Jalan

183 19 10
                                    


Kembali lagi dipagi hari. Minggu pagi yang cerah, pas buat jalan-jalan.

Raykan udah ada di kamar Reygan buat bangunin kebo tidur. Gorden jendela dibuka lebar, selimut ditarik buat dilipet rapih.

"Bangun, katanya mau jalan ke pantai. Nanti gue jajanin pake jatah gue." Butuh usaha banyak bangunin Reygan. Terakhir ini habis dipukulin sama bantal, untung bangun kalo enggak mau Raykan seret ke kamar mandi terus digurujug, kata bahasa sunda mah.

"Gak mau, lu suka bohong." Dijawab sambil ngulet terus munggungin abangnya. Nemplok ke guling sambil merem lagi.

"Beneran, makanya buruan mandi. Bantu masak dulu buat makan."

"Janji?"

Tangan Reygan naik, nunjukin jari kelingkingnya. Raykan ketawa ganteng terus ngaitin kelingking mereka.

"Iya, janji."

Reygan buka sebelah matanya buat liat jari mereka udah terkait sempurna apa belom, ternyata udah. Terus tangan satunya malah dinaikin juga.

Raykan peka, langsung bantu narik si adek. Tapi dasarnya ini adalah Reygan yang gak ada akhlak, Raykan sampe hampir ikutan nimpa badan adeknya karena yang ditarik gak ada ngeluarin sedikit pun usaha buat bangkit.

"Berat kayak babi."

Dibales ketawa hehe doang sama Reygan terus ditinggal pergi ke kamar mandi. Bantalnya, spreinya, ilernya, yang masih berantakan ditinggal gitu aja bareng sama si abang.

"Emang babi ternyata," ujar Raykan sambil mulai beresin. "Jangan lama-lama!"

"Hm!"

Ketika Reygan udah selesai mandi, terus balik ke kamar. Dia nemuin barang asing di atas kasurnya. Matanya spontan melotot.

Langsung disamperin setengah lari sampe handuknya mau merosot aja gak dipeduliin sama dia. Yang penting liat barang itu dulu!

Widih.

Diambil sepatunya doang terus dipake sama dia. Try on  dan pas di kakinya.

"Pake itu buat nanti."

Sebuah suara yang kalo di situasi biasa pasti udah berhasil bikin Reygan misuh-misuh tapi sekarang enggak dulu.

Reygan balik badan, liat Raykan ada di pintu lagi nyender.

"Kapan ngepet lu, kok bisa beli ini sih?" Barangnya cuma dua; hoodie sama sepatu itu.

Reygan masih merhatiin sepatu warna putih motif biru itu. Soalnya sepatu itu yang masih ada di whislistnya tapi belom mampu dibeli. Harganya lumayan bjir!

Fyi, aja. Reygan itu suka koleksi sepatu. Bukan dari harga kok, gimana visualnya aja kalo misalkan itu menarik dimata Reygan, pasti dibeli. Dia punya lemari khusus sepatu, deket balkon.

Dari mulai SD kalo gak salah, Reygan udah mulai obses sama sepatu. Sempet waktu SMP yang rata-rata temennya juga anak-anak beruang yang suka pake barang branded, bukan cuma cewek tapi cowok juga bruh. Bisa sebulan sampe 3x beli sepatu baru yang kebetulan harganya gak murah.

Bunda yang termasuk kaum mendang mending marahin Reygan, marahin Ayah juga yang ngabulin permintaan si bungsu. Sejak saat itu Bunda ngasih ultimatum; selagi uangnya masih 100% dari orang tua, maka haram hukumnya beli koleksi yang harganya 299ribu ke atas lebih dari satu tiap satu bulannya buat si kembar.

Kalo Ayah? Itu urusan bapak negara dan ibu negara aja yang tau.

Ketika Ibu Negara rumah sudah bertitah maka sudah wajib dilaksanakan.

Balik lagi ke waktu sekarang. Reygan udah cakep pake celana kargo pendek putih, hoodie biru tanpa lengan yang dikasih abangnya, sama rambut basah berantakan. Ala-ala bad boy anak Bunda.

Kalo Raykan masih pake kolor rumahan cuma bajunya pake kemeja satin warna item dengan dua kancing yang dibiarkan terbuka. Rambutnya udah ditata ganteng. Pokoknya hot n sexy guy.

Mereka mau goreng perkedel. Bahannya udah dibikinin sama Bunda tinggal goreng. Nasi pun masih ada sisa kemarin.

Raykan udah siap di depan kompor. Reygan di pinggirnya, lagi megangin hp soalnya Bunda minta panggilan video. Piring-piring udah ditatain sama Reygan sekalian nunggu nasi dingin.

"Kita juga lagi sarapan, Ayah yang masak," kata Bunda saat si kembar udah siap di meja makan.

"Palingan telor dadar pake kecap."

"Jangan salah. Telor dadarnya pake cinta ini mah."

Reygan berlagak mau muntah dengernya. Meski terpisah jarak mereka tetap sarapan dengan dibumbui perseteruan antara bungsu dan kepala keluarga.

Bunda sama Raykan cuma nyimak sambil sesekali nuangin air putih ke gelas orang yang lagi sibuk chit-chat.

"Yang bungsu kayak jagoan neon yang satunya koloran. Pada mau kemana?" tanya Ayah sambil beliau jalan. Kayaknya duduk di teras samping rumah.

"Mau healing dong, bosen rebahannya di rumah doang," jawab Reygan. Tangannya sibuk numpukin piring kotor terus dikasih ke Raykan buat dicuci. Sisanya biarin aja nanti juga Raykan beresin.

"Iya, Ayah juga bosen kerjanya duduk doang tapi sekarang gak bakalan bosen," jeda Ayah sambil noleh ke samping terus gak lama tangannya narik paksa pinggang Bunda sampe masuk layar hp. "Soalnya ada bidadari yang bakal nungguin di rumah."

"Heleh, palingan cuma tiga hari."

"Yang penting ditemenin. Doain buat kelancaran adek kamu."

"Apasih, Yah. Udah tua juga."

Mereka berdua sibuk dengan perdebatan tema baru. Sebenernya gak baru sih, udah pernah beberapa kali Ayah nyinggung soal perdede-dedean tapi ya seperti itu.

Raykan mikirnya si kembaran gak mau punya adek lagi, takut posisi bungsunya tergeser. Kalo dia, sejujurnya Raykan mau nambah satu lagi aja. Adek cewe yang gemesnya 11-12 sama Reygan. Kayaknya nanti rumah makin rame terus dia bisa jadi abang yang keren buat dua adeknya. Target kejahilannya pun nambah.

Mau gak mau sih, tapi kalo dibayangan Raykan itu seru. Mau gimana pun itu Raykan terima aja keputusan kedua ortunya karena kan mereka yang mau prosesnya.

Sekarang dia udah rapih, siap pergi. Reygan juga katanya udah siap tapi kok rambutnya masih berantakan? Gemes pengen nyisirin adeknya.

"Sisiran dulu," titah Raykan.

"Gini aja, nanti juga berantakan lagi. Gas sekarang lah."

"Cus."

Yang nyupir Reygan, kekeh dia, nanti kalo capek baru gantian katanya. Niat awal sih mau jalan ke pantai Shark's Stone terus gak tau. Intinya jalan.

Gak lupa sebelum berangkat mereka foto-foto dulu. Kebanyakan Raykan yang disuruh fotoin adeknya buat bahan postingan katanya. Reygan juga upload satu foto yang barengan dengan caption; Beneran definisi lebih ganteng kalo diliat secara langsung, guenya.

Keduanya pake helm semotif, pake sepatu sewarna, pake jam couple, kurang kembar apa lagi coba? Bedanya paling kalo Reygan pake jaket sedangkan abangnya enggak. Bajunya udah panjang katanya.


See u asap!

24/06/06

Hallo, saya kembali!

11-17 The AdhitamaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang