1.9

7 2 0
                                    

“Seperti penjelasan Pak Diro tadi, klasifikasi makhluk hidup adalah suatu cara pengelompokan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimiliki. Dan tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, mempelajari makhluk hidup ....” Dan ketika masih menerangkan guru laki-laki itu kontan memberikan spidol hitam miliknya, yang dengan cepat bisa Sean pahami maksudnya.

Selagi menjelaskan ia pun tampak menulis pada papan tulis putih—yang baru dia bersihkan—gambaran singkat disertai ringkasan dari materi yang ada agar teman-temannya bisa lebih mengerti. “... Dalam proses pengklasifikasian makhluk hidup ada yang namanya proses identifikasi—,” Sean mengetuk papan tulis sekali, “—apa itu identifikasi?” Dia kembali menulis. “Yaitu, suatu proses yang dapat dilakukan untuk menentukan atau mengetahui identitas dari suatu jenis organisme ....”

Ternyata masih ada juga yang ngehargain, gumam Noah dalam hatinya ketika mendapati beberapa murid-murid di sana kedapatan mencatat apa yang Sean terangkan, sedangkan Pak Diro juga belum meminta pelajar tersebut untuk kembali duduk padahal ia sudah hampir mencapai akhir materi dan bel sebentar lagi berbunyi. Namun, meski demikian cacian kepada Sean tetap bisa memukul gendang telinga Noah walau mereka sudah mengecilkan suara.

“Dia gak haus apa ya?”

“Mau unjuk kebolehan 'kan ceritanya, Haha.”

Kayaknya mereka emang alergi sama kaca, batin Noah.

***

Hitam&Putih : Benang yang PutusTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang