Enam tahun yang lalu
“Mungkin Jesika bingung kenapa kita ngadain acara makan malam kayak gini,” ucap Om Akbar yang adalah sahabat mendiang Papa. Gak bingung sebenernya karena keluarga gue sama keluarga beliau sudah akrab, bahkan kita sering ngadain acara kayak gini. Apa mungkin karena beliau ngadain acara sebulan setelah meninggal papa? Mungkin beliau mikirnya kita masih berkabung, memang berkabung, tapi keluarga kita udah ikhlas kok.
Malah yang bikin gue bingung itu kenapa Om Akbar nanya kayak gitu, cuma nanya sama gue pula. Sementara kakak gue Renita sama adik gue Bastian gak ditanya.
Sontak gue menatap ke arah dua orang itu. Mereka juga lagi tatap gue. Apa mereka udah tahu tujuan diadakannya makan malam ini? Kalau iya, berarti di sini cuma gue doang dong yang gak tahu. Kira-kira apa, ya, sampe Om Akbar sangka gue bingung sama acara ini?
Jangan-jangan beliau mau jadiin mama gue istri kedua!
“Memangnya ada apa Om?” balas gue bertanya karena gak mungkin langsung nyeletuk apa yang gue pikirin barusan. Bisa-bisa mama ceramahin gue sampe tujuh turunan. Lagipula gue gak kepo-kepo amat, perkara makan malam mah sepele, gak ada yang perlu diributin. Kayak yang gak pernah makan malam aja.
“Sebenernya, acara ini berkaitan dengan amanah papa kamu.”
Amanah? Amanah apa maksudnya? Gue menatap mama seketika. Mama juga lagi natap gue ternyata. Bertanya ada apa melalui kode ekspresi kepada perempuan itu, tapi ternyata beliau gak peka sampai akhirnya gue denger Om Akbar kembali bicara.
“Papa kamu Bobby, dia minta Om buat jodohin kamu sama Mario.”
Gue tersedak ludah sendiri mendengar sederet kalimat yang diucapkan Om Akbar. Gue menatap pria itu enggak percaya. Jelas, gue bener-bener gak percaya sama apa yang gue denger. Gue pasti salah, telinga gue pasti lagi bermasalah.
Rasanya papa gak mungkin setega itu sama gue dengan jodohin gue sama anaknya Om Akbar alias Mario. Papa sayang sama gue dan beliau pasti bakal ngebebasin gue dalam hal ini. Lagipula gue masih kecil, ngomongin soal perjodohan gini malah bikin gue malu sendiri.
Om Akbar ini hobi bikin orang lain ketawa. Apa sekarang beliau lagi ngelawak?
“Gak lucu, Om!” seru gue kemudian tertawa garing setelahnya. “Om bercanda kan?”
“Om serius!”
Gue menghentikan tawa mendengar jawaban Om Akbar. Pria itu emang keliatan serius dari awal ngomong beberapa saat yang lalu dan gue baru sadar, seluruh orang yang semeja sama gue enggak bersuara sama sekali.
Mengedarkan pandangan, gue menatap satu per satu orang yang ada di sekitar gue. Dimulai dari Mama, Kak Renita sama suaminya Bang Alvin, Bastian, kemudian Om Akbar, Tante Ajeng, Kak Cantika sama suaminya Bang Ed.
Terakhir, gue tatap Mario. Cowok itu tidak terlihat mengeluarkan ekspresi sedikit pun, gak kayak gue.
Fix. Di sini cuma gue yang gak tahu apa-apa.
“Papa gak mau kamu milih pasangan yang salah dan menurut papa, Mario itu yang terbaik untuk kamu.” Mama yang sedari tadi terdiam kini mulai angkat bicara. “Dia baik dan keluarga kita sama keluarga Mario udah deket, Mama juga setuju kalau kamu nikah sama dia.”
“Kalian akan menikah setelah lulus sekolah!” ujar Om Akbar.
Gue bener-bener kaget dengernya. Jantung gue rasanya mau lepas. Kenapa semuanya serba dadakan? Lulus sekolah itu terhitung tiga bulan lagi dari sekrang dan tiga bulan lagi gue bakal jadi istri orang.
Gue enggak mau. Gue masih mau ngejar cita-cita dengan bebas!
“Kan Jessi belum bilang setuju!” protes gue sambil menatap Om Akbar sama mama secara bergantian.
Gue juga menatap Mario, tapi lagi-lagi dia cuma diem aja. Kayak enggak bakal ada protesnya sama sekali. Ini kita mau dinikahin woi! Apa jangan-jangan dia setuju-setuju aja?
Para orang tua juga kayak enggak ada mikirnya kalau kita itu masih kecil. Masih dibawah umur udah mau main dinikah-nikahin aja. Mereka kan udah berpengalaman kalau nikah itu gak semudah membalik telapak tangan.
Ya ampun, yang orang tua di sini itu siapa, sih. Gue atau Om Akbar sama mama? Gue aja yang masih kecil tahu kok.
“Ini amanah dari papa kamu, sebelum meninggal beliau berpesan untuk menikahkan kamu. Beliau juga bilang kalau enggak akan meninggal dengan tenang kalau kamu belum menikah dengan Mario,” jelas pria itu dan gue liat mama sama Tante Ajeng mengangguk.
Ini beneran atau cuma mengada-ngada, sih? Kok rasanya susah dipercaya. Selama ini, gue emang anak kesayangan papa banget, tapi masa iya papa sampe segitunya sama gue, sampe bikin wasiat segala kalau gue harus nikah sama Mario. Orang tua Mario juga kenapa setuju-setuju aja ngorbanin masa depan anaknya demi mengabulkan permintaan papa.
“Enggak ada penolakan karena ini pesan terakhir papa, nikah sama Mario kalau kamu sayang sama papa!”
Kepala gue rasanya sakit seketika setelah mendengar apa yang mama ucapkan. Berarti emang bener dong kalau papa bikin amanah kayak gitu. Duh, pusing.
Enggak ada pembicaraan lebih lanjut karena gue enggak ngomong apa-apa lagi. Mama malah mempersilakan kita buat makan makanan yang udah terhidang. Sial emang, harusnya ngomong masalah nikah-nikah ini belakangan aja, gue kan jadi males makan.
“Jessi pamit ke toilet, ya.” Tanpa menunggu respon dari mereka, gue bangkit dari tempat duduk kemudian melangkah meninggalkan mereka. Pembicaraan barusan bener-bener bikin gue mules.
Gue hendak masuk ke lorong toilet khusus perempuan, tapi sentuhan yang berubah menjadi cengkraman di tangan gue membuat urung. Gue segera membalikan tubuh, menghadap si pelaku seraya berusaha melepaskan pegangannya.
Mario!
“Ikut gue!” ucap cowok itu sambil menarik tangan yang gak berhasil gue lepas. Dia nyeret gue keluar dari resto dan menghempaskan tangan gue gitu aja setelah kita sampai di tempat yang dia mau.
“Apa, sih?!” bentak gue mengusap tangan bekas cengkraman dia. Dia pikir tangan gue gak sakit apa?
“Jangan lo pikir karena tadi gue diam aja, gue mau ya dijodohin terus nikah sama lo!” ujar Mario. Apa banget sih nih cowok, nyeret-nyeret gue cuma mau bilang gitu doang?
“Jangan lo pikir karena bokap gue, gue mau ya dijodohin terus nikah sama lo!” balas gue menirukan ucapannya barusan.
Emangnya dia pikir gue juga sudi apa.
Gue liat Mario mendelik, hal yang sama gue lakuin. Heran, kalau gak mau kenapa dia gak berusaha nolak, kan gampang.
“Kalau bukan karena bokap gue mau balas budi ke bokap lo, gue gak sudi tahu gak?!” ucap cowok itu sekali lagi.
Pantesan Om Akbar mau-mau aja ikutin amanah papa, ternyata karena balas budi. Oke, ini gak adil banget. Emang bukan rahasia umum di antara keluarga kita kalau papa gue selalu bantu papa Mario, apa pun itu gue gak bisa sebutin satu-satu, tapi gue yakin kok kalau papa bantu Om Akbar itu gak berharap dibales samsek, gue yakin kalau papa ikhlas.
"Asal lo tahu, gue itu udah punya pacar dan pacar gue itu lebih segalanya dari lo, lo itu enggak ada apa-apanya!"
Mario kayaknya emang berniat jatuhin gue. Ya, tahu kalau gue kentang, tapi gak udah banding-bandingin segala kali, kayak yang gue mau aja sama dia.
“Kalau lo gak sudi, yaudah bilang sana sama bapak lo, kalau bapak gue ikhlas bantu bapak lo selama ini, jadi gak usah balas budi-balas budi segala!” ucap gue tepat di depan muka cowok nyebelin itu, kemudian buru-buru pergi. Rasanya males banget liat muka dia yang jemawa itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Love Scenario [REPOST]
RomanceBagi sebagian orang, menikah di usia yang masih muda bukanlah sebuah impian, termasuk bagi Mario dan Jesika. Apalagi keduanya menikah karena perjodohan. Pada dasarnya, mereka masih ingin menikmati masa remaja dan meraih cita-cita. Maka dari itu, Mar...