Uang sekolah Gina sudah terbayarkan untuk satu tahun penuh, aku bahkan masih punya uang sisa untuk pegangan.
Setelah ini aku bingung, apa aku akan melanjutkan kuliah atau tidak. Karena bagaimana pun, Gina butuh aku di sini. Dia gak bisa kutinggal di rumah sendiri.
"Kak, kartu gue belum diisi duit." Ucap Gina,
"Kartu apa?"
"Kartu pelajar, gue makan siang kan nanti bayarnya pake kartu."
"Bawa bekel aja lah Dek."
"Lo bisa masak?"
Aku menggeleng.
"Biasanya Ayah apa Bunda yang isi kartu lo itu? Berapa?" Tanyaku.
"Gak tahu siapa, gak tahu juga berapa, gue sih selama gue makan dan lain-lain bayarnya lancar, ya gak pernah komen."
Aku menarik napas panjang. Astaga... bayar lebih dari 400 juta tapi tetep aja ngurus ginian.
"Yaudah nanti gue isi, gimana caranya?"
Gina lalu mengirim foto barcode yang ada di kartunya.
"Dek, lo tahu kan situasi kita lagi gimana. Gue juga gak kerja, jadi segala kehidupan hedon lo diskip dulu, oke?"
"Kalo gitu gue gak bergaul dong Kak?"
"Ya lo boleh bergaul, gue juga mau lo bergaul, tapi Dek, lo liat kondisi kita sekarang. Kita cuma berdua." Kataku.
"Bener kata Bang Jati, lo tuh bisanya cuma ngomel, bukan nyari solusi!" Seru Gina, membuatku marah.
"Gak usah lo sebut-sebut Bang Jati! Kaga pernah ada kontribusinya kan dia di hidup kita? Kita susah gini aja dia malah bawa kabur semua uang, gak mikirin kita! Lo bilang gue gak nyari solusi? Enak banget mulut lo ngomong gitu! Lo kira itu duit buat bayar sekolah lo turun dari langit apa?!"
"Bang Jati baik kak! Seenggaknya dia dulu selalu ada di rumah ini, gak kaya lo... pergi sama Aaron, ngikut dia party ke sana-sini! Terus kuliah lo ilang aja, gak ada buat gue! Bang Jati ada terus buat gue!"
Aku diam mendengar itu. Tapi karena masih merasa marah, ku bentak Gina.
"Yaudah, cari sana Bang Jati, minta dia buat isiin kartu lo itu!" Aku berbalik, masuk ke kamar sambil membanting pintu sekuat tenaga.
Di kamar, aku menangis. Gosh!
Bisa-bisanya Gina bilang aku gak ngasih solusi, dia gak tahu aku harus apa demi dapetin duit buat bayar sekolahnya.
Astaga.. aku nih kurang apa sih?
Meredam amarah, kuambil ponselku, mengirim uang untuk kartunya Gina senilai 5 juta, harusnya itu cukup buat bayar makan selama sebulan. Semoga.
Satu notifikasi masuk, aku terkejut melihat nama Febri di layar.
Febri:
Hay La?
Aku cerita soal kamu ke temenku
Mereka pada tertarik nyoba juga
Mau?
Tapi jangan mahal mahal lahIni bola mata kalo bisa keluar, keluar dah, anjir... apa-apaan? Ngapain Febri ngasih tau orang-orang? Aku gak butuh testimoni dari hal sialan kayak gitu!
Gak, gak, gak!
Aku sama Febri itu kesalahan, kepepet, you named it! Pokoknya gak boleh terulang lagi.
Aku nih sekarang harus kerja, kerja beneran, biar dapet penghasilan bulanan, biar aku dan Gina tetep bisa hidup walaupun cuma berdua.
*****