251. Mengirimkan Naskah Lebih Awal

2.3K 282 0
                                    

Dekan mengangkat kepalanya dan mengikuti tatapan guru ketika dia mendengar ini dan terkejut.

“Pertanyaan tahun ini bahkan lebih rumit dari tahun lalu. Apakah itu berarti... dia menyerah karena dia menyerahkan naskahnya satu jam lebih awal?” kata guru lain dengan bingung dengan soal-soal Lomba Kuis Nasional di tangannya.

Dia tidak mempertimbangkan kemungkinan seseorang dapat menyelesaikan kuis dalam waktu dua jam.

“Kamu tidak akan pernah bisa yakin. Mungkin dia berhasil menyelesaikan semua pertanyaan.”

Ekspresi sarkasme di wajah guru itu mengkhianati kata-katanya. Dia mengejek Hua Yao.

Meskipun Dekan memperhatikan Huo Yao, dia bisa mendengar apa yang dikatakan guru dari sekolah lain dengan jelas.

Dekan menoleh ke belakang untuk melirik orang-orang ini. Menenangkan dirinya, dia berkata dengan dingin, "Aku memiliki keyakinan mutlak bahwa Huo Yao kami menyelesaikan semua pertanyaan."

Para guru tercengang melihat Dekan melepaskan sikap sopannya. Setelah menyadari bahwa mereka telah salah bicara, wajah para guru memerah karena malu.

Semua siswa yang mengikuti lomba nasional ini adalah para elite dari sekolah-sekolah terbaik di kotanya. Oleh karena itu, para guru yang membawa mereka ke sini secara alami bangga dan tidak ingin menyerah pada pesaing mereka.

Tapi...

Sekolah Menengah No.1 adalah salah satu dari lima sekolah menengah teratas di negara ini dan memiliki sejarah yang panjang dan gemilang.

Juga, Huo Yao menduduki peringkat pertama di semua putaran kontes sebelumnya.

Dekan mengerutkan bibirnya tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Dia mengambil tas berisi ponsel siswa dan meninggalkan kantor.

Huo Yao sedang mencari Dekan ketika dia muncul di hadapannya saat dia berbalik.

Dekan berjalan mendekat dan bertanya padanya. "Huo Yao, apakah kamu selesai lebih awal?"

"Uh huh." Huo Yao mengangguk.

Dia berdeham dan terus menanyainya. “Pertanyaannya kali ini sangat sulit. Bagaimana kamu ... berhasil menyelesaikannya begitu cepat?”

Dekan berbicara dengan suara lembut. Terlepas dari pertanyaan yang berlebihan, dia sangat ingin menanyakan ini.

“Itu baik-baik saja. Mereka tidak terlalu sulit.” Huo Yao mengangkat alisnya dengan penuh percaya diri.

Menilai dari arogansi dalam suaranya, dia jelas menyiratkan bahwa pertanyaan itu mudah baginya.

Ekspresi rumit muncul di wajah Dekan. Dia telah bertanya kepada Kepala Sekolah kemarin tentang peluang Huo Yao untuk menjadi juara.

Dari kelihatannya sekarang, dia... tidak cukup mengenal Huo Yao untuk membuat penilaian itu sendiri.

Huo Yao tidak mempedulikan ekspresi aneh Dekan. Dia dengan cepat berkata, “Aku punya beberapa hal yang harus dilakukan. Bolehkah aku pergi dulu?”

Dekan merenungkan masalah keselamatan siswa sebelum dia mengeluarkan teleponnya.

"Biarkan aku crosscheck dengan Kepala Sekolah."

Meskipun tidak perlu memberi tahu Kepala Sekolah tentang hal-hal kecil seperti itu, dia memutuskan untuk tetap memeriksanya karena Kepala Sekolah sangat peduli padanya.

***

Kepala Sekolah berada di Institut Penelitian Biologi dan sedang berbicara dengan seseorang ketika teleponnya berdering. Dia melihat nama Dekan berkedip di layar dan minta diri. Kemudian dia berdiri dan berjalan ke jendela dan menjawab telepon.

“... Huo Yao menyerahkan naskahnya lebih awal? Tentu. Katakan saja padanya untuk berhati-hati dan biarkan dia pergi,” kata Kepala Sekolah sebelum menutup telepon.

30 detik kemudian, dia tiba-tiba menyadari sesuatu.

Bukankah dia mengirimkan jawabannya terlalu cepat???

[2] Miracle Pill Maker Bullies the BossTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang