Guru di Antara Putih Biru
Non-FictionKumpulan tulisan seputar sekolah, guru, dan proses belajar mengajar