Gue kayak pernah ngalamin apa yang sedang gue alamin saat ini, yaitu keluarga gue sama keluarga Mario berkumpul. Bukan kayaknya lagi, sih, tapi kejadian ini memang pernah terjadi enam tahun yang lalu saat para orang tua umumin perjodohan antara gue sama Mario.
Bedanya, saat ini siang hari dan acaranya diselenggarakan di rumah Om Akbar sama Tante Ajeng. Ada tambahan tiga bocil hasil karya pasangan Kak Renita sama Bang Alvin, kemudian Kak Cantika sama Bang Ed.
Suasananya sama persis yang bikin gue malah ngerasa deja vu. Selain orang-orang yang udah gue sebutin barusan, ada juga Bastian, mama, dan tentunya Mario. Gue sama cowok itu bahkan kini duduk bersisian.
Wadah-wadah di atas meja yang tadinya berisi makanan kini sudah nyaris habis, menyisakan perut gue yang rasanya kekenyangan. Kayaknya bukan cuma gue aja yang rasain, tetapi kesembilan manusia dewasa di antara gue juga merasakan hal yang sama.
Gue yakin semua masakan yang terhidang itu masakan Tante Ajeng. Mama dari Mario itu emang suka bukan cuma sekadar ngundang buat ngumpul aja, tetapi bener-bener dimajakan untuk urusan perut.
Ah, rasanya udah lama gue enggak makan makanan enak.
Urusan makan-makan udah selesai, Om Akbar nyuruh kita buat pindah ke ruang keluarga rumahnya yang luas, biar ngobrolnya enak katanya. Di sana bahkan disediakan sekeranjang besar mainan untuk para bocil.
"Udah lama, ya, kita enggak ngumpul kayak gini!" ujar Om Akbar yang terdengar sangat basa-basi di telinga gue, pasti kalimat yang diucapkan beliau barusan adalah kalimat pembukaan sebelum pembahasan inti. Eh, gue juga enggak tahu, sih.
Jujur, kalau gue enggak ngehormatin orang tua Mario dan enggak dipaksa mama buat buat datang, gue enggak bakal datang. Anggap aja kurang ajar, tetapi rasanya emang males banget buat ketemu orang-orang yang gue temuin sekarang. Gue ini kenapa, ya?
Gue pengen acara ini cepet selesai dan nemuin satu-satunya orang yang pengen gue temuin, yaitu Leo. Setelah ini kita emang mau ketemuan, gue mau liat salon kecantikan dia yang baru rilis bulan kemarin.
"Semenjak dua pemeran utamanya sibuk sama urusan masing-masing kali ya, Pa?" sahut Bang Edward pada papa mertuanya yang sontak menimbukan kekehan orang-orang yang mendengarnya, kecuali gue.
Dua pemeran utama yang dimaksud itu maksudnya gue sama Mario gitu? Padahal setiap gue pulang, gue selalu sempetin diri buat ke rumah mereka walau mama yang nyuruh dan maksa gue.
"Betah banget, ya, Jess di Bandung?" tanya Tante Ajeng serta-merta menyebut nama gue, gue yang tadinya sedikit terdiam menjadi tersentak.
"Banget, Tan!" jawab gue sedikit dengan tekanan, biar orang-orang tahu kalau gue lebih seneng tinggal jauh dari mereka. Sebuah sengatan kecil gue rasain di lengan, gue duduk di sebelah mama, udah pasti wanita itu yang lakuin.
Belum sempet gue bertanya, mama udah bersuara duluan. "Mama kan udah bilang, panggil Ajeng Mama, bukan Tante!"
Gue mendengar kekehan Tante Ajeng dan beliau natap gue. "Mungkin karena kita jarang ketemu, ya, kamu jadi lupa mulu harus manggil Mama apa?"
"Biasain panggil Mama dong Jess, aku aja panggil Mama kamu Mama!" Mario di samping kiri gue tiba-tiba kasih sahutan. Gue hanya bisa terkekeh dan memutar kedua bola mata malas.
"Iyain," bisik gue dengan sedikit mendekatkan diri kepada Mario, biar bisikan gue ini hanya kedengeran sama dia.
Bener-bener heran gue sama Mario, sifatnya berubah bukan menjadi lebih baik, tetapi berubah yang jalan di tempat. Dulu dia arogan dan enggak mudah dideketin, sekarang berubah ramah, tapi terlihat seperti sedang cari muka.
KAMU SEDANG MEMBACA
Love Scenario [REPOST]
RomanceBagi sebagian orang, menikah di usia yang masih muda bukanlah sebuah impian, termasuk bagi Mario dan Jesika. Apalagi keduanya menikah karena perjodohan. Pada dasarnya, mereka masih ingin menikmati masa remaja dan meraih cita-cita. Maka dari itu, Mar...