"Ndan kangen banget sama Ambu. "
Tak menjawab yang ditanyakan oleh ibunya justru Rama malah mendekap erat wanita itu.
Membuat ibunya terkejut sebetulnya melihat kedatangan anaknya yang sudah ada di dalam rumahnya saat dirinya pergi tadi.
Tak kuasa Euis juga meluapkan air matanya karena rasa rindu itu.
"Ndan ayeuna tos seueur berubah nya. Ambu nepi pangling ningali Ndan."
Anaknya dulu hanya laki-laki kampung yang berbadan kecil, tapi saat ini penampilannya sudah lebih bersih. Tubuhnya terlihat sedikit lebih tinggi sepertinya karena olahraga yang dilakukan oleh Rama ditambah lagi tubuhnya tegap berisi dan berotot. Dandanannya juga berbeda, rambutnya tak lagi belah pinggir seperti cowok kuper lagi.
Pakaiannya juga sudah lebih rapi meskipun bukan sesuatu yang mewah tapi terlihat kalau dia hidup dengan baik.
"Nya, Ambu. Alhamdulillah mungkin kusabab doa Ambu oge lengkah Ndan digampilkeun."
Di situlah Rama menceritakan semua kepada ibunya perjuangan hidupnya setelah dia pergi meninggalkan rumah ibunya. Dia tidak sama sekali menggunakan uang yang diberikan oleh Xaviera.
Dia memilih bekerja serabutan. Uang yang dia dapatkan dia gunakan sebagian untuk kebutuhan hidupnya dan sebagian untuk menabung.
Rama yang tidak punya tempat tinggal meminta izin untuk diberikan tempat sementara di masjid dengan catatan dia akan membantu membersihkan masjid itu.
Di sana juga dia menemukan seseorang yang melihat ketekunan dan kesungguhannya.
Pria itulah yang akhirnya berusaha untuk membantunya dan memberikan kesempatan untuknya mendapat kehidupan lebih baik.
"Jadi manehna nyakolakeun Ndan?"
"Muhun Ambu. Memang Ndan carita hoyong kuliah deui ka anjeunna. Anjeunna ngabantos nepi Ndan tiasa lulus satengah taun kapungkur kumlot. Sebenarnya hoyong pisan Ndan datang ke dieu tapi watir teh Endah ngudag-ngudag Ndan deui. Sebenarna tiap bulan pasti Ndan teh datang ke kampung ieu ningali kaayaanAmbu. Makana kamari pas datang deui ka dieu meunang beja teh Endah nikah, Ndan wani nyamperkeun Ambu."
Rama akhirnya jujur kepada ibunya bahwa selama ini dia tidak pernah meninggalkan ibunya.
"Teras ayeuna Ndan teh tos damel Ambu. Tos janten arsitek sesuai kahayang Ndan. Arsitek ngora tapi alhamdulillah tina gaji Ndan tos tiasa nyicil biaya sakola ka jelema nu ngbantu Ndan. Pokokna mah insya Allah kahirupan urang leuwih sae Ambu. Ayena Ndan uih ge nyandak sakedik artos kanggo ngabenerkeunimah ieu."
Euis bahagia melihat perubahan putranya. Anak itu sudah berubah menjadi seseorang yang lain setelah empat tahun tidak bertemu dengan ibunya.
Hari itu Rama bercerita banyak memang.
Dia juga menunjukkan kepada ibunya tabungan yang dimilikinya dari hasil pekerjaan dan mengerjakan beberapa proyek desain, baik online ataupun offline yang bisa membuat dirinya menabung sedikit demi sedikit.
Bekerja sama dengan temannya juga yang memiliki bisnis developer ini memberikan keuntungan untuknya.
Rama bahkan membawa uang cash yang membuat ibunya tercengang.
"Nah ieu artosna teh Xaviera nu harita Ndan tambut. Tos pas jumlahna ku Ndan dikumpulkeun 30 juta. Mudah-mudahan aya kasempeten kanggo ngabalikeunna. Teras ieu 50juta kanggo renovasi imah Ambu. Jadi engkin imah urang leuwih sae. Ya renovasi alakadarna Ambu, Ndan anu nyieun desainna. Mudah-mudahan Ambu suka nya."
Senang hati Euis mendengar ini dan ada sedikit air mata yang juga menetes dari sudut matanya.
Dia pun memeluk anaknya dan meminta maaf untuk semua kesalahannya di masa lalu.
Euis juga cerita bagaimana dirinya akhirnya tahu kelakuan dari Endah. Dan merasa beruntung juga karena anaknya tidak jadi menikah dengannya.
"Waktu nu ngajawab sadayana Ambu. Tos antepan we nu tos lewat mah nu penting ayeuna Ndan lega, tostiasa kapanggih Ambu deui sareng Ambu tos teu kapangaruh ku sasaha deui. Ayeuna mah urang bebener we hirup urang Ambu. "
Ibunya setuju.
"Tapi Ndan, Ambu bade naros. Apa harita Ndan gaduh rasa ka saha tadi, Teh ... kumaha Ndan nyebut ngaranna nu bener?"
Rama sekarang sudah tidak lagi kesulitan untuk mengucapkan nama Xaviera. Dia bisa menyebutnya dengan benar. Tidak ada kesalahan sama sekali.
Ini juga yang membuat ibunya kaget tadi.
"Mungkin rasa nu tumbuh tanpa disadari Ambu. Tapi teh Era memang baik makana harita Ndan sempet ayakapikiran hoyong pisan gadung istri beneran jiga manehna. Tapi pasti kusabab kabeh awalna teu bener pinuh kabohongan makana teu berjalan lancar. Harita oge memang Ndan teu pantes jang manehna Ambu."
"Heueh eta pan dulu. Tapi mun ayeuna Ndan panggih deui jeung manehna apa Ndan hayang balikan deui?"
Pertanyaan yang sulit yang diberikan oleh ibunya yang membuat Rama mengangkat bahunya.
"Tos lewat opat taun Ambu. Sadaya mungkin tos berubah, mungkin oge manehna tos nikah jeung nu lain."
"Heueuh sih bener." Makin merasa bersalah lah Euis pada putranya.
"Maapkeun Ambu nya Ndan. Sikap Ambu goreng pisan ka manehna harita. Terus Ambu ge sok nyiar-nyiar masalah jeung manehna."
"Nya wajar Ambu, ngaranna ge Ambu teu terang pan? Tapi sabenarna eta lain salah Ambu. Nu paling salah nya Ndan, Ndan kudu na mah teu meunang carita ka sasaha tapi Ndan nu jalir jangji. Eta nu nyieun manehna kesel. Ndan ge sok ngarasa salah pami inget eta teh Ambu."
Rasa bersalah yang teramat dalam. Termasuk rasa rindu juga yang ada di dalam hatinya.
Bahkan selama 4 tahun ini Rama memang masih terus menyimpan rasa itu untuknya.
Hanya saja dia tahu diri kalau tidak mungkin dia bersama dengan wanita itu.
"Nya tos Ambu teu kudu dipikiran. Mendingan ayeuna Ambu istirahat heula. Ndan ge bade ngarapihkeun kamar sareng bade ngagambar. Engkin Ndan panggil tukang ti proyek Ndan kanggo renovasi kecil-kecilan imah ieu. Supaya Ambu nyaman pan memang imah ieu teh tos kudu direnovasi."
Rama berusaha untuk tidak membuat masalah perasaannya ini mengganggu hubungannya dengan ibunya yang sudah lama tak ditemuinya.
Dia juga tadi sudah menjelaskan semua alasannya dan sekarang dia ingin fokus pada masa depan.
Baelah kabeh jadi urusan Gusti Alloh. Mun jodo jeung bisa kapanggih pasti panggih, mun henteu nya kumaha deui, lain jodo mereun.
Rama tahu bagaimana dia harus bertemu dengan Xaviera. Tapi dia tidak mau mengkhususkan dirinya untuk bertemu dengan wanita yang memang sudah dilukai perasaannya olehnya. Dia membiarkan semuanya hanya dikembalikan pada takdir.
Saat ini dirinya lebih terfokus pada memperbaiki rumah. Membantu ibunya merapikan barang dan juga mencoba untuk menghubungi teman-temannya dan mencari tukang.
Mencari semua kebutuhannya dan hari itu dia memang sibuk di rumah untuk mengurus itu semua.
"Wah tos kangen sama masakan Ambu. Kudu ngantosan opat tahun karak tiasa nyobaan deui masakan Ambu," ucap Rama di sore hari ketika ibunya sudah menyiapkan makanan untuknya.
Mereka pun menikmati makannya
"Ndan, apa teu coba ngahubungan teh Leti? Pan manehna babaturanna."
"Toslah Ambu. Antepan we. Upami jodo pasti kapanggih. Ndan oge hoyong mulangkeun nu pamasihan manehna."
"Bayaran jang jadi salaki kontrak nya?"
Ada anggukan kepala diberikan oleh Rama.
Tapi mungkinkah ada kesempatan itu? Lalu bagaimana kehidupan Xaviera saat ini? Mungkinkah dia sudah bersama dengan Erik Clayton yang memang sudah dijodohkan oleh keluarganya?
KAMU SEDANG MEMBACA
WARISAN RAMADHAN
RomanceXaviera Lakeswara (24th) terpaksa menjadikan cowok kampung buruk rupa seperti Ramadhan (20th) sebagai suami kontrak demi menggagalkan keinginan perjodohan dari orang tuanya. Sayangnya, kedua orang tua Xaviera masih tak memercayai hubungan mereka ber...